4 Aplikasi Paling Cocok Untuk Ujian Sekolah Online

Sebagai guru atau kepala sekolah, tentunya Anda memikirkan sarana yang paling tepat dan efektif untuk pembelajaran daring saat ini. Semua aktivitas belajar mengajar yang serba online tentunya menuntut semua tenaga pendidikan memilih media dan cara belajar yang kreatif dan modern. Salah satu yang penting adalah, media atau sarana untuk melakukan ujian online sekolah.

Bila Anda bertanya-tanya, aplikasi apa yang paling cocok untuk digunakan sebagai media ujian online sekolah bagi para siswa? Sidik Jari akan memberikan 4 aplikasi paling recommended untuk Anda gunakan:

1. Google Form
Aplikasi atau fitur dari Google ini sudah menjadi andalan banyak orang dalam urusan pendataan, dan ini bisa Anda gunakan sebagai media untuk ujian online sekolah. Banyak sekolah atau universitas menggunakan Google Form sebagai sarana ujian online sekolah maupun ulangan harian karena terhubung dengan aplikasi Google Classroom.

Guru dapat membuat berbagai jenis soal ujian sekolah di Google Form seperti soal pilihan ganda, esai, dan soal benar atau salah. Tentunya hal ini memudahkan guru untuk membuat soal ujian. Selain itu siswa dapat dengan mudah mengakses soal ujian di Google Form dengan menggunakan akun Google yang sudah didaftarkan. Siswa dapat melihat secara langsung hasil ujian setelah mengerjakan soal. Bukan hanya itu saja, jawaban soal ujian siswa dapat dikirimkan ke akun Google guru.

2. WeKiddo
Aplikasi WeKiddo merupakan aplikasi khusus untuk mempermudah ujian online siswa. Siswa dapat secara mudah mengerjakan soal ujian melalui ponsel. Tersedia berbagai fitur ujian seperti tanda “Unsure” yang dapat digunakan oleh siswa untuk melakukan review kembali hasil jawaban ujian sebelum ujian dikumpulkan. Selain itu tersedia informasi sisa waktu ujian yang dimiliki siswa, sistem ini memudahkan siswa untuk melakukan manajemen waktu dalam mengerjakan soal ujian.

Keunggulan WeKiddo ini sendiri, tidak terlalu bergantung dengan internet dalam pengaplikasiannya sebagai media ujian online. Sebab, jawaban ujian siswa yang mengalami kendala koneksi internet akan tetap secara otomatis tersimpan di sistem.

3. FEdu.iO
FEdu.iO adalah aplikasi manajemen sekolah yang memudahkan pengelolaan administratif, akses informasi data, kelola perpustakaan, sarana komunikasi, pantau keuangan hingga inventaris sekolah yang patut Anda coba. Salah satu fitur unggulannya adalah, sebagai media ujian online sekolah.

Aplikasi dari Fingerspot ini, memiliki berbagai fitur untuk mendukung aktivitas belajar mengajar. Siswa, guru, hingga orangtua dapat mengakses FEdu.iO melalui website maupun ponsel di App FEdu.iO yang tersedia di Android maupun iOS.

Anda dapat dengan mudah memberikan ujian kepada siswa dengan fitur ujian online. Guru dapat membuat berbagai jenis tipe soal seperti pilihan ganda, esai, maupun esai pendek. Selain itu, guru dapat mengatur hasil penilaian yang akan diperoleh oleh siswa. Sehingga saat siswa mengerjakan soal ujian, hasil ujian dapat diperoleh. 

Dengan fitur ujian online di FEdu.iO ini, ujian yang diselenggarakan sekolah atau universitas akan terjamin sangat aman. Sebab, FEdu.iO mendukung aplikasi SEB (Safe Exam Browser) sehingga siswa tidak dapat mengakses situs lainnya, menyalin (copy) jawaban, bahkan membuka aplikasi lain saat ujian berlangsung. Tentunya, fitur ujian online FEdu.iO ini sesuai dengan standar Ujian Nasional. Pastinya kemampuan siswa dapat dipantau secara mudah karena siswa mengerjakan soal ujian secara jujur.

Baru kali ini ada aplikasi yang juga memperhatikan keamanan penyelenggaraan ujian online loh!

4. Quizizz
Quizizz ini merupakan aplikasi yang memudahkan ujian online siswa. Dimana aplikasinya, menyajikan tampilan dengan animasi hingga background musik yang tentu dapat membuat ujian siswa menjadi lebih menarik untuk dikerjakan.

Pengguna Quizizz dapat menyalin (copy) soal ujian dari situs lain yang akan secara otomatis tersimpan di bank soal Quizizz pengguna. Selain itu saat ujian online berlangsung, maka ujian akan dilakukan secara realtime dan otomatis ditutup atau memberi tenggang waktu tambahan saat waktu ujian yang diberikan telah habis.

Dari 4 aplikasi yang Sidik Jari ulas di atas, Anda bisa memilih salah satunya untuk diaplikasikan dalam sekolah atau universitas Anda. Tidak perlu bingung memilih media untuk ujian online sekolah terbaik. Selamat mencoba!

Sumber:
Detik, Fingerspot, WeKiddo, Quizizz

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *