Ingin Bisnismu Makin Dilirik? Buat Company Profile Yang Mengesankan

Setiap bisnis, baik yang masih rintisan hingga yang sudah berskala besar saat ini mutlak memiliki website company profile. Meski bisa disajikan dalam bentuk cetak seperti buku, namun bentuk website atau situs resmi perusahaan kini lebih banyak dipilih karena lebih efektif dan efisien.

Kalau bisnismu belum punya compro atau company profile, coba simak penjelasan tentang company profile berikut.

APA ITU COMPANY PROFILE?

Company profile adalah gambaran umum mengenai perusahaan yang bertujuan untuk memberi tahu kepada audiens terkait identitas serta produk atau layanan yang ditawarkan oleh perusahaan. Dengan kata lain, company profile adalah bentuk perkenalan profesional sebuah perusahaan pada pelanggan dan investor.

APA MANFAAT COMPANY PROFILE?

Jika keberadaan company profile begitu esensial bagi setiap bisnis, pastinya ada manfaat besar yang akan diperoleh perusahaan dengan memiliki compro atau company profile, seperti:

  • Menciptakan pencitraan atau branding bisnis yang efektif.

Dalam dunia bisnis, pencitraan atau branding bisnis merupakan salah satu cara terbaik untuk dapat menjalin hubungan dengan mitra potensial. Tampilan company profile yang mengesankan dapat membuat calon-calon mitra potensial penasaran dan tertarik untuk mengetahui bisnismu lebih lanjut.

  • Sebagai salah satu media promosi yang potensial.

Company profile berisikan semua informasi tentang perusahaan, termasuk produk atau layanan yang ditawarkan, sehingga sangat pas jika menyisipkan aneka materi promo di dalamnya.

  • Memberikan gambaran umum tentang perusahaan.

Sebagai perkenalan awal yang profesional, orang akan cenderung mencari gambaran umum tentang perusahaan sebelum mencocokkan dengan kebutuhan konsumsi atau bermitra bisnis. Oleh karenanya company profile bermanfaat untuk memberikan informasi cepat tentang perusahaan apa yang kamu miliki.

  • Memperkuat kredibilitas bisnis.

Informasi singkat dan padat yang ada pada company profile juga berguna untuk menunjukkan bahwa bisnismu terpercaya, sehingga akan memberikan kesan positif tersendiri bagi klien potensial, mitra, investor, pelanggan, hingga pelamar kerja.

APA SAJA ISI COMPANY PROFILE?

Berbagai manfaat company profile seperti yang telah dijelaskan di atas bisa membuat tampilan bisnismu makin mengesankan dan banyak dilirik. Akan tetapi, manfaat tersebut baru akan kamu dapatkan jika isi company profile tersebut sudah sesuai.

Begini isi company profile yang sesuai:

  • Sejarah Perusahaan

Informasi singkat tentang latar belakang berdirinya usahamu yang terdiri dari waktu pendirian, lalu bisa ditambahkan dengan nama pendiri dan jajaran direksi yang terlibat, serta perkembangannya hingga saat ini.

  • Visi Misi

Untuk meningkatkan kepercayaan masyarakat akan bisnismu, maka visi misi memegang peranan penting. Visi misi perusahaan merupakan komitmen perusahaan untuk memberikan yang terbaik dan sebagai jaminan kelanjutan bisnis di masa depan.

  • Struktur Perusahaan

Bagian ini berisikan informasi tentang orang-orang yang memiliki peran di dalam perusahaan. Tuliskan nama, jabatan, kualifikasi dan tanggung jawabnya, sehingga calon klien atau mitra dapat mengetahui dengan siapa mereka akan berhubungan terkait kebutuhan mereka. Untuk membantu penyusunan struktur perusahaan yang lebih mudah bisa menggunakan Fingerspot.iO, cukup dengan menambah kantor dan jabatan di dalam struktur perusahaan dalam bentuk diagram pohon.

  • Kontak

Tahukah kamu, bahwa tingkat minat calon pelanggan atau mitra terhadap bisnismu bisa dilihat dari cara mereka menghubungi perusahaanmu. Oleh karenanya, penting untuk mencantumkan informasi media apa saja yang dapat dihubungi seperti nomor telefon, WhatsApp, email, serta alamat kantor yang bisa didatangi langsung oleh peminat produk atau layanan bisnismu. Lebih baik lagi jika di dalamnya memuat situs cepat yang bisa menghubungkan calon klien dengan tim customer service.

  • Prestasi

Untuk semakin meningkatkan kepercayaan pelanggan, investor hingga para pencari kerja, maka pencantuman prestasi apa saja yang telah diraih perusahaan menjadi begitu penting.

  • Produk atau Layanan

Apa saja produk atau layanan yang dimiliki bisnismu sebaiknya cantumkan secara lengkap di dalam company profile. Jangan lupa untuk selalu meng-update promosi untuk semakin menarik perhatian.

  • Daftar Klien

Nama-nama klien yang pernah bekerja sama dengan perusahaanmu memang tak wajib ada dalam company profile. Namun, jika pernah bekerja sama atau memiliki pelanggan dari beberapa perusahaan besar, maka hal ini bisa menjadi nilai tambah yang membuat calon klien lain merasa lebih percaya dan menimbulkan anggapan bahwa perusahaan tersebut memiliki jam terbang yang tinggi.

  • Testimoni

Jika Daftar Klien sifatnya opsional, maka berbeda halnya dengan testimoni. Meski tidak mencantumkan Daftar Klien, namun harus mencantumkan testimoni dari klien. Testimoni klien ini sudah cukup mewakili bukti kredibilitas bisnismu. Boleh juga jika ingin ditambahkan review produk atau layananmu dari para pelanggan, karena ini akan sangat membantu pelanggan menemukan produk atau layanan yang cocok untuk mereka.

  • Galeri Foto

Untuk menambah kesan pada tampilan company profile bisa dengan cara menambahkan foto-foto perusahaan, kegiatan produksi, bahkan foto kegiatan corporate social responsibility yang terbukti dapat menarik hati masyarakat luas.

Setelah menyusun company profile dengan tampilan yang mengesankan serta informasi perusahaan yang singkat, padat dan jelas, maka langkah berikutnya jangan lupa mengecek ulang keseluruhan isi text. Jangan sampai ada salah penulisan dan sebagainya. Setelah dipublikasi maka company profile tersebut harus diperbarui secara rutin agar tetap sejalan dengan perkembangan dan kondisi terkini bisnismu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *