Kumpulan Life Hack Rumah Anti Kebobolan, Nomor 9 Paling Bikin Tenang

Menjaga keamanan rumah merupakan sebuah kebutuhan mutlak yang tidak bisa disepelekan. Jangan sampai lengah hanya karena belum mengalami sendiri bagaimana rasanya rumah dibobol pencuri. Selalu lakukan upaya antisipasi agar kejadian tidak mengenakkan tersebut bisa dihindari, karena kejahatan tak pernah memandang korbannya.

Seringkali kasus pembobolan rumah yang dilakukan oleh oknum jahat ditengarai karena desakan kebutuhan. Apalagi di masa pandemi dimana angka kasus tindak kriminalitas tak kunjung melandai akibat banyaknya masyarakat yang stres, kehilangan pekerjaan, ditambah harga kebutuhan hidup yang semakin naik. Mereka yang kalap mata atau menemukan jalan buntu akhirnya menjadikan rumah-rumah orang lain sebagai sasaran pencurian barang berharga. Namun parahnya seringkali tindak pembobolan rumah ini tak hanya untuk mengambil barang berharga saja, melainkan diwarnai dengan aksi kekerasan hingga pelecehan seksual pada penghuni rumah.

Selalu jaga keamanan rumah agar kejadian mengerikan seperti pembobolan rumah ini bisa dihindari. Bagaimana caranya?

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk meminimilasir kemungkinan terjadinya tindak kejahatan pembobolan rumah. Bahkan, dengan sedikit upaya dan sentuhan kreativitas hingga pemanfaatan teknologi sudah bisa mengamankan rumah agar tidak menjadi sasaran para oknum spesialis pembobol rumah.

Yuk, simak 9 life hack rumah anti kebobolan berikut ini.. dijamin mudah dan efektif, semua bisa mempraktikkannya.

  • Kondisikan Selalu Ada Aktivitas di Dalam Rumah

Mengutip laman reddit.com yang menghimpun pengakuan dari para ex-pencuri bahwasannya para pencuri tidak melakukan pencurian rumah secara mendadak. Untuk meningkatkan kemungkinan keberhasilannya, maka sebelum melakukan aksi pencurian mereka terlebih dahulu mengintai rumah selama 2 hari untuk memastikan pada waktu tertentu benar-benar tidak ada pergerakan di dalam rumah seperti lampu yang mati dan menyala, tirai yang tertutup dan terbuka, serta bayangan orang di dalam rumah. Rumah yang terlihat sepi selalu menjadi intaian pencuri. Sebaiknya, kondisikan rumah yang selalu ada aktivitas di dalamnya dengan menciptakan ilusi bahwa sedang ada orang di dalam rumah, bisa dengan cara menghidupkan lampu, pemutar musik, atau televisi. Jika hendak meninggalkan rumah dalam waktu lama maka gunakan timer elektronik agar  bisa mengatur waktu nyala dan mati dari alat-alat elektronik seperti lampu, pemutar musik dan televisi secara otomatis.

  • Meletakkan Tanaman Berduri

Suka dengan tanaman? Selain menambah cantik tampilan luar rumah, ternyata dengan pemilihan tanaman jenis tertentu dan dengan sedikit kreativitas pada peletakannya bisa membuat tanaman sebagai penghalau masuknya para penjahat ke dalam rumah. Pilihlah tanaman berduri yang tak hanya cantik dan mudah dipelihara, namun juga garang dengan duri-durinya yang tajam, seperti akasia, bugenvil, firethorn, blackberry, euphorbia, tomat landak, dan mawar. Letakkan tanaman berduri di sekitar pagar, dan dekat jendela. Dengan demikian, bisa menghambat karena pencuri butuh waktu yang lebih banyak untuk melewati tanaman berduri. Sebaiknya hindari adanya pohon rindang atau semak-semak besar di sekitar rumah karena seringkali justru dijadikan tempat sembunyi pencuri saat sedang menunggu penghuni meninggalkan rumah.

  • Gunakan Eksterior dari Benda Tajam

Alih-alih menambah tampilan cantik eksterior rumah dengan lampu hias, patung estetik atau aneka hiasan gantung, sebaiknya gunakan hiasan dari benda tajam seperti pecahan botol kaca yang bisa diletakkan di atas dinding pembatas rumah, rekatkan dengan campuran semen dan pasir dan tatalah pecahan kaca tersebut dengan jarak yang berdekatan. Ketika terkena paparan sinar matahari di siang hari maka pantulan cahaya dari pecahan kaca tersebut akan bersinar indah dipandang mata, namun cukup menakutkan dipandangan mata pencuri. Atau mau yang tampilannya lebih garang? Pakai saja kawat berduri. Lilitkan di sekitar pagar atau gulung dan letakkan di bagian atas tembok pembatas rumah. Dijamin, pencuri kemungkinan besar akan melewatkan rumahmu dari intaiannya, demi keselamatan dirinya sendiri.

  • Memelihara Anjing.

Selain memelihara tanaman, salah satu hobi rumahan yang banyak disukai orang adalah memelihara hewan. Nah, jadikan hewan peliharaan sebagai pelindung rumah juga ya.. tentu tidak sembarang hewan, harus hewan yang mudah akrab dengan manusia agar bisa dilatih, serta memiliki sisi galak yang bisa dimanfaatkan untuk menjaga rumah, seperti anjing. Anjing di rumah tak hanya berfungsi sebagai penghalau pencuri agar tidak bisa leluasa memasuki rumah, namun juga sebagai alarm alami karena salah satu responnya ketika melihat hal yang membahayakan adalah gonggongannya yang keras. Biar lebih maksimal, bisa menempatkan satu anjing di dalam rumah dan satu lagi di luar rumah. Memang cara yang satu ini agak merepotkan karena anjing butuh pemeliharaan yang membutuhkan biaya dan tenaga, seperti grooming, vaksin, pemenuhan nutrisinya lewat asupan makanan hingga pelatihan khusus safety. Kalau punya waktu luang, sebaiknya dilatih sendiri saja, pasti lebih menyenangkan dan hemat, apalagi saat ini sudah banyak sumber informasi gratis tentang metode melatih anjing untuk menjaga hunian.

  • Jaga Privasi Rumah

Ramah dan saling mengenal antar tetangga adalah hal yang baik, tapi harus dengan tetap menjaga privasi rumah. Jangan pamer benda berharga yang dimiliki baik secara sengaja, misalnya lewat update di media sosial, maupun secara tidak sengaja seperti memasukkan tamu tak di kenal ke dalam rumah sehingga bisa melihat isi rumah atau meletakkan kardus kemasan barang yang baru saja dibeli di depan rumah. sebaiknya, biasakan untuk menerima tamu orang yang dikenal sebatas di teras rumah, dan cukup di depan pagar untuk tamu orang yang tidak dikenal. Selain itu, kalau baru saja membeli televisi, kulkas atau berbagai barang lain yang tidak murah, sebaiknya hancurkan kardus kemasannya atau sekedar dilipat-lipat hingga tidak terlihat dengan jelas produk dari kemasan tersebut barulah dibuang ke tempat sampah.

  • Pasang Tanda Bahaya di Pintu Ruangan Rumah

Tak hanya akses masuk rumah yang harus dijaga keamanannya, akses masuk ruangan di dalam rumah juga harus dimaksimalkan sebagai upaya antisipasi jika pencuri berhasil merangsek ke dalam rumah. Minimalkan kemungkinan pencuri memasuki ruang-ruang atau kamar di dalam rumah dengan memasang beberapa tanda bahaya di pintu ruangan dalam rumah karena bisa membuat pencuri berpikir ulang sebelum membobol ruangan tersebut. Sebagai contoh, bisa memasang papan bertuliskan ‘Bahaya, Ruang Kimia, Tempat Bertegangan Tinggi, Kamar Anjing Galak’ atau berbagai tulisan lain sesuai kreatifitasmu yang bisa memberikan ‘warning’ bahaya bagi orang asing yang membacanya.

  • Respon Cepat

Dalam kondisi sudah beberapa langkah meninggalkan rumah, namun tiba-tiba melihat ada orang yang mencurigakan di dekat rumah, maka lakukan respon cepat dengan pura-pura tidak jadi pergi, atau menyapa orang asing yang mencurigakan tersebut. Jika memang bisa ditunda, sebaiknya urungkan niat pergi dan tetaplah di dalam rumah sambil berkomunikasi dengan tetangga atau saudara demi keamanan diri. Namun jika tetap harus pergi meninggalkan rumah maka kondisikan tirai jendela yang sedikit terbuka. Tirai yang nampak sedikit terbuka menandakan ada orang di dalam rumah dan hal ini membuat pencuri berpikir ulang untuk memasuki rumah.

  • Manfaatkan Alat Seadanya di Dalam Rumah

Dalam kondisi darurat tidak ada salahnya menggunakan barang-barang seadanya di dalam rumah untuk mempersulit akses pencuri ke dalam rumah. misalnya dengan meletakkan peralatan dapur seperti panci, penggorengan dan spatula yang di gantung pada pintu dekat bagian kunci atau letakkan beberapa galon kosong menempel di pintu sehingga jika ada pencuri yang masuk maka peralatan dapur yang tergantung di atasnya akan jatuh mengenai pencuri dan galon-galon kosong akan menghasilkan suara berisik layaknya alarm rumah. Jika galon masih berisi air maka bisa juga dimanfaatkan sebagai penghambat pencuri ketika hendak memasuki rumah karena butuh beberapa waktu untuk membuka pintu dengan dorongan yang kuat.

  • Pasang Alarm Pintar.

Kreativitas yang dipadukan dengan teknologi menghasilkan sistem keamanan yang maksimal. Ingin lebih praktis dengan sistem keamanan maksimal? Gampang.. cukup gunakan alarm pintar atau smart alarm. Saat ini ada sistem alarm pintar yang sebatas mengawasi akses masuk, ada juga sistem alarm pintar yang berteknologi canggih dengan menggabungkan deteksi gerakan dan getaran sensor, pemantauan pakai smartphone, hingga perekaman video CCTV, seperti Smart Alarm Kanasecure W20. Seluruh anggota keluarga bisa dengan mudah mengetahui bagaimana cara menggunakannya berkat tampilan yang simple dan user friendly. Dengan harga yang ekonomis, alarm pintar ini juga multifungsi dengan banyak keunggulan seperti adanya asesoris lengkap yang mendukung hingga 32 buah detektor, seperti Smoke and Heat Detector, Gas Leak Detector dan lain-lain; memiliki 3 pilihan koneksi yaitu WiFi/GSM/GPRS; notifikasi realtime di ponsel untuk kemudahan pantau kondisi rumah; mampu mengatur alat-alat elektronik di dalam rumah dengan smart socket seperti untuk menjadwalkan kapan menyala atau mematikan alat elektronik di rumah secara otomatis; penjadwalan aktif dan non-aktif sesuai kondisi dan kebutuhan; dilengkapi baterai cadangan sehingga tetap berfungsi walau listrik sedang padam; dan masih banyak lagi keunggulan lainnya.

Sangat mudah dan praktis kan, selamat mencoba ya..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *