Flasdisk Sidik Jari, Otentifikasi Untuk Keamanan Data

Seorang teman yang tampak muram saya tanya ketika dia kehilangan Flasdisknya yang menurut kita barang seperle bukanlah barang yang “wah” apalagi “wow” boleh dibilang biasa saja. Beginilah kira-kira jawabanya.

“Flasdisk hilang tak mengapa, namun isi datanya!”

Bayangkan hal ini tidak saja terjadi kepada rekan saya satu dua orang saja namun hampir setiap hari terjadi kasus ini. Kehilangan USB Flash Drive yang berisikan penuh file pribadi, informasi pribadi dan dokumen rahasia. Ini adalah kejadian sehari-hari di luar sana dan bisa karena Flasdisk Anda dicuri, Hilang atau tertinggal masih tertancap di perangkat komputer.

Inovasi Falsdisk didedikasikan Biometric Flash Drives dengan Sidik Jari difungsikan untuk perlindungan informasi secara mutlak sangat cocok untuk mahasiswa atau kalangan umum pengguna flasdisk yang membutuhkan keamanan data.

Langkah pertama kali Anda menyambungkan perangkat Flasdisk Anda, secara auto run sebuah form muncul meminta pengguna untuk mendaftar jari. Pengguna cukup memilih jari. Dalam registrasi cukup menempatkan sidik jari ke sensor yang sudah ada dalam perangkat Flashdisk. Sistem aplikasi akan menyimpan setiap template/gambar yang ditangkap dan menggabungkan mereka untuk menciptakan gambaran keseluruhan sidik jari. Pada umumnya Flashdisk Sidik Jari dapat menampung Sidik Jari yang diregistrasikan lebihdari satu jari, bisa kita isikan jari kita semua sebagai cadangan/backup atau bisa kepada orang lain yang diperbolehkan mengakses data tersebut.

Perangkat Flashdisk Sidik Jari juga memiliki perangkat lunak yang dapat digunakan untuk mengenkripsi file pada komputer atau flaskdisk yang gunakan. Dengan aplikasi tambahan ini pengguna dapat menyimpan file atau folder rahasia yang sudah terenkrip dimana saja tanpa takut dibaca atau digunakan orang lain. Data rahasia tersebut dapat terbaca setelah pengguna memasang perangkat Falashdisk Sidik Jari dan sudah otentifikasi sidik jari.

Beberapa contoh Fitur Flaskdisk dengan teknologi otentifikasi sidik jari:

  • Login otomatis untuk Windows, penguna cukup menggesek sidik jari untuk mengakses komputer.
  • Enkripsi / Decrypt folder, fitur aplikasi untuk mengenkripsi seluruh folder pada komputer atau falsdisk sidik jari.
  • Kunci screen saver, fitur aplikasi untuk memastikan bahwa hanya pengguna tertentu yang dapat membuka komputer saat meninggalkan meja untuk jangka waktu tertentu.
  • Enkripsi Notepad, digunakan untuk menkripsi notepad untuk memastikan hanya pengguna yang bisa membuka.

Sebuah produk yang sangat menarik, namun di Indonesia masih agak sulit di dapatkan. Namun pernah saya surving produk ini sudah mulai didistribusikan secara masal di Indonesia pertengahan tahun 2010. Untuk di Indonesia space 2 Gb saat ini harga masih dibawah tiga ratus ribu. harg yang murah dibanding harga data pribadi anda yang takbisa dibeli.  Sidik Jari Support Web Team

4 thoughts on “Flasdisk Sidik Jari, Otentifikasi Untuk Keamanan Data”

  1. saya pakai laptop acer …
    pertama saya pakai xp dan coba install fingerprint, sekerang udah tukar vista, dan fingerprint tersebut tetap aktif ( boot )…
    kalau saya mau menghapus fingerprint tersebut gimana caranya…makasih

    1. Terimakasih Bapak Haydir,
      Untuk sensor sidik jari default yang terpasang pada Notebook, biasanya vendor menyediakan tools untuk disabled pada menu Bios. Mungkin untuk detailnya Bapak Haydir bisa menghubungi Showroom Acer terdekat di kota Bapak.

  2. Saya ingin bertanya, Dimana salah satu toko yang menjual flashdisk sidik jari tersebut ? Kalau bisa yang di Jakarta di mana ya ?
    Terimakasih

Komentar ditutup.