Mesin Absensi Fingerprint Masalah dan Solusinya

Kita tidak menginginkan masalah ditengah berjalanya proses penggunaan mesin absen atau software absensi, namun hal ini tidak bisa kita hindari mengingat produk ini termasuk barang digital elektronik yang di buat oleh manusia, yang tentu saja pasti ada kelemahan. Berikut ini kami simpulkan berbagai permasalahan dan penanganan masalah kerusakaan mesin absensi sidik jari pada umumnya.

1. Identifikasi Sensor Lambat
Absensi stand alone mempunyai batasan kapasitas jari dan record transaksi yang akan berpengaruh pada sistem mesin, semakin banyak data tersimpan semakin lama pula proses identifikasi sidik jari. Apabila dibiarkan dalam kondisi tersebut hingga muncul peringatan “No more Space” bisa berakibat mesin Hang dan scan transaksi tidak diterima. Silahkan memanajemen data secara berkala dengan mendownload dan melakukan penghapusan.

2. Hang Macet
Dikarenakan penyimpanan data, Hardware troble atau Adaptor rusak bisa mengakibatkan hang atau macet. Untuk penanganan hal tersebut bisa dengan mendownload semua data kemudian menghapusnya. Bisa juga dengan merestart mesin (mematikan mesin dan menghdupkan kembali). Dan apabila kondisi masih sama, bisa dengan mereset/inisialisasi mesin. Apabila masih berlanjut silahkan menghubungi Tim teknis Service Center Produk Fingerspot terdekat.

3. Tidak Menerima Scan
Ada beberapa penyebab masalah tidak diterimanya scan karyawan. Kasus tidak menerima scan bisa seluruh karyawan atau sebagian silahkan mencoba memeriksa kondisi mesin sebagai berikut:

a. Keadaan permukaan sensor, jika kondisi permukaan sudah buram maka bersihkanlah dengan selotip bening. Dan apabila ada goresan pada permukaan sensor silahkan mengganti kaca sensor dengan mengirimkan unit ke service center.

b. Periksa data karyawan dan sidik jari. Apabila semua data tidak terbaca atau kosong, ada kemungkinan data karyawan tidak sengaja terhapus. Silahkan mengupload sidik jari dan data karyawan dari software absensi untuk menangani masalah tersebut..

c. No more Space, Peringatan error ini dikarenakan data mesin penuh sehingga perlu pengahpusan data presensi. Sebelum menghapus pastikan semua data pada fingerprint sudah di download.

4. Jam dan Tanggal Tidak Sesuai
Periksa menu pengaturan date time pada mesin, kemudian rubah nilai waktu. Atau bisa juga dengan sistem sinkronisasi waktu. Apabila pada hari berikutnya jam dan tanggal kembali tidak sesuai. kerusakaan tersebut bisa dikarenakan batery c-mos. Anda bisa mengirimkan unit tersebut ke Service center untuk penggantian batery.

5. Tidak Bisa Terkoneksi dengan Komputer
Masalah koneksi dengan mesin sering dialami saat pertama kali pengaturan, namun dimungkinkan juga alasan yang lain. Untuk pertama, silahkan periksa kabel jaringan pastikan sudah terkoneksi. Kemudian pengaturan IP Mesin dan IP Komputer yang digunakan, pn astikan satu kelas dengan. Secara default beberapa mesin menggunakan 192.168.1.201 da192.168.0.218. Dan bila keadaan ini masih sama ada kemungkinan kerusakaan dari hardwaren port TCP/IP

Kembali lagi, unit absensi sidik jari merupakan produk elektronik. Sedang elektronik banyak memungkinan kerusakan secara mendadak karena korosi walaupun bergaransi seumur hidup sekalipun. Sebagai catatan akhir, setiap semua kerusakaan pada akhirnya akan dibutuhkan seorang tim teknis ahli untuk menangani kerusakaan tersebut. Dikarenakan hal tersebut maka dibutuhkan service center. Jadi pastikan produk yang anda gunakan mempunyai service center yang jelas seperti Fingerspot yang merupakan Brand Produk Biometrik.

LihatΒ lanjutanyaa…

Iklan

jual absensi fingerprint

265 thoughts on “Mesin Absensi Fingerprint Masalah dan Solusinya”

    1. Untuk kendala tersebut silahkan Bapak Herlison mencoba menghapous administrator mesin melalui software absensi. Karena pada umumnya software absensi dilengkapi dengan fitur hapus admin mesin.

    1. Untuk beberapa mesin mempunyai sistem koneksi yang berbeda. Untuk koneksi dengan mesin support TCP/IP biasanya ada kesalahan pada:
      1. Pengaturan IP komputer dan IP Mesin.
      2. Kabel Koneksi
      3. Port Koneksi
      Silahkan bapak memeriksa 3 poin tersebut. Terima kasih

  1. di situ kan ada shift exception sama misc exception,ko ada beberapa orang bisa terdaftar di misc exception,itu knapa y mas??soalx bingung ada 2 absen…dan di misc exception itu bisa g terbaca juga

    1. maaf mungkin bisa di informasikan software yang Bapak Ugi gunakan? Karena pada umunya pengecualian tersebut muncul dikarenakan lembur, ijin atau jenis data presensi lainya tergantung dari software yang digunakan.

  2. Siang mas, mau tanya tentang mesin absensi JM 250 u, bgmna cara mereset password admin, soalnya ada penambahan user, tapi ketika masuk ke menu, ada perintah ijin admin. di alat tersebut ada tombol reset, tp tidak berhasil mereset, ataukah ada cara lain?
    tolong klo bisa kirim ke : aam_amd@yahoo[dot]com
    terimakasih.

    1. Pada umunya, administrator mesin hanya bisa di hapus melalui software absensi. Untuk produk JM 250 U, kami belum pernah mengupas produk tersebut. Namun, yang kami ketahui setiap mesin absensi disertakan dengan software yang include dengan pengaturan mesin. Dengan pengaturan mesin tersebut kita bisa menghapus admin mesin. Sedang tombol reset pada mesin biasanya digunakan untuk merestart mesin saja.

  3. finger print tidak bisa log in karena lupa password. bagaimna cara mengatasinya ?? dan bagaimana cara mengganti password ?? trims

  4. saya mengalami kendala untuk finger print di 1 cabang dan ingin penambahan absensi utk setiap cabang. yang saya mau tanyakan,bagaimana cara untuk mengkoneksikan mesin absen finger utk setiap cabang?? apa saya harus menggunakan usb utk data laporan setiap cabang??
    terima kasih mohon agar dapat di bantu.

  5. absensi series yang ada di pusat saat ini x100-c. tetapi absensi yang ada di cabang bermasalah krn setiap data laporan itu selalu via usb,yang saya mau data laporan itu secara online. bagaimana ya untuk solusinya?? mohon agar dapat di bantu,terima kasih.

  6. pada dasarnya mesin absensi itu hanyalah alat yang digunakan untuk memperingan pekarjaan manusia.pasti memiliki kelemahan dan penurunan kualitas setelah digunakan dalam jangka waktu yang lama.

    1. Battery Exsternal dibutuhkan jika mesin tersebut tidak mempunyai cadangan backup battery. Battery Exsternal bisa digunakan saat dilapangan atau kondisi mati lampu. Jika di tempat Ibu sudah ada cadangan listrik seperti Genset atau UPS battery exsternal bisa tidak digunakan atau dibutuhkan.

  7. permisi.. maaf kenapa mesin x100c saya tidak bisa konek ke pc ya? saya sudah sambungkan usb cable nya tapi software nya tidak mau konek

    1. Untuk menghapus semua data bisa melalui menu software dengan mengkoneksikan mesin fingerprint. Kemudian memilih menu pengaturan mesin pada software dan pilih Hapus Semua Data atau Inisialisasi.

      Untuk lebih detail dan mudahnya Bapak Ceko bisa membawa unit mesin fingerprint di Service center terdekat.

  8. Mau tanya, mesin finger print x100-c sudah saya hapus data sidik jarinya. masalah muncul ketika saya akan memasukkan ulang sidik jari tidak bisa masuk ke menu karena harus ijin admin. sedangkan admin sudah tidak ada. bagaimana mengatasi masalah ini karena saya ingin menggunakan mesin ini lagi, terimakasih

    1. Untuk menghapus sidik jari bisa melalui menu mesin. Silahkan masuk menu User >> Manage >> Cari No. ID Karyawan >> Ubah (setelah ditemukan karyawan) dengan menekan tombol OK. Setelah selesai silahkan pilih sidik pengaturan sidik jari dan registrasi ulang

  9. kami ada beli 9 unit mesin absen fingerspot deskpro series, tapi 2 unit kehilangan driver installer dan kode aktivasi sehingga tidak bisa di gunakan lagi, mohon solusinya.

  10. Driver untuk JM 250 bisa download dimana pak? CD installer saya hilang. Tolong dibantu solusinya..
    Delfriandhani[at]*****mail[dot]com

  11. saya beli fp type jm 250 u .. anehnya, yang 1 tersedia koneksi dengan eternet, yang 1 tidak… yang tidak terdapat eternet awalnya saya koneksikan dengan USB, tapi lama2 dia gak mau konek lagi…mohon solusi. terimakasih

    1. Silahkan Bapak konfirmasi kekurangan fitur tersebut di tempat pembelian unit tersebut. Karena seharusnya produk tersbeut mempunyai fitur yang sama, apabila mempunyai series yang sama. Seangkan untuk koneksi USB, beberapa kendala diantaranya permasalahan driver kabel dan dari segi hardware kbel koneksi dan port koneksi. Untuk perbaikan tersebut silahkan kirim unit ke service center. Karena produk tersebut kami kurang mengetahui, silahkan Bapak wisnu tanyakan ke tempat pembelian unit tersebut.

    1. Maaf Bapak Heri, menggunakan mesin absensi fingerprint apa pak? Setiap mesin mempunyai pengaturan yang berbeda. Untuk detailnya silahkan membaca buku manual yang disertakan atau langsung menghubungi online suppoort atau teknisis support.

  12. Kantor saya punya mesin absen sidik jari merek HIT. Usia sudah 7 tahun. sekarang mesinnya ga mau nyala. tampilan di layar : loading…. trus mati trus loading lagi. begitu terus. dimana bisa saya service?

    terima kasih.

    1. Kerusakaan tersebut bisa dikarenakan frimeware bisa dikarenakan faktor data dan usia mesin absensi. Untuk penanganan diperlukan update frimeware. Untuk service center mesin HIT di Indonesia kami belum ada datanya Pak Rifki, karena beberapa produk mesin absensi tidak ada support di Indonesia. Mungkin bisa dicoba googling.

    1. Jika tidak terkoneksi bisa jadi dikarenakan:

      1. driver kabel koneksi berlum terinstal dengan baik
      2. port koneksi bermasalah, bisa dengan pindah port lain USB
      2. kabel koneksi terputus

      Untuk lebih detailnya bisa dikirimkan ke service center guna penanganan lebih lanjut.

    1. Untuk mengganti user name mesin menyesuaikan mesinnya. Beberpaa series berbeda. Untuk Nitgen sendiri kami belum mengetahui detail. Namun secara umum user name admin mesin dirubah melalui aplikasi dengan menghapus kemudian membuat admin kembali pada mesin.

  13. admin saya mw tanya, gimana menghubung mesin fingerprint online..
    saya mengunakan mysql untuk mendapatkan data absensi dengan web login melalui browser (firefox), terus bagaimana supaya mesin fingerprint tersebut bisa tersinkronisasi antara cabang dan pusat..???

  14. kami pengguna fingerprint merk nitgen type 2500 plus
    terjadi masalah di salah satu user kami yaitu ID sudah masuk tapi verifikasi sidik jarinya belum masuk. bagaimana cara mengedit atau menghapus user yang sudah terdaftar tersebut biar bisa di data ulang, terimah kasih

    1. @muslimin; silahkan masuk menu user >> manage >> pilih user >> edit.
      turunkan scroll ke bawah sampai pada menu registrasi sidik jari.
      pilih menu OK, silahkan registrasi jari sebagaimana biasa.

  15. Bagaimana cara mengembalikan data yang masuk ke laporan pengecualian ke laporan absensi shift? karena bila laporan pengecualian tidak bisa dibuat laporan harian detail

    1. @salam; Silahkan periksa koneksi dengan mesin pada Kabel koneksi, pengaturan IP untuk koneksi dengan kabel LAN apabila masih belum bisa silahkan menghubungi service center. Ada kemungkinan port koneksi mesin bermasalah.

  16. Koneksi semua sudah OK,
    Cmn pas download data sidik jari, di kalkulasi, daftar hadir tidak tampil. Semuanya kosong padahal di record mesin sudah ada riwayat absen,
    Terimakasih

  17. Pada data transaki maksudnya tidak tampil ketika d download ke PC, padahal ketika di coba mengabsen trhubung ke PC. D aplikasi tercatat. Hanya saja pas mau buat laporan tidak ada riwayat

    1. @salam; periksa jadwal perkaryawan. jika masih sama coba repair database.
      @pro gamer; class not register, dikarenakan database corupt. silahkan repair database atau instal ulang software absensi.

    1. @amril; Kerusakan tersebut bisa dikarenakan frimware mesin. Silahkan kirim unit mesin ke service center untuk memastikan
      @Bernadeth; Silahkan periksa data pada mesin, jika ada data silahkan pastikan kembali kembali koneksi dari software ke mesin.

  18. Mau nanya Neh.. Perusahaan kami pake Finger x-100
    koneksi ke PC sudah sukses hanya saja ketika
    download data sidik jari, di kalkulasi daftar hadir tidak tampil. Semuanya kosong padahal di record mesin sudah ada riwayat absensi ,
    mohon penjelasanya donggg…
    THank’z..

  19. bagaimana cara menghapus system log dalam mesin finger print, apakah setelah dibersihkan system log-nya data finger printnya hilang juga atau hanya history systrem lognya saja? mohon pencerahan?

    1. @travelsde; Data pada mesin fingerspot/fingerprint stand alone baik data scan absensi, data sidik jari karyawan atau log operasional bisa di hapus melalui menu koneksi mesin pada software aplikasi. Selain itu mesin juga dapat diinisialisasi sehingga semua data terhapus.

  20. maaf mbak, mau tanya, di applikasi fingerprint yang terinstall di pc saya setiap mau login selalu minta username dan password, padahal sebelumnya bisa langsung masuk tanpa login user and pass, kira2 bagaimana solusinya ya mbak? apa ada default password nya? atau bisa di reset ?

  21. maaf saya mau tanya, saya mempunyai mesin absen Solution X100-C,. semua sudah di instal, kabel sudah di koneksikan, ip sudah,.. tetapi ketika saya ingin koneksikan di menu absen’a, ada tulisan class not regitered,.. mohon untuk solusi’a,…

  22. maaf saya mau minta tolong..perusahaan saya memebeli alat finggrspot MATRIX SERIES,tp CD dan kode aktivasinya hilang..mohon bantuannya ya..kirim aja ke email saya e**.********a@g****.**m terima ksih.. πŸ™‚

    1. @eko; untuk kode aktivasi silahkan Pak Eko periksa pada menu download web fingerspot.com, pada halaman tersebut terdapat menu informasi mesin untuk memeriksa kode aktivasi.

  23. aya mau cek absensi setiap akhir bulan, nah yang ter record cuma sampe tanggal 19 ajja, 19-27 kok gag ada record nya? itu bagaiamana cara mengatasinya?

    1. @Yetty Listianthy; silahkan mendownload ulang data absensi pada mesin, memeriksa jadwal karyawan dan apabila masih belum muncul silahkan periksa kapasitas data presensi pada mesin absensi. bisa dimungkinkan data absensi penuh.

  24. saya ingin menanyakan untuk konek mesin absensi x100-c ke pc dengan kabel rj45 dengan panjang 2 meter bisa konek kabel rj45 tapi kalau diatas 15 meter tidak bisa konek tolong penjelasannya ( begitu pula dengan konek USB )
    Terima Kasih.

    1. @yupi.kristanto; secara normal mesin bisa terkoneksi dengan jarak tersebut. silahkan periksa pengkabelan LAN tersebut. Untuk koneksi USB memang terbatas, semakin panjang kabel kemungkinan lose data akan semakin tinggi.

  25. admin,,saya perlu bantuan, saya menggunakan FP X-100 solution, saya tidak bisa membuka software nya dikarenakan ada permintaan untuk memasukkan user name dan password admin, nah saya adalah admin nya tidak pernah mengatur username maupun password. bagaimana yah cara nya agar bisa dibuka lagi software nya. thx

  26. siang, saya mau menambahkan karyawan baru tapi di mesin absen X303 Tapi ada perinta ijin admin, nah admin yang sebelumnya sudah resign, bagaimana solusinya

    1. @Yetty; Administrator bisa dihapus melalui menu mesin pada software absensi. Selanjutnya silahkan meregistrasikan admin mesin dan meregistrasi kembali karyawan baru tersebut.

  27. menghapus admin lama harus ada koneksi kah? saya masih baru pertama kali dan dadakan mengoperasikan Finger print jadi tidak tau sama sekali πŸ™ mohon solusi dan bantuannya sedetail mungkin yah πŸ™

  28. maaf saya mau tanya, saya menggunakan mesin finger tech seri TA100, saya habis mengganti PC lama dengan yang baru kerena PC yang lama sudah rusak dan data2 sudah hilang tidak bisa diselamatkan, setelah diinstal kemudian untuk menkoneksikan kembali membutuhkan IP yang ada di mesin finger jadi saya kesulitan untuk melihat IP yang ada di mesin finger tersebut, untuk masuk ke mesin finger tersebut membutuhkan akses admin dan saya tidak bisa masuk karena admin yang lama sudah resign, mohon bantuanya, terima kasih.

    1. @Denny; untuk memeriksa IP mesin bisa dengan mencoba aplikasi free “scan ip” yang bisa di search di mesin pencari. Bisa juga dengan memeriksa dengan menghkonesikan dengan kagel RS232 atau cara termudah dengan membawa unit mesin ke service center.

  29. sori, kenapa ya mau tarik absen pake kabel com dari mesin absen ke pc itu nggak kedetek mesin absen di pc nya?

  30. begini pak kami punya mesin finger print di kantor tiba-tiba saja heng dan tidak menyala mohon bntuan penjelasannya bpak .

    1. Dear Deti,

      Mesin hang bisa disebabkan karena beberapa hal, di antaranya :
      – Temperatur mesin terlalu panas, hal ini bisa disebabkan karena lokasi yang kurang tepat, penggunaan yang terus menerus, atau umur mesin yang sudah tua
      – Kerusakan firmware mesin karena mesin mati mendadak karena listrik padam
      – Kapasitas penyimpanan yang hampir penuh sehingga beban mesin terlalu berat

      Solusi cepat yang bisa diambil menyesuaikan penyebabnya. Beberapa hal berikut bisa dilakukan :
      – Restart mesin dengan mencabut adaptor dan menyalakan mesin kembali. Bisa juga menggunakan tombol reset yang ada di mesin (lokasi tombol ini tergantung jenis mesin)
      – Memindahkan ke tempat yang lebih teduh dan terhindar dari sinar mataharai secara langsung, jika penyebabnya temperatur
      – Menghapus data scan yang sudah tidak dipakai. Cek dulu apakah benar penyebabnya adalah kapasitas yang akan penuh. Tapi sebelum dihapus, pastikan data tersebut sudah didownload ke software absensi.

      Jika hal-hal tersebut sudah dilakukan tapi masih hang. Mohon diinformasikan Tipe mesin absensi sidik jari yang digunakan…..karena pada kerusakan tertentu diharuskan penggantian part dari mesin tersebut yang hanya bisa dilakukan di service center.

      Jika mesin Bapak/Ibu bermerk Fingerspot. Untuk bantuan yang lebih cepat dan komunikasi yang lebih akurat, Bapak/Ibu bisa chat dengan Customer service di http://fingerspot.com/ atau menghubungi service center yang ada di kota-kota besar di Indonesia http://fingerspot.com/pages/about-us

      Semoga membantu…..

  31. mau tanya …SOS.. kalau program attendance nya hilang/terhapus, apakah data absensi sebelumnya ikut terhapus atau masih ada? gmana caranya mengkoneksikan lagi…

    1. Dear Ojat,

      Tergantung jenis mesin absensi sidik jari yang Anda gunakan.

      1. Jika tipe mesin Anda adalah PC-Based, contoh U.are.U, maka semua data absensi dan sidik jari tersimpan di database aplikasi di komputer. Jika programnya terhapus dan database juga terhapus maka data Anda hilang. Silahkan coba untuk recovery HDD komputer Anda.

      2. Jika tipe mesin Anda adalah tipe standalone. Maka data absensi dan sidik jari tersimpan di mesin maupun di software. Jadi jika software dan database terhapus, maka masih tersimpan di mesin, tinggal install software Anda dan download lagi dari mesin. Dengan catatan, data absensi di mesin belum pernah Anda hapus di mesin.

      3. Bagaimana cara mengkoneksikan? mohon diinfokan nama mesin dan software yang Anda gunakan saat ini untuk solusi yang tepat.
      Secara umum, setelah Anda install ulang, Anda atur koneksi di software maupun di mesin. Kalau Anda menggunakan LAN atau TCP/IP, maka Anda harus menyamakan IP Address di aplikasi dengan yang Ada di mesin. Baru bisa download kembali data Anda. Untuk solusi lebih tepat silahkan informasikan mesin dan software yang Anda gunakan.

      4. Jika Anda mengetahui service center maupun website vendor dari mesin yang Anda gunakan, kami sarankan untuk menghubunginya.

      Semoga membantu….

  32. Siang , mau nanya nih, kenapa data terupload dan yang di download tidak sama sehingga ada beberapa user yang tidak bisa muncul pada penarikan data?kami menggunakan Magic Plus 5500 mohon pencerahannya.

    1. Dear Bu Katri,

      Data pada mesin sidik jari standalone biasanya terdiri dari 3 jenis :
      1. Data karyawan (user data), meliputi : No.ID, Nama, Sidik jari, face, nomor kartu, password, dan hak akses
      2. Data scan karyawan (attlog), meliputi ; No.ID, Nama, tanggal dan jam scan, metode absen (pakai sidik jari, pwd dll), status (cek-in, cek-out dll), serta data tambahan seperti workcode (kode kerja)
      3. Data sistem (system log) yang merupakan histori penggunaan mesin.

      Data 1 dan 2 yang paling sering digunakan, data ke-3 hanya digunakan jika ingin melihat histori mesin pada saat ada kasus tertentu.

      Melihat pertanyaan ibu, kami belum jelas data mana yang tidak sama saat upload dan download.
      Jika data karyawan, kecil kemungkinan tidak terdownload ke aplikasi.
      Tetapi jika data scan (attlog), maka kasus yang sering terjadi adalah :
      – Mesin penuh, sehingga data scan terakhir tidak terekam
      – Aplikasi menggunakan sistem filter untuk jam scan dalam menit yang sama. Sehingga jika ada 2 atau lebih scan yang mempunyai menit yang sama, maka hanya satu yang dicatat di database aplikasi.
      – Data terdownload tapi ada karyawan yang scan di luar jadwalnya, sehingga tidak muncul di laporan.

      kasus terakhir yang sering terjadi. Untuk itu yang harus dilakukan adalah :
      1. Memastikan data di mesin yang di mesin sudah masuk ke aplikasi. Caranya :
      – Di mesin, masuk ke menu RECORD, masukkan No.ID karyawan yang akan dicek, dan tentukan tanggalnya. Jika ada berarti karyawan ibu sudah scan
      – Di aplikasi, lihat di laporan log karyawan. cari di laporan itu sesuai dengan no.id karyawan serta tanggalnya. Jika ada berarti sudah terdownload. Jika tidak ada silahkan download ulang dari mesin. Jika kesulitan menggunakan kabel bisa download menggunakan Flashdisk

      2. Jika data di mesin dan di log karywan ada, tetapi tdk muncul di laporan harian, maka Ibu harus memperbaiki shift dan jadwalnya, dan melekatkan kembali ke karyawan. kecuali jika karyawan Anda scan di luar jadwal, Anda bisa mengabaikannya.

      Semoga membantu….

  33. Mau nanya Pak, kenapa Mesin X103C tidak ada menu daftar FP di mesinnya.
    Setiap masuk ke menu User menu didalamnya cuma User Baru sama Atur, setelah pilih Atur di dalamnya blank (warna ungu) cuma ada perintah Func : M/Ok, setelah pilih Ok keluar menu
    Cari User
    Data
    Ubah
    Hapus User
    User Baru
    Aku pilih Cari User masukan No ID yg keluar perintah Sistem Tdk Terdaftar, padahal sudah aku Upload Data ke mesin. Mohon penjelasannya Pak

    1. Dear Pak Jemmy,

      Maaf baru bisa balas, karena Pak Jemmy postingnya malam πŸ™‚

      Kemungkinan problemnya karena proses upload Bapak yang tidak berhasil atau Bapak tidak punya hak akses ke menu itu.

      Secara umum langkah untuk mendaftarkan karyawan baru akan saya jelaskan sebagai berikut

      Untuk mendaftarkan karyawan baru, setidaknya ada 2 cara :

      1. Langsung daftar di mesin
      2. Upload dulu dari software, baru didaftarkan sidik jarinya

      Daftar langsung di mesin
      – Masuk ke menu User > User Baru
      – Di dalam menu ini setidaknya ada menu ini :
      No. ID : Nomor ID karyawan
      Nama : Namak Karyawan
      FP : untuk mendaftarkan sidik jari karyawan. Tombol ini yang mungkin Bapak Cari
      Pwd : untuk mendaftarkan password karyawan
      Hak Akses : Untuk menentukan hak akses karyawan, apakah sebagai admin mesin atau sekedar bisa absen saja
      Di mesin lain kadang ada menu kartu. Silahkan sesuaikan
      – Silahkan isi masing-masing entry.
      – Untuk sidik jari bisa didaftarkan 10 jari. Masing-2 jari didaftarkan 3 kali untuk mengambil sampel yang paling bagus.
      – Untuk password maksimal 8 digit, dan harus dientry 2 kali
      – Tentukan hak akses dan Simpan

      Daftar melalui Upload dari Software
      – Saya asumsikan Bapak sudah bisa upload dari software. Karena upload dari software bisa melalui kabel atau flashdisk
      – Setelah upload sukses. Masuk ke menu Sysinfo. Tujuannya untuk memastikan bahwa proses upload sukses. Jika statistik di sysinfo masih terlihat kosong, maka proses upload Anda gagal. Silahkan ulangi lagi.
      – Jika di sysinfo ada datanya dan sesuai dengan yang Bapak upload. Silahkan masuk ke menu User>Atur
      – Bapak klik tombol OK dan akan muncul menu cari User, masukkan no.ID karyawan
      – Jika sudah ketemu, klik OK lagi dan pilih Ubah. Bapak akan masuk ke halaman Ubah User yang tampilannya sama persis dengan User Baru
      – Lakukan selanjutnya adalah seperti langkah pada Daftar langsung di mesin

      Jika masih kesulitan mengikuti pentunjuk teks saya, silahkan Bapak Reply komentar ini. Saya akan bantu dengan gambar.
      Semoga membantu….

  34. hallo Admin…
    mohon pencerahan, kami memakai mesin type X401 ada 4 unit, kendalanya seperti lamban bila ditarik datanya, tidak seperti sebelumnya seperti awalan.
    kiranya mohon bimbingan agar dapat dan bisa ditarik agar cepat di Dowload Data Presensi nya.
    terima kasih

    1. Dear Pak France,

      X401 merupakan mesin dengan kapasitas besar. Dari websitenya saya temukan mesin ini mampu menampung data scan sampai 500.000 scan.
      Cepat lambatnya proses download data scan tergantung dari : 1. Koneksi, 2. banyaknya data yang didownload
      Jika sebelumnya downloadnya normal, saya asumsikan bahwa koneksi bapak OK.
      Dugaan saya adalah karena data yang sudah banyak, sehingga mempengaruhi proses download.
      Untuk itu Bapak cek dulu di menu Sysinfo. Lihat sudah berapa data scan yang tersimpan. Jumlah data scan lebih dari 100.000 sudah berpengaruh pada kecepatan scan. Trus, bagaimana kalau memang data scan sudah banyak ? Ikuti langkah berikut :

      1. Backup dulu data scan mesin Bapak menggunakan Flashdisk. Caranya bisa lihat di manual mesin Bapak. Tapi sebenarnya caranya mudah, tinggal tancapkan Flashdisk di mesin Bapak, trus masuk menu Pendrive>Download>Download Attlog. Jika mesin Bapak bahasa Indonesia, silahkan menyesuaikan. Download data ke flashdisk ini dengan maksud untuk mencadangkan data scan mesin Bapak, karena nanti jika memang data sudah banyak harus dihapus dari mesin. Pastikan sukses ya pak…
      2. Download data scan bapak menggunakan kabel seperti biasa.
      3. Selesai download cek dulu di software apakah sudah masuk. Bapak bisa sampling jika karyawannya banyak.
      4. Hapus data scan di mesin Bapak melalui menu System>Data Mng>Delete Attlog. Bapak bisa juga hapus data scan melalui software. Tapi saya tidak tahu Bapak pakai software apa. (Pikirkan baik-baik sebelum melakukan proses ini…. saya tidak bertanggung jawab jika Bapak salah proses kemudian ada data lain yang terhapus…. πŸ™‚ )
      5. Setelah proses ini data scan di mesin Bapak sudah kosong kembali.
      6. Jika Bapak merasa ragu semua data scan karyawan sudah masuk atau belum ke software, bapak bisa import data yang tadi di backup dengan flashdisk. caranya Bapak bisa lihat buku manual mesin Bapak.

      Semoga membantu…..

  35. assalamu’alaikum maaf pak saya mau nanya: finger print solution : yang jadi masalah id terakhir di finger kami adalah 114 tapi ketika mau menambah id baru maka id berikutnya adalah 111125 harusnya 115

    1. Dear Pak Dodih,

      Waalaykum salam…..

      Memang benar pak setelah 114 harusnya 115. Jika setelah 114 kemudian lompat ke 111125, maka patut dicurigai ada id 111124. Untuk melihatnya bisa dilihat di mesin langsung atau lewat aplikasi. Tapi sebenarnya Bapak bisa ganti ID 111125 ke 115 pada saat tambah User. Tapi ok lah kalau kita ingin cek apakah ada ID 111124.

      Melihat di mesin :
      – Saya asumsikan Bapak menggunakan mesin 3 inch warna (saya tidak tahu bapak pakai mesin apa,apalagi saya bukan karyawan solution)
      – Bapak masuk menu USer > Manage
      – Klik OK dan pilih Search
      – Isikan ID 111124.
      – Kalau ada ID itu harusnya ketemu

      Melihat ID di mesin
      – Download semua user dari mesin (caranya Bapak bisa sesuaikan, saya tidak tahu Bapak pakai kabel atau pakai flashdisk)
      – Cek di aplikasi Bapak, di menu karyawan. apakah ada ID 111124 atau tidak

      Semoga membantu…

  36. Siang Pak admin,kalo bentuk .jpg fingerscan nya itu bisa qt ambil tdk ya?kalo bisa dengan software apa?untuk membuka admin web 3.0 melalui ip itu bagaimana pak,mesin saya X100C.Terima kasih

    1. Dear Pak Imam,

      Selamat siang….

      1. Setahu saya untuk bentuk scan bisa diambil dengan SDK pak. Silahkan Bapak hubungi website resmi produk bapak.
      2. Untuk membuka web 3.0, Bapak bisa menggunakan ID dan password Admin mesin.
      Misalnya : ID admin mesin Bapak : 10 dan passwordnya : 123
      Maka username : 10 dan password : 123
      Sebenarnya webserver ini ada username dan password defaultnya (bawaan mesin), tapi saya tidak bisa beritahukan di sini karena itu terkait dengan keamanan mesin.

      Semoga membantu….

        1. Dear Pak Imam,

          Di salam SDK (software development kit) ada perintah untuk capture image (ambil gambar) sidik jari pak. Contoh perintahnya begini : VARIANT_BOOL CaptureImage([in] VARIANT_BOOL FullImage, [in] LONG *Width bla bla bla ……………..tapi yang berhak memberi SDK adalah tempat dimana Bapak membeli mesinnya.

          Semoga membantu

    1. Dear Pak Didik,

      Mohon diinformasikan tipe mesin yang digunakan dan softwarenya. Karena mesin absensi sidik jari banyak macamnya dan masing-masing vendor mempunyai software yang berbeda.

      Secara umum, jika scan tidak muncul di laporan harian, maka penyebabnya setidaknya ada 3 :
      1. Memang tidak ada scannya. Tidak ada scannya bisa jadi karena karyawan belum scan atau sudan scan tapi belum didownload ke software.
      2. Karyawan scan di luar area jadwal yang ditentukan, sehingga software mengabaikannya.
      3. Karyawan belum diberi jadwal kerja atau staf HRD salah memberi jadwal.

      Jadi, mohon diinformasikan mesin dan software yang digunakan, semoga saya mengetahuinya dan bisa membantu.

      Terima kasih

    1. Dear Pak Nirwan,

      Kalau membaca spesifikasi X105 di websitenya, sepertinya tidak ada fitur webservernya. Tapi untuk pastinya, silahkan Bapak chat dengan technical support atau sales dari Solution di websitenya. Chat menggunakan yahoo messenger.

  37. Mohon bantuannya Pak, salah satu kantor cabang saya menggunakan mesin absen x100c, bisa login ke web absennya hanya saja tipe web absennya 3.1 sedangkan di kantor pusat web 3.0. Saat download data absen dengan format .DAT dari web 3.1 kenapa tidak bisa ya Pak sedangkan denagn web versi 3.0 bisa, apakah ada yg perlu di setting atau memang di web 3.1 tidak support ? mohon bantuannya.

    1. Dear Bu Desi,

      Yang tidak bisa itu download dari web atau file .DAT tidak bisa dimasukkan ke dalam software ?

      Jika tidak bisa didownload dari web, maka mungkin webserver ibu corrupt
      Tapi jiak file .DAT yang tidak bisa dimasukkan ke dalam software, maka kemungkinan formatnya berbeda, jadi format dari web 3.1 tidak kompatible dengan software ibu. Setahu saya file .DAT itu bisa dibukan menggunakan notepad. Silahkan dilihat perbedaan dari web 3.0 dan web 3.1.

      Mohon maaf tidak bisa membantu banyak, karena saya belum pernah melihat web 3.1.
      Terima kasih

      1. jadi gini Pak, ketika sudah login ke web 3.0, ada menu download dengan format .DAT, di menu download tersebut kita bisa filter dari tanggal berapa dan user nya siapa. Sedangkan ketika saya login di web 3.1, ada menu download tetapi tampilannya tidak sama dengan yg ada di web 3.0, saya tidak bisa filter laporan berdasarkan tgl dan usernya, hanya tampilan list user yg tidak beraturan saja, jadi saya mau download log nya di web 3.1 tidak bisa,

        kalo di software attendence bisa kok tarik laporannya

        1. Dear Bu Desi,

          Saya juga belum pernah tahu yang versi 3.1, mungkin karena saya kurang paham merk solution, lebih paham merk fingerspot. Tapi jika bu Desi lebih nyaman dan cocok dengan versi 3.0, maka sebenarnya mesin itu bisa diupdate ke 3.0. Jadi nantinya bisa sama versinya.

          trus bagaimana cara updatenya? Bu Desi perlu menghubungi teknisi Solution, baik di service centernya atau bisa chatting di websitenya. Saya lihat di sana ada 2 teknisi yang biasanya online.

          Silahkan berkomunikasi dengan mereka untuk mendapatkan file updatenya. bisa jadi nanti ibu langsung diberikan updatenya atau diminta download atau justru diminta kirim mesinnya ke showroom, tergantung kebijakan bersangkutan.

          Semoga membantu….

          1. Pak, tanya lagi, salah satu kantor cabang saya ID absen karyawan di fingerscan nya dirubah, jadi data absen sebelumnya tidak muncul karena ID nya sudah dirubah. Bisakah mengembalikan log absen karyawan tsbt, agar data sebelumnya bisa ditarik. Terima kasih.

          2. Dear bu Desi,

            Jika Bu Desi belum pernah menghapus data absensi karyawannya, maka sebenarnya data tersebut masih ada di mesin. walaupun karyawan tersebut ganti ID. Jadi tidak ada yang perlu dikembalikan. Mungkin pertanyaannya adalah bagaimana agar data dengan ID lama bisa jadi satu dengan ID baru? Atau hanya sekedar ingin menampilkan data lama walaupun beda ID.

            Saya andaikan
            – ID awal adalah 1 dengan nama Joko
            – ID selanjutnya ada 2 dengan nama Joko

            Pada saat karyawan menggunakan ID=1, maka semua data scan di mesin ber-ID 1. Misalnya ID =1 punya data scan dari 1 Mei s/d 31 Juli 2016
            Pada saat karyawan menggunakan ID=2, maka semua data scan di mesin ber-ID 2. Misalnya ID =2 punya data scan dari 1 Agustus 2016 s/d sekarang

            ketika Bu Desi menarik datanya, maka sebenarnya semua data ikut terdownload. Hanya saja tidak muncul di ID=2 karena data sebelumnya ada di ID=1.

            Jika Bu Desi hanya ingin meampilkan data lama, cukup Bu Desi input lagi ID=1 di software dengan Nama yang sama. Jadi kalau ingin melihat data dari 1 Mei s/d 31 Juli, Bu Desi lihat di Joko dengan ID=1.

            Tetapi jika Bu Desi ingin menggabungkan data dari ID=1 ke ID=2, maka Bu Desi harus konsultasi ke teknisi mesin ibu di website mereka. karena itu terlalu teknis sekali. Saya tidak bisa buka di sini.

    1. waalaykum salam Pak Agus,

      Jika lupa password, maka bisa dilakukan hal-hal sebegai beerikut :
      1. Menghapus admin lewat software.
      Caranya : Koneksikan mesin dengan software, lalu masuk pengaturan mesin dan nanti di sana ada tombol untuk hapus administrator mesin.

      2. Bypass menggunakan tombol antidismantle yang ada di belakang mesin
      3. Menggunakan tool khusus untuk bypass admin mesin

      untuk cara ke-2 dan ke-3 saya tidak bisa beritahu di sini. Lebih baik Pak Agus hubungi online support mesin tersebut di website Solution
      Bagi pengguna mesin fingerspot bisa chat di http://www.fingerspot.com

      terima kasih

    1. Dear Pak Denny,

      Harusnya di menu Pendrive ada menu Download dan Upload

      coba lihat di sini http://prntscr.com/co3j15

      Jika tidak ada maka mungkin hak akses Anda dibatasi di mesin tersebut. Silahkan hubungi teknisi Solution di websitenya.

      Cara lain untuk tarik data dari mesin adalah melalui Kabel LAN (TCP/IP). Silahkan merujuk ke buku manualnya untuk cara koneksi menggunakan kabel.

      Bagi pengguna mesin fingerspot bisa chat di http://www.fingerspot.com

  38. min mau tanya , kenapa ya kok fingerprint ditempat kerja saya kalo habis mati lampu suka gak bisa nyala langsung, padahal sudah dicabut kabelnya. mohon solusinya min

    1. Dear Bu Ismi,

      Ibu tidak menginformasikan tipe mesin Ibu.
      Masalah mesin yang tidak bisa menyala setelah listrik padam, bisa ada kemungkinan :
      1. Mesin tidak auto power on, sehingga perlu pencet tombol power dulu untuk menyalakan
      2. Kerusakan pada firmware (software yang ada di dalam mesin)
      Mesin absensi mirip dengan komputer yang memiliki operating system, diantaranya Linux, Ucos dan RTOS. Ketika terjadi listrik padam mendadak, ada beberapa file sistem yang letaknya kacau atau bahkan rusak permanen. Sehingga kadang terjadi gagal booting.
      3. Kerusakan Hardware, terutama pada komponen yang mengatur power mesin.

      Untuk kasus 2 dan 3, ibu perlu membawa mesin ke service center untuk dilakukan perbaikan firmware atau penggantian komponen yang sudah tidak stabil.
      Silahkan menghubungi service center sesuai dengan merk mesin Ibu.

      Jika mesin ibu merk Fingerspot, bisa dibawa ke service center di link berikut :
      http://fingerspot.com/pages/about-us

      Atau bisa konsultasi dulu di http://www.fingerspot.com/

      Semoga membantu

  39. Selamat Siang mas admin,

    Saya Saefudin. Saya mau minta bantuan mas, mesin finger yang kami pakai sebagai berikut :

    Mesin FingerPlus ZT1800
    Software Zsoft Attendance 8.1.2

    Problemnya : 1. Kejadiannya baru hari ini mas tgl 31/10/2016 , jadi Setiap Orang yang absen pada mesin terecord nya berbeda user contoh mas admin absen tapi yang terlihat nama pada mesin setelah kata “terimakasih” itu tertera nama saya dan setelah di cek di software nya pun itu nama saya yang terecord padahal kan yang absen bapak untuk jam sekian dan saya belum hadir . tp untuk admin tidak berbeda .
    2. pada mula nya admin absen hendak mau update data user baru 4 orang di software stelah di input lah kok di mesin tertera nya cuma nik nya saja dan anehnya setelah di buka kembali record nama user tidak ada lalu si admin membuka ulang database nya yang terletak di data D tp justru muncul keanehan baru lagi disana user hanya tertera 25 user saja padahal sebelumnya itu sudah ada 27 dan di update 4 user menjadi 31 user untuk kejadian ini sebelum problem yang pertama kira kira apanya ya mas yang bermasalah ?

    Terimakasih banyak sebelumnya mas admin.
    Ket. Database sudah kita cari dengan melakukan search di windows explorer dan membukanya satu persatu akan tetapi yang update tidak ditemukan dan mencoba membuka melalui database mysql dan ternyata isinya kosong tidak terecord data.

    1. Selamat siang Pak Saefudin,

      Kejadian seperti ini biasanya terjadi karena dua hal :

      1. Akurasi mesinnya turun
      Tapi melihat spesifikasi mesin ini yang konon bisa menampung 20.000 orang, maka kecil kemungkinan sampai salah identifikasi. Apalagi hanya diisi 27 orang.

      2. Masalah pada softwarenya
      Masalah pada software juga bisa dibagi beberapa :

      a. Masalah operasional alias salah entry operatornya. Misalnya ID 1 = Saefuddin, tapi operator salah entry menjadi saya. kemudian diupload ke mesin ya jadinya namanya saya. Maka silahkan dicross check kembali apakah pada saat mas Saefuddin scan, maka no. IDnya sudah benar? Kalau No.ID (fingerID) sudah benar tapi namanya muncul orang lain, maka solusinya tinggal ubah nama saja di software dan diupload . Ingat… mesin fingerprint selalu berpatokan pada No.ID karyawan bukan nama.

      b. Operator tidak sengaja mengubah No.ID (fingerID). Software Zsoft mengizinkan operator untuk mengubah nomor FingerID pada software. Ingat…bahwa fingerID pada sofware harus sama dengan di mesin. Jika di sofwtare diubah, dan diupload ke mesin. maka data di mesin akan mulai kacau. Solusinya adalah menyelaraskan kembali antara mesin dan software. Caranya cari laporan terakhir, catat FingerID mereka dan cek kembali orang-orang yang scannya tidak beres tadi, apakah fingerID masih sesuai dengan laporan terakhir itu. Jika masih sesuai tapi namanya saja yg ketukar, maka tinggal ganti namanya. Tapi kalau benar-benar ganti fingerID, maka silahkan diubah kembali ke Nomor awalnya.

      c. Bug software / error database
      Dari penuturan Bapak, maka asumsi saya bapak menggunakan database ms Access, karena yg mysql dalam kondisi kosong.
      Database access ini bisa saja mengalami error, yang penyebabnya bisa saja karena sistem sendiri atau karena diubah. Database software ini tidak dipassword sehingga mudah untuk mengubah datanya. Jika salah edit, maka bisa menimbulkan kacau data dan data yang hilang. Untuk memperbaiki database ini, maka harus dilakukan technical support dari fingerplus sendiri karena terkait garansi juga.

      Untuk penanganan ini saya tetap anjurkan bapak hubungi technical support fingerplus di fingersplus.co.id
      di website tersebut ada menu Hubungi Kami yang bisa dilihat alamat dan no telepon kantornya.

      semoga membantu…..

    1. Dear Pak Faizal,

      Itu berarti mesinnya sedang bermasalah dengan coreboardnya.
      Silahkan dibawa ke service center merk tersebut….

  40. permisi mas saya mau cetak kalkulasi absensi tapi tidak terdeteksi begitu saya liat di kehadiran ada saya coba download ulang tidak bisa muncul tulisan OleIDispatch exception code 0 fromCtrl : invalide mohon pencerahannya mas.

    1. Sore Pak Dedi,

      Pak Dedi menggunakan mesin merk apa dan software apa? Karena Jeni’s mesin absensi sidik jari banyak dan kadang satu merk punya lebih dari satu software

  41. assalamu alaikum…
    saya ada masalah di kantor.
    fingerprint enigma access control/attendance time clock. kenapa ya min setiap jam 6.30 PM akses fingerprint tidak bisa?
    sebelumnya aman2 aja. mohon bimbingannya, dari cara menanganinya?
    trimakasih sebelumnya…

    1. Waalaykum salam,

      Sebelumnya saya minta maaf, karena tidak begitu mengenal merk ini. Apakah Dheza bisa bantu uploadkan gambarnya, kemudian perlihatkan saya di komentar?

      Kalau secara umum, mesin akses kontrol dibekali dengan pengaturan waktu akses. Ada yang menyebutnya timezone, time periode, psegment dll.
      Jika ditentukan jam tertentu tidak bisa akses, maka ya tidak bisa akses.

      Cara agar bisa akses ya diubah waktu akses tadi. tetapi jika terlalu ribet cara settingnya, Cara paling mudah ada mereset mesin ke default ( ke settingan pabrik). Biasanya semua mesin akses kontrol ada menu resetnya. Silahkan merujuk ke buku manualnya.

      Sekali lagi mohon maaf, saya tidak begitu familier dengan merk ini.

      Semoga membantu

  42. Min mau tanya, saya absens tapi yang muncul nama orang lain. saya mau coba format tapi tidak bisa, sebab ada admin pertama. sedangkan untuk admin pertama sudah resain. jadi bagimana? dan minta tolong bantuan nya. terima kasih

    1. Bu Regina,

      Mohon diinformasikan tipe mesinnya.

      – Untuk penyebab muncul nama orang lain bisa ibu baca di jawaban saya ke Pak Saefuddin, silahkan baca komentar-2 di atas. Walaupun tipe mesinnya mungkin beda tapi prinsipnya sama.

      – Sedangkan untuk untuk menghapus admin di mesin, maka :

      1. Bisa dihapus dengan software, setiap software absensi dilengkapi dengan fitur ini. Saya tidak bisa memberi petunjuk sebelum tahu software apa yang ibu pakai

      2. Menggunakan cara khusus. cara khusus ini bisa berupa tool (software khusus untuk hapus admin) atau berupa kode-kode khusus.

      Mohon maaf tidak bisa begitu banyak bantu karena saya tidak tahu tipe mesin dan software iBu.

  43. saya mau integrasikan fingerprint dengan aplikasi web saya sehingga di aplikasi web saya bisa mengolah data kehadiran tersebut dan tersimpan dalam database aplikasi web saya? apakah hal tersebut bisa dilakukan? kalau tau bagaimana ya caranya? thx

    1. Dear Pak Andre,

      Syarat untuk bisa terkoneksi dengan web, maka fingerprint tersebut harus mendukung teknologi seperti SOAP, PUSh, P2P, Socket dan semacamnya. Jika fingerprint tersebut tidak mendukung teknologi tersebut, maka tidak bisa terkoneksi dengan web.

      Masing-masing vendor biasanya menyertakan SDK (software development kit) dan sekaligus manual (petunjuk) penggunaannya. Bapak silahkan lihat merk mesin bapak dan hubungi vendornya. Biasanya di kemasan mesin sudah lengkapi contact yang harus dihubungi jika ada pertanyaan atau masalah.

  44. mau tanya gan, waktu di mesin kok tidak sesuaiya udah direstart tapi kembali lagi solusinya gimana saya pakek tipe premier trims sebelumnya

    1. Pak Catur,

      Untuk masalah jam pada mesin Premier Series disebabkan oleh beberapa hal berikut :
      1. Baterai cmos mesin sudah akan habis
      2. Problem pada Chip RTC (Realtime Clock)
      3. Mesin terkoneksi dengan server cloud tertentu

      Untuk solusi nomor 1 dan 2 adalah penggantian sparepart. Jika yang habis baterainya makan akan diganti, begitu juga dengan chip RTC.
      Sedangkan untuk masalah no.3 cukup direset saja sudah akan solved.

      Untuk penggantian part, Bapak bisa hubungi showroom Fingerspot yang terdekat dengan kota Bapak.
      Bisa dilihat di link berikut :

      http://fingerspot.com/pages/about-us

      jika Bapak bingung tentang alamatnya Bapak bisa chat dengan customer service yang ada di http://fingerspot.com/

      semoga membantu

  45. Dear Admin,

    Saya ingin menghapus data absen (attlog) sebelumnya dan hanya akan menyisakan data bulan november s/d desember 2016 pada mesin absen.
    Mesin absen kantor saya Solution X304. Dimesin absen tersebut tidak ada menu upload record.

    Mohon bantuan admin, terima kasih.

    1. Dear pak Ardi,

      Untuk mesin tersebut memang tidak diizinkan menghapus sebagian data absensi. Jadi kalau hapus data absensi, maka seluruh data absennya akan terhapus. Dan juga tidak bisa upload record.
      Hal ini biasanya dimaksudkan agar data absen tersebut steril. jangan sampai tiba-2 ada data di tengah yang hilang, atau kita bisa menambah data absen ke mesin tanpa absen.

      Memang di tipe mesin ada yg bisa hapus sebagian, tapi untuk tipe ini tidak bisa

      semoga membantu

      1. Dear Admin,

        Apa ada solusi, dikarenakan ada 3 karyawan yang data absennya tidak ada selama bulan nov 2016.
        Untuk data dimesin itu sendiri, sbb:
        FP = 189/6.000
        Record = 31.800/100.000

        Mohon bantuan admin, terima kasih.

        1. Dear Pak Ardi,

          Jika ada data absen yang tidak ada, maka penyebabnya ada beberapa :
          1. Memang orangnya tidak scan atau merasa scan padahal gagal
          2. Masalah di mesinnya
          3. Mesin ok tapi saat didownload ada yang tidak ikut terdownload
          4. Sudah Terdownload semua tapi tidak match dengan jadwal karyawan, sehingga tidak tampil dk laporan

          Solusinya :
          1. Tanyai karyawannya pake sumpah pocong hehehe atau kalau ada cctv bisa dicross check
          2. Cek langsung di mesin lewat menu record, tentukan ID dan tanggalnya. Jika tidak ketemu memang scannya gagal
          3. Jika dimesin ketemu, tapi di sofftware tidak ada. didownload lagi pak. Nanti ceknya di software jangan di laporan, tapi di menu record juga atau ada yang menerjemahkannya data presensi.
          4. Jika di menu record sofwtare kelihatan tapi di laporan tidak kelihatan, cek jadwalnya pak, apakah pas tanggal tersebut sesuai.
          5. Jika Bapak masih kesulitan silahkan hubungi kantor (service center) dari penjual mesin bapak terdekat atau hubungi online supportnya di website mereka.

          Jika masih ada yang akan ditanyakan di sini, saya persilahkan

          semoga membantu

  46. Dear Admin…
    apakah bisa dibantu? mesin finger kami bermasalah, jika ingin ke menu di mesin itu tidak bisa, yang muncul adalah tulisan “Ijin admin 1”.

    sedangkan admin 1 tidak ada/tidak tahu siapa, sehingga kami tidak bisa masuk ke menu dan membuat absen untuk karyawan baru.

    Mohon bantuannya.

    Regards.

    1. Dear Bu Diana,

      Setiap mesin absensi memang difasilitasi dengan hak akses Admin itu. Hal ini agar data mesin aman dan tidak ada yang utak atik.
      Kemudian bagaimana jika terkunci dan admin mesinnya tidak tahu siapa? Maka solusi singkatnya sudah saya tulis di posting ini :

      http://sidik-jari.com/masalah-umum-mesin-absensi-sidik-jari-fingerprint-dan-solusinya-bagian-2.html/

      Beberapa cara yang bisa dipakai untuk masalah ini adalah :
      – Menghapus admin lewat software. Caranya bervariasi tergantung tipe mesin Bu Diana maupun softwarenya. Karena mesin absensi sidik jari juga banyak tipenya dan softwarenya juga kadang berbeda.
      – Menghapus admin lewat tombol khusus pada mesin. Tombol yang mana? kembali ke tipe mesin ibu lagi
      – Menghapus admin lewat tool khusus. Tool ini biasanya berupa software kecil yang digunakan untuk membobol mesin. Tapi tool seperti ini hanya dipunyai oleh teknisi dari vendor mesin absensi tersebut.

      itu lah beberapa cara yang biasa dipakai. cara detailnya belum bisa disampaikan sebelum jelas tipe mesin maupun softwarenya.

      semoga membantu

  47. Dear admin,
    finger print bermasalah:
    1. waktu dan tanggal reset ke 00.00 walaupun dicabut-pasang lagi, tetap reset juga.
    2. semua tombol tidak berfungsi jadi gak bisa masuk ke menu administrator. Check out juga gak bisa.
    kira2 masalah dan solusinya apa ya?

    Regards.

    1. Dear Pak Haniel,

      1. Untuk waktu yang selalu 00:00, maka ada 2 keungkinan, 1. baterainya CMOSnya habis, 2. CHIP RTC rusak
      2. Jika semua tombol tidak berfungsi, maka besar kemungkinan masalah hardware.

      Kedua masalah di atas berkaitan dengan hardware, maka solusinya harus dilakukan service atau penggantian sparepart. Hal tersebut hanya bisa dilakukan di service center dari mesin Bapak.

      jika mesin bapak bermek fingerspot bisa menghubungi customer service di http://fingerspot.com/pages/about-us
      semoga membantu

  48. Dear Admin,

    Mohon bantuannya, mesin absensi yg sy gunakan adalah solution X100-c
    Saya kesulitan masuk ke software nya dikarenakan username dan password untuk login ke software nya lupa. Bagaimana solusinya ?

    Terimakasih atas bantuannya.

    1. Dear Pak Hari

      Mohon maaf karena kami dalam Hari libur sehingga terlambat menjawb.

      Solusi untuk masalah bapak Adalah :
      1. Bapak coba masuk ke software dengan username : nama bapak, password : no.id bapak. Misal nya nama bapak di software Adalah Hari dengan no.id 1, maka username : Hari, password : 1

      2. Jika cara 1 gagal, maka bapak harus Buka database software, biasanya nama file ya att2008.mdb. backup dulu file ini untuk cadangan kemudian Buka file itu Dan cari tabel yang memuat daftar karyawan, Buka tabel tsb Dan cari entry privilege. Hapus isinya. Maaf saya tdk bisa menunjukkan nama tabel Dan entrynya dengan detail.

      3. Cara ke-2 itu cukup beresiko, sehingga cara yang paling baik Adalah menghubungi teknisi mesin Bapak. Saya rasa bapak punya kontak service center dari Solution

      Silahkan reply jika belum jelas. Terima kasih

  49. Dear admin,

    Saya mau tanya. Bisakah bila meregistrasi seseorang berkali2 dgn ID yg berbeda pd mesin absensi berbasis telapak tangan?

    Mohon dijawab master. Thanks

    1. Dear Pak Abdul,

      Sebenarnya kami tidak tahu persis tentang jenis biometrika ini, kami hanya pernah bersinggungan dengan fingerprint dan face recognition. Dan lagi juga apakah yang Bapak maksud ini Hand Geometry atau Palm Print. Tapi secara umum hal tersebut tergantung dari tingkat akurasi dari alat untuk mendeteksi adanya data yang kembar (impostor). Untuk fingerprint sendiri memungkinkan diregistrasi dengan ID berbeda untuk satu orang karena satu orang mempunyai 10 jari. Tetapi untuk satu jari akan sulit diregistrasi ulang. Sedangkan pengalaman di face recognition ada alat yang bisa diregistrasi berkali-kali dan ada yang sudah tidak bisa. Sekali lagi tergantung akurasi alat yang ada, karena beda alat beda kualitas.

      Kemudian, saya asumsimkan yang Bapak tanyakan adalah Hand Geometry. Maka sebenarnya hand geometry ini tidak begitu unik dan termasuk Medium Low dalam akurasinya. lihat : http://biometrics.pbworks.com/w/page/14811349/Advantages%20and%20disadvantages%20of%20technologies

      Sehingga cukup memungkinkan untuk diregistrasi lebih dari kali dengan ID yang berbeda dengan sedikit merubah posisi tangan saat registrasi.
      Seperti halnya wajah dengan teknologi 2D (teknologi lama) yang masih bisa diregistrasi ulang, maka tidak perlu banyak dikhawatirkan kalau hanya dipakai untuk absensi, karena walaupun bisa diregistrasi lebih dari satu kali, maka saat verifikasi (saat proses absen) cukup sulit untuk dengan sengaja memunculkan ID tertentu. Saya kira karyawan yang diregistrasi ulang tersebut malah rugi, karena bisa jadi saat scan malah muncul nama temannya.

  50. Maaf Mau tanya, kenapa di komputer saya data fingerprintnya di laporan tidak muncul tanggalnya ?
    FP saya Primatech, dalam departemen saya buat 2 sub yaitu A dan B, di sub A tanggalnya hilang satu yaitu tgl 6 desember 2016 tp di sub B tidak hilang.
    Mohon penjelasannya untuk memunculkan kembali tgl yang hilang di sub departemen A.
    Terima Kasih.

    1. Dear Pak Choerun,

      Secara umum, Jika ada data absen tidak ditemukan di lapoan, maka penyebabnya ada beberapa :
      1. Memang orangnya tidak scan atau merasa scan padahal gagal
      2. Masalah di mesinnya
      3. Mesin ok tapi saat didownload ada yang tidak ikut terdownload
      4. Sudah Terdownload semua tapi tidak match dengan jadwal karyawan, sehingga tidak tampil dk laporan

      Solusinya :
      1. Tanyai karyawannya pake sumpah pocong hehehe atau kalau ada cctv bisa dicross check
      2. Cek langsung di mesin lewat menu record, tentukan ID dan tanggalnya. Jika tidak ketemu memang scannya gagal
      3. Jika dimesin ketemu, tapi di sofftware tidak ada. didownload lagi pak. Nanti ceknya di software jangan di laporan, tapi di menu record juga atau ada yang menerjemahkannya data presensi.
      4. Jika di menu record sofwtare kelihatan tapi di laporan tidak kelihatan, cek jadwalnya pak, apakah pas tanggal tersebut sesuai.
      5. Jika Bapak masih kesulitan silahkan hubungi kantor (service center) dari penjual mesin bapak terdekat atau hubungi online supportnya di website mereka.

      Jika masih ada yang akan ditanyakan di sini, saya persilahkan

      semoga membantu

  51. mas…saya baru beli mesin finger print solution x105….ketika di nyalakan muncul keterangan ijin admin 1 healting system…itu solusinya gmn ya???

    1. Dear Pak Lukman,

      Pesan tersebut bisa disebabkan hal sebagai berikut :
      1. Dalam mesin Bapak sudah didaftar 1 orang Admin. Admin di sini adalah orang yang berhak untuk mengelola mesin. Biasanya mesin baru, harusnya kosong dan tidak ada isinya. Jika mesin Bapak sudah telanjur ada Admin-nya, maka hanya Admin tersebut yang bisa membuka menu mesin Bapak. Silahkan tanya ke karyawan Bapak yang sudah pernah mendaftarkan Admin tersebut. Jika benar-benar tidak ada yang pernah melakukannya, Bapak harus hubungi toko atau vendor penjual mesin tersebut untuk ditangani, karena itu mesin baru. Sebenarnya kita bisa menghapus admin tersebut lewat software, tapi Bapak harus tahu IP Address dari mesin tersebut. Atau kita bisa buka menggunakan kode tertentu, tapi Saran saya tetap hub penjualnya karena ini mesin baru. Oprek mesin baru bisa menghilangkan garansi.

      2. Sistem mesin error. Untuk ini bapak harus segera hubungi vendor penjualnya pak. Agar segera ditangani, selagi dalam masa garansi.

          1. Halo bu… hehhee

            Silahkan masuk ke departemen bu, trus pilih karyawan nanti keluar dua jendela. Silahkan digeser karyawan yang ada di sebelah kiri ke kanan

  52. halo admin.

    saya punya yg Solution X100-C,
    setiap kita mau absen check-out… setelah menu “check out” dipilih.
    beberapa detik langsung otomatis ganti sendiri ke “check in”.

    apa ada opsi agar ketika pilih opsi “check out”, maka akan ‘stay’ seprti itu.
    jadi biar bisa pilih manual klo mau “check in” lagi.

    saya pingin bisa manual karena kadang karyawan/guru yg absen suka lupa pas pulang,
    langsung ‘tap’ sidik jari tanpa ganti opsi “check in/out” nya.
    alhasil, yg kecatat itu bukan absen pulang.

    kira2 ada solusi gk ya?

    1. Dear Pak Akbar,

      Secara default memang status absensi akan kembali ke check-in.
      Untuk bisa tetap, maka perlu diupdate firmwarenya.
      Lha, untuk update yang “berhak” memberikan adalah vendor dari mesin bersangkutan. Walaupun kami mempunyai updatenya, tapi kami tidak berhak untuk itu itu.
      Jadi silahkan Bapak Hubungi Solution sebagai vendor dari mesin tersebut atau Bapak bisa hubungi tempat dimana Bapak membeli mesin tsb.

      Sebagai tambahan info, bahwa beberapa software absensi sudah tidak tergantung dengan status mesin, karena dengan algoritma tertentu, maka software absensi bisa membedakan antara scan masuk dan scan pulang.

      Semoga membantu

  53. Asalamu alaikum mas min ..
    saya sedang mengalami masalah pada mesin fingerprint dikantor saya, saya kehilangan cd driver nya
    bisakah saya minta tolong anda untuk mengirimkan software drivernya via email ..
    nama mesin nya, FP JM 250 U . EMAIL: minakushiuzunami01@gmail.com
    saya sangat berharap anda dapat membantu saya, terima kasih banyak

  54. Mohon bantuan nya. bagaimana ya caranya untuk menonaktifkan sensor wajah pada mesin solution x601. karena kita hanya menggunakan sensor sidik jari aja.
    terimakasih.

    1. Dear Pak Yanto,

      Maaf terlambat menjawab….. untuk menonaktifkan wajah maka secara mesin yang saya tidak bisa… tapi ada pengaturan yang bisa diset agar mesin mengabaikan wajah jika kualitasnya. Coba masuk menu System>Face>Quality, isikan saja 200. Maka jika kualitas wajah yang terlihat kamera tidak sampai kualitas itu maka akan diabaikan.

      Atau ada cara “ngwawurnya” yaitu ditutup saja kameranya dengan isolasi gelap πŸ™‚

  55. Salam…..
    Maaf…mau tau tanya. Fingerprint saya menggunakan Solution x100-c. Software udh diinstal dari cd driver bawaan sesuai dengan petunjuk, tapi untuk koneksi dengan komputer memakai usb gagal terus. Windowa pake win7,, seting di mesin udah dirubah ke usb tp tetap ga bisa terkoneksi. Mohon solusinya,,,terima kasih..

    1. Malam pak Gani,

      Usb pada mesin tsb Adalah USB to serial. Tdk bisa menggunakan driver USB biasa. Bapak download saja driver ya di prolific.com.tw

      Setelah download, diinstall Dan dicoba lagi.

      Untuk driver bawaannya itu kadang memang trouble terkait dg proteksi dari windows terhadap digital signature.

      Tapi sebenarnya saya heran kenapa bapak tidak pakai koneksi TCP/IP pak yang jaraknya bisa jauh? Bukankah mesin itu mendukung koneksi TSB?

      1. Saya sudah mencoba memakai koneksi tcp/ip dg meengikuti tutorialnya, tp tetap blm bisa konek. Ok pa…saya coba download duku driver usb nya. Mksih sebelumnya…

        1. Pak Gani,

          Kalau TCP/IP tidak perlu driver pak….yang perlu driver hanya yg USB.
          Untuk konek dengan TCP/IP, maka Bapak harus mengatur IP Address mesin dan komputer bapak agar satu segmen / satu klas.
          Misalnya :
          IP Address Komputer Bapak : 192.168.1.100
          Maka :
          IP Address mesin : 192.168.1.xx, xx ini bisa Bapak isi dari 0-254. tapi tidak boleh konflik dengan komputer lain di jaringan yg sama. Misalnya Bapak isi saja 192.168.1.201

          Kemudian yang di software, juga Bapak isi sama dengan IP Address mesin

  56. saya ingin bertanya kenapa tiba2 mesin absensi seri innovation F18 gak ada suaranya
    padahal tidak ada sentuhan fisik dalam hardware nya.

    thanks

    1. dear Pak Bani,

      Hilangnya suara di mesin disebabkan beberapa hal berikut :
      1. Memang disetting agar tidak bunyi
      2. Volume dikecilkan
      3. File suara rusak
      4. Speaker rusak
      5. Chip Audio rusak

      Untuk nomor 1 dan 2 adalah masalah operasional. Silahkan bapak cek di menu System>System>voice atau menu System>System>Volume Bapak pastikan dalam kondisi ON dan volume dalam HIGH
      Untuk nomor 3 adalah problem firmware, bapak tidak bisa memperbaikinya sendiri, harus menghubungi service centre
      untuk nomor 4 dan 5 adalah masalah hadrware, baoak juga harus hubungi servicecenter

      lalu dimana service centre Innovation? bapak bisa menghubungi dimana bapak membeli mesin tersebut.

  57. maaf , saya mau tanya kalau data yang diinginkan tidak bisa diambil kenapa yah ..padahal data yg bulan januari 2017 bisa ..kenapa yg 2016 tidak bisa ..? apa karena sudah pergantian tahun ..lalu solusinya apa ..?terima kasih

  58. kami pake mesin fingerprint solution X401, mesin tidak bisa mengambil data bulan januari 2017, data yang didownload kosang, tapi data untuk tahun 2016 bisa didownload, itu kenapa ya, mohon pencerahannya, terima kasih

    1. Dear Pak Emil,

      Setahu saya data absen di mesin itu disimpan dalam satu file. Jadi Bapak tidak bisa pilih mau download tahun kapan. Ketika bapak download, maka data akan terambil semuanya.
      Jika bapak menemui kasus sepanjang januari data tidak ada, maka kemungkinan adalah :
      1. Data di mesin penuh sehingga tidak bisa menyimpan lagi
      2. Data sebenarnya ada tapi di software tidak ditampilkan karena belum dijadwalkan.

      solusi untuk yang pertama adalah dengan menghapus data absen di mesin. (PENTING : harap jangan dihapus dulu sampai Bapak yakin bahwa benar mesin itu penuh, karena sekali dihapus g bisa balik datanya.

      Solusi untuk yang kedua adalah cek dulu jadwal karyawan bapak, apakah memang diatur sampai akhir 2016? jika iya, maka bisa diperpanjang.

      semoga membantu.

      1. Saya liat mmg utk jadwal karyawan diatur sampe 2016, tp sy kesulitan utk mengatur ulang jadwalnya mas, boleh dipandu kira2 mas bagaimana cara mengatur ulang jadwal karyawannya

          1. Boleh sy minta no wa, soalnya kalau di capture melalui komentar ini ga bs mas,biar fotonya sy kirimkan melalui wa saja, no wa saya 081396862371

  59. misi pak saya mau bertanya
    mesin fingerprint yang saya pakai merk innovation f18 saat saya download record dan user via usb dan saya jalankan di aplikasi attedance management progam. pada saat saya eksekusi di inport the rec from u disk proses menunjukkan 98% ada keterangan nya to value valid itu kenapa ya pak?

      1. iya ada pak. nah di proses record data import to import the rec from u disk pada saat proses nya di angka 98% muncullah keterangan in valid value dan proses aplikasi berjalanan nya jadi not responding. itu kenapa ya pak ?
        terimakasih

  60. dan problem juga pada saat saya print absensi nya itu keterangan time nya gak keluar sama sekali pak. tapi di mesin absensi history record nya ada

    1. Pak Fais,

      Defaultnya software harusnya tidak ada passwordnya, kecuali sudah ditentukan administratornya.
      Jika sudah ditentukan Administratornya, maka default username adalah nama karyawan tersebut dan passwordnya adalah no.idnya

      Misalnya yang ditentukan sebagai administrator adalah andi no.ID 1, maka username : andi, password : 1

  61. Saya secara gak sengaja menghapus nama karyawan melalui menu ’employees’ pada sofrware attendance management. Bgm caranya mengembalikan agar bisa normal kembali? Mhn pencerahannya. Trm ksh

    1. Dear Pak Edi,

      Bapak Edi hanya perlu menambahkannya kembali, bapak tidak perlu khawatir karena data absensinya ada di tabel lain sehingga tidak ikut terhapus.

  62. misi pak, sy punya fingerprint solution x100-c bermasalah di jam dan tanggalnya tidak sesuai..gmn cara settingnya dan apakah klu di reset bs kehilangan data.?

    1. Dear Pak Zeno,

      Di mesin itu ada menu untuk sesuaikan jamnya. Coba dilihat di menu system > datetime atau kalau mesin bapak bahasa indonesia bisa dicari menu yang sesuai dengan menu itu. Bapak bisa langsung sesuaikan dengan jam yang berlaku.

      Tetapi jam itu hanya akan sesuai jika mesin bapak normal, jika tidak, maka jam akan kembali tidak sesuai.
      Jadi jika setelah bapak sesuaikan, terus esok harinya g sesuai lagi, maka ada indikasi battery cmosnya mau habis. harus diganti.

      Untuk reset tidak menghapus data, hanya settingnya akan kembali ke setting pabrik.

      1. Makasih pak, setelah sy setting jamnya lalu sy cabut adaptornya beberapa menit maka jamnya kembali ke setting awal, berarti yg bermasalah batrey cmosnya..

        Klu misalnya ganti batrey apa butuh org ahli atau BS ganti kayak di matherboard desktop, atau mungkin ada solusi atau tips Dr bapak!?..

        1. Dear Pak Zeno,

          Untuk mengganti bbattery tidak diperlukan keahlian khusus, cukup diambil dan diganti yang baru.
          Hanya saja, jika mesin bapak masih garansi, maka membuka mesin bisa berarti menghilangkan garansi. Tapi jika sudah di luar masa garansi bapak bisa membukanya sendiri.

          Tipsnya : Lihat dulu spek batterainya baru dibelikan yang semisal. karena beda fingerprint kadang menggunakan ukuran yang berbeda

  63. selamat pagi pak
    saya punya masalah fingerprint saya menu nya tiba tiba hilang setelah saya reset dan saya masukan data baru, menu yg bilang seperti pengaturan jam, dan beberapa menu lain, serta menu download data, giman cara mengatasi ini pak?

        1. Pak Andre,

          Coba begini:
          1. Buat karyawan baru di software
          2. Beri password
          3. Hak akses sebagai admin
          4. Upload ke mesin
          5. Bapak login pakai akun itu.

          1. Sudah saya buatkan karyawan baru dengan akses supervisor tp di tolak semua yang baru langsung di blokir, apa karena dulu pernah di reset dengan backdoortft ya pak,

          2. Mungkin ini karena di mesin ada beberapa hak akses.
            Nah, salah satu hak akses hanya mengizinkan akses beberapa menu saja.
            Backdoor itu akan mengikuti admin yang terakhir akses

          3. setelah saya coba lagi pak, saya coba masukan kode melalui back door, semua menu yang awalnya tersembunyi sepeti data download seting jam dll. muncul, tapi setiap saya masukan memalui hak ases supervisor masih tetap tidak muncul, ..

            apa mungkin ada setingan mesin yang harus saya rubah?

          4. Ada berapa hak akses di mesin pak?
            Pastikan bapak di level tertinggi, karena kalau di level bawahnya pasti ada menu yang disembunyikan.

          5. Harusnya supervisor yang tertinggi. Tapi setahu saya itu level di software, kalau di mesin biasanya pakai istilah Administrator

  64. selamat siang, saya boleh tanya mesin finger saya solution p201, belakangan ini saya tidak bisa add atau nambah staff baru pada mesin finger nya sendiri. itu kenapa ya??

  65. Saya bmempunyai ceklok solution x100c tapi tdak mau terkoneksi dengan komputer padahal sdh dikoneksikan dgn kabel rj 45, dan di mesin pada saat mau reset password cuman id yg muncul,bgaimana solusinya?

    1. Dear Pak Ansar,

      Mohon diinformasikan IP Address mesin bapak, IP Komputer Bapak dan IP mesin yang ada di software.

      Untuk pertanyaan kedua saya kok kurang jelas maksudnya.

  66. IP address mesin saya 192.168.1.201 saya sudah memasang IP di komputer dengan kelas yg sama, dan untuk pertanyaan kedua masalah id yg terpasword yg dipegang oleh karyawan sebelumnya bgaimana cara mereset sehingga mesin bisa diakses kembali.(admin adalah karyawan sebelumnya yg sudah resign dan masuk ke mesin menggunakan id dan password sidik jari)

    1. Pak Ansar,

      Coba diping dulu pak, apakah reply atau tidak. Jika reply tetapi tetap tidak bisa terkoneksi, maka silahkan cek bagian password koneksi (comm key) baik yang di software maupun yang di mesin. Jika ada isinya silahkan dihapus atau di isi nol.

      Untuk masuk ke dalam mesin yang terpassword :
      Cara 1. Hapus admin pakai software, koneksikan dulu software dengan mesin, di menu pengaturan mesin ada menu untuk hapus administrator mesin
      Cara 2. Masuk menggunakan tool backdoor. Silahkan bapak googling, nanti ketemu tool ini

  67. slmt pagi, Maaf mau tanya saya pake mesin solution x105, nah saya mau download data user k flashdisk tapi tulisannya FD ga kedetect. padahal FD nya juga baru.
    terus misalnya gak pake FD, saya harus pake kabel model apa jika ingin disambungkan ke PC?

    1. Dear Bu Meyla,

      Untuk setiap problem, langkah pertama ibu bisa hubungi service center dari produk bersangkutan. Silahkan ibu buka-buka paket pembelian mesin itu dan dicari contactnya. Vendor yang baik akan menyertakan informasi tersebut. Karena setiap problem, maka yang paling expert adalah yang mengeluarkan produk tersebut.

      OK, untuk case ibu. mesin tidak bisa membaca FD, pdhal itu FD baru. Perlu diketahui, mesin absensi sidik jari biasanya menggunakan operating system linux, ucos, RTOS atau yang lain. Setiap OS ada yg namanya kernel yang salah satunya menentukan kompatibilitas terhadap hardware lain. Kenapa FD ibu tidak terbaca pdhal baru, maka kemungkinan OSnya malah tidak kompatible dengan FD baru.

      Solusi :
      1. Format ulang FD ibu ke FAT32
      2. Kalau masih g kebaca, ganti FD ibu ke FD yang agak lama
      3. Kalau masih gagal, bawa ke service center barangkali post USBnya yang rusak
      4. Sementara ibu bisa pakai kabel. Kabelnya yaitu kabel LAN atau kabel jaringan atau kabel UTP atau kabel TCP/IP. banyak namanya. Cara koneksinya silahkan merujuk ke buku pentunjuk mesin tersebut.

      terima kasih

  68. dear admin,
    Mohon info, untuk default user dan password login WEB3.1,
    soalnya ditempat kami, 10 Mesin terhubung dengan Jaringan. dan kami integrasikan dengan Sistem Absensi Milik Kami sendiri (Bukan Aplikasi Bawaan Attended). kami terkendala ketika jaringan mati, dan data tidak ketarik ke aplikasi kami. biasanya kami check manual melalui WebServer di MEsin tsb. karena lebih mudah melihat recordnya dan ringan dibanding, dengan menggunakan Attended Management.
    di Versi, Web3.0 Alhamdulillah tidak terkendala, sampai ketika ada mesin kami yang mati, kami ganti yang baru, ternyata sudah menggunakan Web3.1, untuk itu kami mohon bantuanya.
    kalau ada info bisa diemail ke kami di : alan@walisongo.ac.id . Terimakasih

    1. Dear Pak Budi,

      Untuk melakukan downgrade dari versi 3.1 ke versi 3.0, maka diperlukan update firmware. Dan itu hanya bisa dilakukan di showroom mesin bersangkutan.
      Bisa diinformasikan, bapak pakai mesin apa?

        1. Pak Budi,

          Untuk upgrade firmware bapak perlu hubungi vendor masing-masing.
          Untuk solution silahkan ketik di google nama mesin itu dan nanti bapak ketemu dengan website solution. Ada kontak whatsapp di website tesb
          Begitu juga dengan mbio ada websitenya. di website tsb juga ada kontak BBM dan WA.

          Silahkan bapak hubungi mereka.

    2. Pak Budi,
      mohon maaf komen Anda masuk spam hehehe
      Untuk login web.3.1 bapak bisa menggunakan admin dari mesin
      Misalnya Admin mesin bapak IDnya : 10 dan passwordnya : 1234
      maka login web 3.1 itu sama, yaitu username : 10, pwd : 1234

  69. siang pak…

    kami menggunakan U-1600 software att2008, bermaksud instal pada PC lain karena yang lama sudah lemot.
    setelah kami instal dan masukan database, kami lakukan “download absensi karyawan” namun hasilnya ada karyawan yg tidak muncul “namanya” (yg muncul di nama adalah ID).
    gimana solusinya pak?

    tq

    1. Bapak Jay,

      Kalau mau install ulang, databasenya dibackup dulu.

      lalu install di PC lain

      Lalu restore

      Kalau nama tidak muncul, berarti bapak salah menggunakan database.

      Jika bapak menggunakan windows 7 ke atas, kadang database tidak dismpan di folder att2008 tapi di virtual store.

      Jadi kalau bapak ingin data seperti yang lama, bapak cari dulu database bapak yang lama itu

      1. ini sudah pakai database yg lama pak……

        cuma ada sebagian karyawan yang namanya gak muncul, di kolom nama muncul ID (mungkin sktr 12 orang)

  70. slmat siang min,
    mau nanya masalah jam lembur pada absen sidik jari, kok hasil yang saya download ga real dengan data scan nya ya, contohnya gini nama A scan masuk jm 08.12 (toleransi terlambat di atur 30 menit) dan scan pulang jm 20.13 di jam lembur cuma dihitung satu jam, padahal jadwal tempat saya kerja di buat 08.00 pulang jam 17.00, dan yang saya bingung rata samua karyawan jam lemburnya 1 jam (01.00) padahal kadang kalau dilihat dari hasil scannya ada yang lembur sampai 3 jam an gitu, kira2 apa yang salah ya min?

    1. Siang Bu Heni,

      Ibu pakai mesin apa dan pakai software apa?

      Setiap merk mesin dan software punya aturan dan langkah operasional yang berbeda

  71. Selamat siang admin
    saya ada kendala di mesin absensi semua jari karyawan tidak terdetek sama mesin tapi karyawan yang baru di daptarkan terdetek itu masalahnya di mana yh ?
    admin juga tidak bisa terdetek ?
    merk mesinnya Magic Plus 5100.

  72. selamat siang….
    saya punya mesin fingerprint untuk pintu, tipe x300, sebelumnya log full beberapa hari tapi berfungsi dengan normal, maksud hati pingin reset malah hang, cuma sampai tampil di logo saja! terus ga bisa lagi ngapa2in, yg punya solusi tolong ya…….??
    makasih…!!!

    1. Sdr Tia,

      Untuk mesin hitam putih itu kadang kalau full dia hang seperti itu. Kalau sudah telanjur hang, maka harus dihapus file attlog yang ada dalam mesin. Tapi caranya agak rumit dan lebih baik ditangani Teknisi dari Vendor tsb. Karena untuk hapus data tsb butuh akses telnet ke dalam mesin yang syarat utamanya harus tahu password masuknya. Jadi, silahkan bapak/ibu hubungi teknisi vendor mesin bersangkutan.

  73. Selamat Siang, Mhn bantuan dan solusinnya Mas,Bagaimana cara seting nya agar karyawan yang tidak masuk kerja tetap muncul namanya di menu “LAPORAN DAN KALKULASI TRANSAKSI”…? soalnya sekarang,karyawan yang tidak absen / tidak masuk kerja,namanya tidak muncul di menu “LAPORAN DAN KALKULASI TRANSAKSI” sehingga terpaksa harus ngecek manual karyawan yang tidak masuk tersebut.
    Saya pakai mesin absen SOLUTION X100-C

    Solusi sangat kami harapkan,Terima kasih sebelumnya…

    1. Pak Yusup,

      Jika bapak menggunakan jadwal otomatis, maka sepanjang yang saya tahu, software solution itu memang tidak bisa menampilkan karyawan yang tidak masuk. Solusinya pakai jadwal manual tapi itu akan merepotkan bapak jika banyak karyawan yang tukar shift. Silahkan bapak hubungi teknisi solution barangkali ada update softwarenya.

      setahu saya software dari fingerspot atau fingerplus bisa menampilkan karyawan yang tidak masuk walaupun menggunakan schedule otomatis.

  74. Maap mas.mo nanya..bisa gak 14 mesin finger terkoneksi dengan 1 komputer server..dimana server trsebut menjadi pusat database finger.misal. karyawan dapat absen di finger mana saja sehingga datanya dpt masuk ke server..kira2 setingannya gimana yah? fingerprint yg d gunakan Secure Se-21c.Mohon bantuannya..terima kasih

    1. Dear Drainii,

      – Jika mesinnya ada di lokasi berdekatan yang bisa dijangkau jaringan lokal, maka hal itu akan mudah. Tinggalkan tarik kabel jaringan ke semua mesin dan dikoneksikan ke komputer dimana software berada.

      – Jika mesinnya berada di luar jaringan lokal, maka :
      a. Bisa dipakai teknik port forwarding
      b. Bisa pakai jaringan khusus seperti VPN
      c. Bisa pakai teknologi absensi online / cloud

      untuk detail teknis, maka diperlukan banyak informasi termasuk kondisi jaringan di tempat bapak

      1. jaringan yang saya gunakan local aja mas, 2 gedung terhubung dengan jaringan LAN dengan menggunakan 2 switch. sinkronisasi datanya gimana yah?? maaf mas,boleh minta emailnya gak? saya mau konsul lebih spesifik via email..terima kasih, mohon bantuannya

        1. Pak Drainii,

          kalau cuma jaringan lokal, tinggal setting saja ip address yang beda-beda di mesin. yang di software tinggal dientry ip-ip tsb. Sudah gitu saja wis jadi satu database.

          1. ok saya ngerti,,tpi gimana caranya misal klo saya absen di mesin finger ruangan A, tpi data sidik jari saya ada di mesin finger ruangan B, apakah data sidik jari saya akan terbaca? mksudnya jika saya melakukan absen di ruangan mana saja, data finger saya akan masuk ke database sehingga saya terhitung melakukan absensi???
            apakah saya harus mengupload semua data finger sy ke semua mesin ato ada solusi lain?

            tahap yang ini masih saya bingung,,mohon pencerahannya

          2. Solusi paling mudah memang :
            – Backup dulu semua data dari mesin, simpan baik-2
            – download semua data karyawan dari semua mesin ke database
            – lalu upload semua karyawan ke semua mesin sehingga data di semua mesin sama

            Hal ini dilakukan dengan catatan kapasitas mesin Anda muat untuk data dari semua mesin. Jika tidak, maka tidak bisa dilakukan.
            Setahu saya jenis mesin bapak adalah tipe standalone, yakni menyimpan sidik jari di dalam memori mesin, bukan tipe PC-Based yang menyimpan sidik jari di dalam komputer. Sehingga bapak tidak bisa hanya menyimpan di komputer dan scan di mesin. Tapi semua sidik jari harus ada di memori mesin.

            Solusi lain yang lebih susah adalah dengan menggunakan mifare card. Data sidik jari disimpan di dalam kartu masing-2 karyawan. Jadi di mesin bisa dikosongi. Saat scan, karyawan harus bawa kartunya dan ditempel ke mesin, nanti karyawan diminta scan.

            syaratnya :
            – mesin bapak support kartu mifare dan modul pembacanya.

            Solusi lain adalah menggunakan controller. Semua sidik jari disimpan di controller, sedangkan mesin hanya sebagai pembaca saja.

            Syaratnya : mesin bapak harus support akses kontrol dan wiegand atau RS485

          3. makasih pencerahannya mas,,kapasitas mesin yg saya gunakan 1800 sidik jari…
            mungkin beresiko yah mas,,

            klo mesin finger yg bisa mengatasi masalah sesuai dengan permasalahan sy, kira2 ada gak mas??
            plus diminta data absensinya real time,jdi admin finger ga usah repot2 tarik data dari mesin

          4. Mas Drainii,

            1800 itu angka yang relatif. Kalau mesin anda dilengkapi CPU dengan speed di 400MHz ke bawah, maka akan terasa lemot.
            Tapi kalau sudah 600Mhz ke atas, maka tidak akan terasa.

            Di pasaran sudah banyak mesin dengan kapasitas besar. Punya fingerspot misalnya ada yang bisa tampung 50.000 sidik jari bahkan ada yang 100.000 sidik jari.

            Soal realtime itu sudah lazim ada di software absensi. Jadi kalau software masnya saat ini belum bisa perlu dilakukan pembaharuan.

  75. Pak saya mau tanya mengapa saat mau melihat menu tidak kluar,sudah tekan m lamaan tapi langsung ke record. Tolong bantuan nya trims

    1. Bu Yessica,

      Dicoba lagi bu…
      kalau langsung ke menu record itu karena ada yang habis scan. itu memang fitur mesin, namanya self service query. Kalau pada mesin fingerspot biasanya pakai tombol OK

  76. Mlm Admin…
    Maaf sy mw tx..bgm caranya mengganti sidik jari pegawai yg tdk terbaca d finjerprin soalx dicoba2 tetap tdk bisa..mohon penjelasanx.sy menggunakan Solution X100-C,

    1. Pagi bu hehehe,

      Ibu masuk menu dan cari menu user atau karyawan. cari lagi menu manage, klik dan tampil daftar karyawan. Tekan tombol M nanti ada search, cari karyawan yang akan diganti lalu tekan ok. ntar muncul halaman edit bu. di sono ibu sudah bisa ganti sidik jarinya.

      lebih detail ibu baca buku panduannya.

  77. permisi pak saya mau tanya,saya menggunakan finger print p206,port untuk mengkoneksikannya dengan komputer hanya ada via usb,kebetutan dr mesin absen kekomputer untuk konek ke mesin absen skitar 17 meter,bagaimana jika saya panjangkan kabel usbnya?
    berapa maksimal panjang kabel usb dari mesin absen ke komputer via kabel usb?
    terimakasih sblmnya atas pencerahannya

    1. Saran saya bapak pakai USB Flashdisk saja untuk tarik datanya.
      Secara teori kabel USb hanya bisa 2- 3 meter untuk USB 2.0

      “In practice, the USB specification limits the length of a cable between full speed devices to 5 meters (a little under 16 feet 5 inches). For a low speed device the limit is 3 meters (9 feet 10 inches)”

      Jika bapak tetap mau pakai kabel, maka pilih mesin absensi yang pakai LAN.

  78. maaf pak mau tanya lagi,,,kan saya pake mesin finger secure ip color, dan software pengolah absennya menggunakan time attendance..

    aturan di kantor saya absennya 4 kali sehari untuk semua karyawan :
    Hari senin-kamis : Absen 1 : 07.30- 12.00 , lalu absen absen 13.00-16.00
    Hari Jumat : Absen 1 : 07.00- 11.30 , lalu absen 13.30-16.00

    itu setingan absennya di softwarenya gimana yah??
    biar klo cetak report datanya kebaca recordnya 4 kali absen dalam sehari..
    mohon bantuannya pak

    1. Sorry pak Drainii,

      saya lama g online….untuk software secure saya kok kurang tahu, bisa dicapturekan gambarnya untuk saya?

        1. hahaha g pernah pegang, cuma pernah lihat software ini dipakai di merk Magic juga.
          di bukunya mungkin ada petunjuk pak. Yang saya pernah pegang punya fingerspot dan solution

  79. Min, mau nanya mengapa pada mesin absen untuk jam masuk yang sama contoh tanggal 3/4/2017 08.35 terrecord double sebagai A dan D (datang dan pulang)?? Seharusnya tidak ada D kan
    Mohon pencerahannya min.
    Terima kasih

  80. Mas mau tanya kalo kita hapus data absensi keseluruhan misal dari tahun 2012-2017 apakah kita akan membuat ulang data karyawan lagi di mesin finger tsb ? Soalnya pas mau di download data itu lemot banget bisa seharian.. mungkin apa karena kebanyakan data absensi ya mas??

    1. Dear Pak,

      Sepanjang mesin absensi yang saya tahu, SELALU mempunyai menu hapus yang berbeda. Jadi ada hapus karyawan saja, hapus data absen saja dan ada hapus semua.
      Bapak silahkan cari hapus data absen saja. Apa menunya? Bapak yang lebih hafal mesin bapak, karena bapak tidak infokan tipenya

  81. admin mohon bantuannya..
    ini saat saya transaksi di finger af 402 kok hnya muncul normalisasi.. yng kalkulasi mesti kosong bgaimana ya?

  82. admin mohon bantuanya..
    finger print lembaga saya merk solution tp type berapa kurang tau. tiap batreine habis ip adress otomatis reset yang menyebabkan tidak bisa conect pc. sementara mau ngisi manual tidak bisa karena terkunci admin yang dulu. mohon bantuannya barang kali ada smart solusi untuk ngisi IP adress mesinya saja. terimakasih.

    1. Silahkan Pak Farid googling cara bobol mesin absensi, ada beberapa yang share caranya. Saya tidak bisa share di sini.
      Kemudian masalah baterai, kelihatannya tidak hanya baterai backup yang trouble, tapi juga baterai cmosnya, sehingga ketika baterai habis, maka jam dan setting lain ikut reset. langkah paling enak dibawa di service center untuk diganti baterai cmosnya. karena kalau tidak, akan terjadi hal yang sama terus

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *