Identifikasi Sidik Jari Untuk Absensi

Sidik jari, dalam bahasa Inggris disebut “Fingerprint” biasanya berbentuk garis-garis horizontal dan vertical atau gabungan keduanya dan juga ada bentuk lengkungan-lengkungan. Seluruh manusia di dunia diciptakan dengan sidik jari yang berbeda satu sama lainnya. Karena itu, setiap sidik jari digunakan untuk mengidentifikasi setiap manusia.Karena keunikannya itulah, sidik jari saat ini sering digunakan untuk memonitor kehadiran seseorang di sebuah kantor atau mungkin sekolah. Dengan mesin absensi sidik jari maka kemungkinan adanya penitipan absent maupun manipulasi data dapat diminimalisir.

Mesin absensi sidik jari kebanyakan dikenal Fingerprint atau Fingerspot dan masih banyak lagi dalam penyebutanya. Mesin absensi sidik jari adalah mesin yang digunakan untuk mendata kehadiran dengan menggunakan sensor yang dapat membaca garis atau image sidik unik.

Menggunakan identifikasi sidik jari untuk absensi suatu pilihan yang tepat dibanding yang lain. Berikut ini sekerumit dari kami akan menjelaskan beberapa faktor mengapa memilih absensi menggunakan mesin absenis sidik jari sebagai pilihan yang tepat dengan berbagai keunggulanya.

1. Kenyamanan
Dimulai dari registrasi yang simple, karyawan tidak perlu repot membawa kartu karyawan maupun kertas atau kartu. Setiap karyawan tidak akan lupa membawa alat absensinya atau jari yang telah di registrasi. Dalam berabsensi kita tidak pelu menekan password atau pin yang merepotkan. Yang kita lakukan hanya menaruh jari kita tepat diatas sensor sidik jari. Atau tinggal “Place Finger!”


2. Keamanan

Dengan menggunakan absensi sidik jari tingkat keamanan sangat tinggi dikarenakan setiap sidik jari setiap pengguna berbeda-beda atau unik. Jadi pengguna tidak bisa saling menitipkan absensi seperti yang dilakukan ketika kita menggunakan absensi tanda tangan, amano atau menggunakan kartu.

3. Efektivitas Waktu
Lihatlah perubahan pertama ketika perusahaan anda menggunakan absensi sidik jari. Karyawan atau pengguna akan datang lebih tepat waktu beda dengan hari sebelum menggunakan absensi sidik jari. Dalam penggunaan absensi lebih cepat dari pada amano, barcode apalagi tanda tangan manual. Absensi sidik jari pada umumnya mempunyai kecepatan pambacaan <= 0.5 detik.Absensi sidik jari mempunyai tingkat akurasi yang tinggi. Dalam pendataan dapat terpusat dalam satu database. Dengan mesin absensi sidik jari data dapat terpusat walau diluar kota tanpa menunggu terlalu lama karena dalam pembuatan laporan kita tidak perlu repot merekap manual satu persatu. Semuanya bisa di bilang “Just Click!”. Dengan faktor ini kita bisa meningkatkan produktifitas berdasarkan kedisiplinan.

4. Efisiensi Biaya
Absensi sidik jari lebih efisien jika dibandingkan dengan identifikasi dengan suara maupun retina mata. atau dengan amano yang setiap bulanya harus mengeluarkan biaya membeli kertas, tinta maupun maintenance yang repot. Dengan mesin absensi sidik jari juga dapat mengurangi kecurangan jam kerja yang bisa saja membuat bangkrut perusahaan anda. Bahkan dewasa ini perusahaan yang sudah menggunakan absensi sidik jari mereka memperkerjakan bagian penggajian atau HRD yang jumlahnya 1-2 orang. Jadi selain mengefisiensi biaya perawatan , pemakaian juga mengefisiensi dalam pengeluaran penggajian setiap bulannya. Silahkan di perhitungkan.

5. Investasi Terjangkau
Dibandingkan harga absensi amano maupun card, barcode, harga absensi sidik jari lebih murah. Bahkan absensi sidik jari pada akhir-akhir ini berkisar dibawah 2 juta pun ada. Tetapi harga juga bermacam –macam sesuai viturnya.
Dengan beberapa faktor tersebut mesin absensi sidik jari jauh lebih sesuai untuk berbagai perusahaan, instansi, sekolah atau kampus dsb. Tapi perlu berhati-hati pula dalam memilih mesin absensi. Berikutnya kita akan membahas bagaimana memilih absensi sidik jari yang sesuai dan baik.

 

9 thoughts on “Identifikasi Sidik Jari Untuk Absensi”

  1. saya tertarik sekali dengan topik sidik jari ini…
    boleh minta ga source code di visual basic yang sederhana tentang bagaimana komputer membaca dua sample sidik jari dari orang yang sama itu adalah sama / identik / berasal dari jari yang sama.
    terima kasih bantuannya………

    1. Terima kasih Bapak Farid,
      Untuk membedakan dua sidik jari identik atau sama disebut sebagai proses verifikasi. berikut ini untuk sample code saat verifikasi sidik jari setelah pendaftaran jari.

      Verification.FPVerification

      Selanjutnya untuk lebih detailnya Bapak Farid bisa bertanya langsung dengan rekan customer support di Website http://www.fingerspot.com. Bapak Farid bisa bertanya mengenai detail paket produk Fingerspot Easy Touch SDK. Terima kasih.

  2. Mau tanya nih…aku pake Easy Touch U are U 4000/4500. Mau tanya tanya sample code verifikasi sidik jari pake visual basic 6.0 biar kalo saat verifikasi bisa keluar NIP, Nama, dsb gitu…Karena aku dah coba saat verifikasi cuma keluar ID sidik jari doang…
    Makasih.

    1. Untuk sourche code verifikasi, Bapak Riko bisa memeriksa pada manual SDK tersebut. Apabila masih ada pertanyaan mengenai SDK tersebut Bapak Riko bisa bertanya langsung dengan tim support Finger spot di website Mesin Absensi Sidik Jari dan SDK Fingerspot

  3. saya nubie ni, ada tutorial lengkap untuk buat program sidik jari ngggak? saya ingin mempelajari lebih lanjut ni. terima kasih 🙂

  4. kalau untuk kantor yg jumlah karyawannya sekitar 35 orang, mesin sidik jari yg cocok yg seperti apa ya? kalau bisa yg budgetnya untuk anak kuliahan. terima kasih 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *