6 Kelebihan mesin absensi biometrik fingerprint

Mesin absensi merupakan alat yang digunakan untuk mencatat kehadiran. Namun, seiring perkembangan zaman mesin absensi manual perlahan tergantikan dengan mesin absensi yang dilengkapi teknologi biometrik terutama fingerprint. Yang dimaksud biometrik adalah metode untuk mengidentifikasi atau mengenali seseorang berdasarkan karakter unik fisik dan perilaku manusia yang membuatnya berbeda dengan manusia lain. Inilah yang disebut identitas diri dan menjadi dasar timbulnya gagasan untuk membuat mesin absensi berteknologi biometrik. Biometrik meliputi pengidentifikasian dari bagian tubuh manusia seperti sidik jari, wajah, telapak tangan, suara, bentuk tubuh serta retina mata.

Berbeda dengan mesin absensi manual yang masih menggunakan kartu, mesin absensi berteknologi biometrik jelas lebih unggul. Bahkan, kini sangat digemari dan banyak digunakan di instansi, perusahaan, sekolah, universitas, gedung, dan perumahan. Lalu, apa saja kelebihannya? Berikut kami ulas kelebihan mesin absensi biometrik khususnya mesin absensi fingerprint di bawah ini.


1. Hemat kertas, biaya operasional, waktu, dan tenaga

Dengan menggunakan mesin absensi biometrik maka Anda dapat menghemat kertas, biaya operasional, waktu dan tenaga. Tidak perlu mencetak kartu kehadiran dan cukup daftarkan data karyawan dan sidik jari karyawan pada mesin absensi. Setelah terdaftar maka karyawan dapat melakukan scan atau pindai sidik jari di atas sensor yang ada di mesin absensi.

2. Menekan tindakan indisipliner
Mesin absensi biometrik dapat mengidentifikasi kehadiran karyawan berdasarkan sidik jari (fingerprint) dan wajah sehingga dapat mengatasi terjadinya kecurangan seperti titip absen dan terpacu untuk lebih disiplin.

3. Pengolahan data laporan lebih mudah dan akurat
Adanya mesin absensi biometrik dapat memudahkan tim HRD mengolah data laporan lebih mudah dan akurat. Scan sidik jari maupun wajah dari karyawan akan langsung tersimpan di mesin absensi dan dapat diolah menjadi laporan yang lebih detail serta lengkap di Aplikasi absensi.

4. Lebih Aman
Selain lebih hemat kertas, biaya operasional, waktu, dan tenaga, mesin absensi biometrik tergolong sangat aman. Karena data kehadiran dari mesin absensi yang diunduh via flashdisk akan terenkripsi secara otomatis atau berubah menjadi kode-kode yang rumit untuk mencegah terjadinya kasus manipulasi data. Data yang berupa kode-kode ini hanya dapat dibuka di aplikasi absensi tertentu. Mesin absensi juga bisa diatur hak akses menunya agar hanya admin yang bertanggung jawab yang dapat mengakses menu yang ada di dalam mesin absensi.

5. Untuk Akses Kontrol Pintu
Mesin absensi biometrik juga dapat digunakan untuk akses kontrol pintu. Cara kerjanya sama dengan mesin absensi biometrik. Jadi, saat karyawan melakukan verifikasi pada mesin absensi yang terhubung dengan akses kontrol pintu maka mesin absensi akan mengirimkan sinyal ke alat akses kontrol pintu untuk membuka atau menutup door lock.

6. Terhubung dengan Cloud
Bila perusahaan terhubung dengan banyak kantor cabang, Anda dapat memanfaatkan layanan cloud. Layanan cloud ini berguna untuk menyimpan data kehadiran di berbagai lokasi kantor cabang secara otomatis sehingga bisa dipantau dalam satu komputer.

Dengan mengetahui 6 keunggulan mesin absensi biometrik, Anda dapat mempertimbangkan menggunakan mesin absensi fingerprint yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *