Absensi sidik jari online dengan teknologi Cloud

absensi sidik jari onlineMeskipun pasar untuk sistem Biometrik khususnya teknologi sidik jari terus berkembang, penyebaran secara luas untuk sistem ini masih menghadapi banyak kendala. Salah satu masalah yang telah lama dihadapi adalah mencapai kemampuan operasional dalam skala besar. Di sinilah komputasi cloud dapat sangat membantu biometrik.

Adopsi besar-besaran biometrik hanya dapat dicapai ketika menembus sektor industri untuk usaha kecil dan menengah (UKM). Masalahnya adalah, sementara perusahaan besar dengan budget yang juga besar dapat mengatur dan mengelola infrastrukturnya mereka sendiri, UKM tidak mampu untuk melakukannya. Mereka membutuhkan sesuatu yang terjangkau sesuai skala ekonominya dan hanya membayar yang digunakan. Cloud-lah solusi yang cocok.

Memicu inovasi dengan skala ekonomi

Agar teknologi biometrik dapat sukses di tingkat lebih tinggi, kecanggihan layanan biometrik dari ujung ke ujung harus tersedia dengan biaya yang minimal, bahkan untuk perusahaan kecil.

Sebagai contoh, jika pencatatan kehadiran (sistem absensi) dalam sebuah perusahaan kecil dilakukan dengan bantuan sensor sidik jari, maka untuk memeroleh apapun berdasar kehadiran tersebut harus bisa dilakukan dengan mudah hanya dengan beberapa klik. Termasuk penghitungan gaji bulanan secara otomatis, slip pembayaran otomatis, dan segudang hal-hal lainnya. Untuk klien skala kecil sampai menengah hanya mungkin dapat dilakukan menggunakan software berbasis cloud.

Sebuah layanan absensi online menggunakan software berbasis cloud (fingerspot cloud misalnya) dapat merekam dan menganalisis data sehubungan dengan berbagai parameter yang telah ditetapkan dan memberikan hasil yang instan. Dengan cara ini, data dari berbagai pabrik, instansi dan organisasi dapat dikumpulkan. Hal ini pada akhirnya membawa lebih banyak solusi yang lebih baik dari waktu ke waktu.
Pencapaian tersebut tidak mungkin diraih oleh sebuah perusahaan mandiri skala kecil atau menengah.

Hemat Biaya

Jika Anda ingin mendapatkan semua hal yang dapat dicapai oleh penyedia jasa cloud seperti fingerspot cloud service, Anda perlu menyiapkan infrastruktur sendiri dan membuat software Anda sendiri, tetapi mahal. Tim pengembang (software developer) yang Anda miliki akan dihadapkan pada sejumlah masalah. Hal tersebut pasti akan memengaruhi kualitas hasil yang diperoleh. Fingerspot cloud akan menggantikan peran pengembang dan berbagai masalah yang dihadapi dapat terselesaikan. Oleh karena itu, tidak hanya dapat menghemat banyak uang, tetapi Anda juga akan mendapatkan layanan yang lebih baik dengan sistem biometrik berbasis cloud.

Dengan sistem berbasis cloud, Anda akan menghemat uang yang digunakan untuk perbaikan komponen, seperti server, database, dan pusat data. Bagian lainnya yang mungkin termasuk adalah pemeliharaan server, tagihan listrik, dan gaji. Benar-benar penghematan yang besar!

Fleksibilitas dalam memantau karyawan

Setiap orang dapat mengakses server cloud mereka di mana pun menggunakan internet dan web-browser. Anda juga dapat mengakses melalui smartphone. Tidak masalah lagi dimana lokasi usaha Anda. Tidak masalah lagi dimana Anda sekarang. Anda tetap dapat memantau kapanpun dan dimanapun.

Jika Anda memiliki tim pengembang kecil, Anda bisa memanfaatkan API SDK yang disediakan untuk mengintegrasikan dengan sistem Anda sendiri.

Juga, jika Anda ingin benar-benar membangun manajemen kehadiran berbasis cloud Anda sendiri, menyimpan data di server Anda sendiri, maka
tersedia Kitaserver. Aplikasi ini akan mengatur pengiriman data dari alat secara otomatis. Tim Anda tinggal membuat apa yang Anda butuhkan untuk perusahaan Anda.

Simpulan

Teknologi Cloud telah mengubah banyak hal, begitu juga dalam dunia biometrika khususnya sidik jari. Memanfaatkan teknologi ini menjadi suatu yang niscaya di masa ini.

5 thoughts on “Absensi sidik jari online dengan teknologi Cloud”

  1. Ass Admin, Bagaiman Cara Merestore Data Sidik Jari yang Telah Terhapus Permanen di Mesin Solution X100C? Mohon Bantuannya Terima Kasih

    1. Waalaykum salam Bu Fanny,

      Mohon maaf, setahu saya data yan sudah dihapus tidak bisa dikembalikan. Kecuali kalau mesin Ibu pakai platform baru misalnya ZMM100, ada fitur backup.

  2. Selamat malam pak saya menggunakan Software attdance dg mesin X601 dan ketika sy akses Software sy ingin klik laporan keluar error “Unsupported RFR format” dan ketika sy klik ok “there is ni defult printer currently selected” kok bsa seperti ini ya pak? Makasih pak

    1. Pak Ruben,

      sebenarnya saya tidak tahu persis problem tersebut. Kalau bapak mau tahu secara detail bisa tanya ke teknisi solution di websitenya.
      dari pesan error tsb mungkin kira-2 yang problem ada pada file report bapak. Solusi paling mudah adalah bapak backup database bapak lalu lakukan install ulang. Jika masih error maka ada kemungkinan problem pada printer yang belum diinstall

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *