Masalah umum mesin absensi sidik jari (fingerprint) dan solusinya Bagian 2

masalah umum mesin absensi sidik jari

Menyambung posting pada tahun 2012, tentang mesin absensi fingerprint, masalah dan solusinya. Kali ini kita sambung lagi tentang masalah umum mesin absensi sidik jari. Tapi sebelumnya saya ringkaskan masalah yang terjadi di posting sebelumnya, yaitu :
1. Identifikasi Sensor Lambat
2. Hang Macet
3. Tidak Menerima Scan
4. Jam dan Tanggal Tidak Sesuai
5. Tidak Bisa Terkoneksi dengan Komputer
Silahkan yang mau baca lengkapnya di link berikut :
http://sidik-jari.com/mesin-absensi-fingerprint-masalah-dan-solusinya.html/

Sekarang kita lanjut pada masalah umum mesin absensi sidik jari yang lain, tapi yang saya ingat saja…

1. Tidak tahu cara menggunakan mesin absensinya
Ya, mesin absensi fingerprint bukan termasuk alat yang sehari-hari digunakan oleh masyarakat. Tidak sama dengan televisi atau smartphone yang bisa digunakan tanpa harus membaca panduannya. Butuh pengetahuan dan panduan untuk mengoperasikan alat ini sehingga dapat berfungsi dengan baik.

Saat ini masih banyak yang sudah membeli alat ini tapi tidak tahu cara menggunakannya. Jangankan hal yang rumit, kadang hanya cara absen saja tidak tahu caranya. Misalnya Bagaimana cara absen menggunakan password (kode) jika sidik jari sedang bermasalah?.
Pun ada yang tahu tapi tidak bisa maksimal. Sehingga kadang-kadang akhirnya tidak dipakai sama sekali. Sayang sekali.

Untuk itu pada saat membeli mesin sidik jari, jangan dilihat hanya harga murahnya saja. Harga yang murah kadang tidak disertai dengan panduan yang memadai, sehingga yang terjadi adalah seperti gambaran di atas.

Pilihlah mesin yang minimal mempunyai buku panduan (user guide). Syukur-syukur jika dilengkapi panduan singkat, video penggunaan, fasilitas training gratis maupun konsultasi baik dalam dunia nyata maupun dunia maya (online)

2. Karyawan sudah scan, tapi tidak muncul di laporan
Hal ini sering terjadi.
Karyawan Anda sudah merasa scan, tapi di laporan absensinya dianggap tidak masuk alias alpha. Apa penyebabnya :

a. Memang karyawannya tidak scan atau sebenarnya scannya gagal tapi tidak sadar
Cara mengetahuinya dengan cek langsung di mesin. Mesin absensi fingerprint mempunyai menu untuk memeriksa scan di mesin. Cek data scan di mesin ini bisa dilakukan oleh administrator mesin dan juga dapat dilakukan oleh karyawan itu sendiri. Untuk Langkah pengecekannya bisa berbeda tiap tipe mesin. Biasanya ada dalam menu “Log” atau “Record”. Silahkan dicari menu tersebut. Di dalam menu ini Anda bisa melihat data scan per karyawan atau semua karyawan. Anda juga bisa melihat data pada tanggal-tanggal tertentu saja.

b. Data belum ditarik / terkirim ke software
Bagi penggunakan koneksi konvensional, maka data scan “wajib” didownload ke software, tidak bisa langsung terkirim ke software dengan sendirinya. Data belum terdownload bisa terjadi karena faktor lupa. Atau bisa juga karena gagal download. Untuk itu jadwalkan untuk download secara rutin. Atau pilih software yang ada fasilitas download terjadwal.
Tapi bagi yang sudah menggunakan teknologi cloud, Anda bisa lebih tenang karena data otomatis akan terkirim ke server lewat internet. Jika internet Anda mati, maka data scan atau dikirim saat internet aktif.

c. Data scan sudah didownload tapi karyawan belum diberi jadwal kerja
Laporan absensi karyawan dihitung berdasarkan jam kerjanya serta mengikuti aturan umum absensi. Jika karyawan belum diberi jam kerja, maka scannya tidak bisa dihitung oleh software dan akhirnya dianggap tidak masuk dan tidak ditampilkan. Solusinya buat jam kerja terlebih dahulu kemudian jadwalkan ke karyawan bersangkutan.

d. Data di mesin rusak sebagian
Kasus ini jarang terjadi, tapi bisa terjadi ada data yang rusak akibat kejutan, misalnya listrik mati mendadak. Untuk kasus yang seperti sebaiknya diikhlashkan saja. Untuk menghindari kejadian semacam ini, Gunakan backup baterai. Beberapa mesin absensi sudah dilengkapi backup baterai.

3. Tidak bisa akses mesin karena Administrator mesin resign
Mesin absensi karyawan sidik jari dilengkapi dengan hak akses. Hanya administrator yang diizinkan untuk mengakses menu mesin. Nah, masalah terjadi jika administrator mesin Anda resign dan lupa tidak serah terima mesin absensi fingerprint Anda. Jadinya tidak bisa mengakses mesin. Solusinya :

a. Hapus administrator mesin Anda lewat software.
Software absensi dilengkapi dengan fitur ini. Koneksikan mesin Anda dengan kabel LAN atau kabel USB. Kemudian cari menu pengaturan mesin dan hapus Administrator mesin. Fitur ini hanya menghapus hak akses administrator tanpa menghapus data karyawannya.

b. Bawa ke service center
Teknisi service center dilengkapi dengan tool khusus untuk bisa membuka mesin yang terkunci. Serahkan pada mereka. Tidak perlu mencari cara mengakali untuk membobol mesin absensi sidik jari ini.

4. Data di aplikasi hilang karena Install ulang windows
Hal ini terjadi jika terjadi problem dengan sistem Windows di computer. Apakah kena virus atau sebab yang lain dan butuh diinstall ulang. Namun kadang kita lupa tidak membuat backup data absensi kita yang biasanya diinstall di drive C. Setelah diinstall ulang baru sadar datanya hilang. Solusinya bagaimana ?

a. Bagi pengguna mesin absensi berbasis PC seperti U.are.U, maka berdoalah agar data Anda bisa direcovery. Karena absensi jenis ini hanya menyimpan data di PC.

b. Bagi pengguna mesin absensi sidik jari standalone, maka bisa melakukan download ulang dari mesin. Asalkan belum dihapus di mesin.

c. Bagi pengguna teknologi cloud, Anda bisa lebih tenang, karena data Anda aman di server.

d. Disarankan untuk memilih software dengan fasilitas auto backup agar hal ini tidak terjadi.

5. Data scan dari mesin dimanipulasi oleh karyawan
Sebagian mesin absensi tidak mengenkripsi data yang didownload lewat flashdisk. Bagi karyawan yang nakal, maka mereka bisa membuka datanya, diedit baru diserahkan ke HRD. Hal ini tidak menguntungkan. Untuk itu pilihlah mesin yang ada fasilitas enkripsinya.

Masih ada problem lain yang terjadi di lapangan dan banyak variasinya. Pada tahap tertentu, tetap dibutuhkan teknisi dari service center untuk mengatasinya. Untuk itu adanya tim support yang memadai patut dipertimbangkan. Satu lagi… jika kita menganggap data kita lebih berharga daripada hanya sebuah mesin, maka teknologi cloud (absensi online) bisa menjadi pilihannya…..

Jika ada yang ingin ditanyakan seputar masalah umum mesin absensi sidik jari, silahkan menulisnya di kolom komentar di bawah ini….

Iklan

jual absensi fingerprint

236 thoughts on “Masalah umum mesin absensi sidik jari (fingerprint) dan solusinya Bagian 2”

  1. slmat siang,
    Perkenalkan saya zifa , saya mau tanya tentang progam att , kemarin sya mencoba untuk edit data pada kolom “laporan ” – data transaksi karywan tanpa sengaja saya hapus semua tampilan dan menyimpannya , akibatnya saya tidak bisa melihat data transaksi karyawan. tolong bagaimana solusinya agar kembali ke tampilan semula . terima kasih.

    1. Siang Bu Zifa.

      Mohon maaf ibu tidak menyebutkan nama mesin yang Ibu gunakan. Untuk program att sendiri banyak macamnya.
      Cara paling mudah untuk mengembalikan setting laporan yang sudah ibu hapus adalah :
      1. Backup database program tersebut. Kalau menggunakan MS Access tinggal dicopy dan disimpan di tempat lain
      2. Install ulang program tersebut menggunakan file instalasi yang ada di CD mesin ibu.
      3. Kembalikan database ibu yang tadi dicopy.

      maka program ibu akan kembali seperti semula.
      Jika ibu ingin petunjuk lebih detail, silahkan menyebutkan nama mesin dan nama program ibu. Bagus lagi jika ibu bisa menyebutkan versi program ibu.

      semoga membantu

        1. Dear Bu Zifa….

          Sebenarnya ibu bisa langsung kontak ke customer service solution di websitenya.
          Tapi kalau Ibu ingin saya bantu (sebisa saya), minta tolong capture-kan laporan yang ibu maksud. Lalu upload ke sini biar saya bisa lihat http://prnt.sc/. lalu link hasil upload tulis di komentar

          1. pagi mas…
            saya pakai finger print x102 solusion… baru kali ini mengalami kendala , scan berhasil tetapi kadang di mesin / record ngga ada absenya/kosong… terus kalaupun berhasil di komputer tidak muncul hasilnya… padahal settingnya sudah betul

          2. Pagi Pak Fauzi,

            Untuk mengetahui masalahnya ada dimana, maka kita telusuri dari mesin dahulu baru ke software. Karena problem bisa di mesin, bisa saat download, dan problem di softwarenya.

            1. Cek Di mesin
            Bisa dilakukan hal-hal seperti ini :
            – Setelah scan berhasil, tekan tombol menu, maka untuk mesin dengan fitur self service query akan menampilkan data scan karyawan tersebut. Jika tidak ada scan yang baru tersebut, maka lanjutkkan langkah berikutnya :
            – Cek kapasitas mesin apakah sudah penuh, mesin ini kalau tidak salah hanya bisa menyimpan 50.000 data record. Jika penuh mesin tidak bisa menyimpan lagi dan harus dihapus.
            – Cek jam mesin saat scan, kadang mesin absensi jamnya bergeser ke tanggal lama. hal ini disebabkan karena kerusakan sistem RTCnya, baik itu baterainya maupun chip RTC (realtime clock) nya.
            – Bisa juga pakai cara download data scan tersebut menggunakan flashdisk, nanti akan dapat file attlog.dat. Buka file ini dengan excel dan cari scan karyawan yang hilang tadi. Juga cari scan dengan format yang berbeda dengan data lainnya, kadang data scan rusak sebagian karena faktor tertentu.

            Jika dengan cara di atas tidak ditemukan scannya, maka bawa saja pak mesinnya ke service center, karena firmwarenya rusak. Tetapi jika ditemukan datanya, maka problem bisa di software.

            2. Cek si Software
            – Jika scan ditemukan di mesin, maka pastikan download bapak berhasil
            – Saya anggap download berhasil. Cek data scan karyawan di menu Search/Print > Attendance Record, tentukan karyawan yang akan dicek dan tentukan tanggalnya. lalu Search. Maaf pak, saya pakai software berhahasa inggris, jika bapak menggunakan yang berbahasa Indonesia, itu menu Search/Print nomor tiga dari kiri.
            – Jika Scan ditemukan di sini, tapi di laporan tidak muncul, maka Bapak perlu cek kembali pengaturan jam kerja dan jadwal karyawan Bapak.

            Sementara itu, jika ada yang kurang jelas bisa direply
            Terima kasih

  2. Pagi mas..
    Saya menggunakan mesin solution X601, yang mau saya tanya mengenai software att, pada pengaturan jadwal karyawan, dimana jadwal kerja otomatis, pada pilihan jam kerja yang ada terjadi error, sehingga pada laporan tidak tampil scan rentang waktu absensi nya mas.
    terimakasih..

    1. Pagi Pak Jufri,

      Errornya seperti apa pak?
      Biasanya laporan tidak tampil memang disebabkan antara jadwal dan scan yang tidak match.
      Untuk memperbaikinya memang harus mengubah jadwalnya tersebut. Untuk mengetahui letak masalahnya secara persis, harus melihat langsung di programnya. Minimal ada capture errornya. Sulit jika hanya dikira-kira. Bapak bisa screenshot kan errornya untuk saya.

      Untuk bantuan yang lebih valid, Bapak bisa hubungi teknisi Solution langsung di websitenya. Bisa chatting di sana.

      terima kasih

  3. assalamualaikum warahmatullahi wabarakatu pak, mau bertanya permasalahan aplikasi att log , bisa kah laporan detail harian di ubah letak posisinya dan mengganti lembur dengan pengecualian ? terima kasih

    1. Waalaykum salam Pak Jufri,

      Pak Jufri pakai mesin dan software apa pak? beberapa software absensi memang memungkinkan untuk edit laporannya. Caranya tergantung dari software atau komponen yang dipakai laporan tersebut. Jadi mohon informasikan dulu mesin dan software yang dipakai.

      terima kasih

  4. kalau fingerprint yang dan saat data di load menggunakan aplikasi SmartV5 Bio pada saat load di lcd fingeprint selalu muncul tulisan Locked dan di aplikasi SmartV5 Bio muncul tulisan data is empty padahal pada saat test komunikasi sudah berhasil….bagaimana cara mengatasinya gan..??

    1. Dear Elfata,

      Mohon maaf, saya belum pernah tahu tipe mesin ini. jadi belum bisa membantu.
      Silahkan menghubungi service centernya

  5. selamat siang pak, mau bertanya saya menggunakan soft attdance utk absensi, bbrp waktu lalu komputer sempat bermasalah, beruntung sempat mengcopykan database ke komputer lainnya, namun anehnya setelah di cek, ternyata ada sebagai nama pegawai yang hilang misal “Adi Wibowo” menjadi “Adi Wi”, mengapa hal tersebut bisa terjadi dan solusinya seperti apa. Mohon pencerahannya. Terima Kasih, Berkah Dalem.

    1. Siang Pak Ruben,

      Saya tidak tahu Bapak menggunakan mesin apa? tapi memang ada mesin yang namanya hanya bisa tampung 8 digit. Ketika ada proses download user dari mesin ke dalam software, maka nama yang di software akan tertimpa dengan nama dari mesin yang hanya 8 digit tersebut.

      Solusinya Bapak cari dulu database backup yang namanya lengkap atau kalau tidak ada ya terpaksa Bapak harus ketik ulang namanya.

  6. pak saya menggunakan fingerspot matrix series color versi 1.0. saya tadi mencoba untuk download record atau melihat presensi karyawan tetapi muncul keterangan penrive tidak diketemukan, saya mencoba untuk download user, kemudian berhasil. saya hubungkan ke komputer dan hanya absensi tgl 1 saja yang muncul pak. lainnya warna merah, itu kenapa? padahal setiap hari karyawan fingerprint. bagaimana solusinya? apa tidak tersimpan di mesin fingerprint setelah tanggal 1? mohon penjelasannya, terimakasih

    1. Dear Bu Linda,

      Ada beberapa hal yang perlu saya tanyakan dulu agar problem ibu terlihat jelas oleh saya. Atau jika ibu sangat urgen sekali bisa chat dengan Customer Service Fingerspot di http://fingerspot.com/. Mereka akan memandu ibu sampai selesai masalahnya.

      Beberapa hal yang perlu saya perjelas, yaitu :
      – Untuk tarik data dari mesin ke komputer, ibu biasanya menggunakan flashdisk atau menggunakan kabel jaringan? Ini saya tanyakan karena mesin itu memang bisa ditarik datanya baik menggunakan flashdisk maupun kabel jaringan. Kedua cara ini berbeda caranya.

      – Sudah berapa lama ibu menggunakan mesin ini? dan apakah selama ini ibu tidak ada kendala, baru kali ini ya ibu terkendala? Ini saya tanyakan untuk memastikan bahwa sebelumnya ibu sudah terbiasa dengan operasional mesin ini dan softwarenya.

      Silahkan bu Linda jawab dulu, baru saya bisa beri petunjuk selanjutnya. Atau jika ibu sangat urgen sekali bisa chat dengan Customer Service Fingerspot di http://fingerspot.com/. Mereka akan memandu ibu sampai selesai masalahnya.

      1. Saya biasanya pakai falashdisk. Sudah lama pak sejak 2013. Tidak ada masalah, baru tadi siang saya coba dan seperti itu.
        Awalnya saya ingin menghapus karyawan yg sudah resign. Dan lalu saya coba untuk download record tapi muncul seperti yg saya ceritakan tadi.
        Mohon petunjuk dan bantuannya dengan sangat ya pak

        1. Bu Linda,

          Mohon dicoba lagi download record menggunakan flashdisk. Jika tetap muncul pesan “Pendrive tidak ditemukan”, maka penyebabnya antara lain :
          1. Penyebab 1 ==> Mesin tidak cocok dengan jenis flashdisk ibu. Matrix Series Color menggunakan linux kernel 2.4 yang kadang tidak cocok dengan flashdisk baru. Solusinya : – Gunakan flashdisk yang biasanya ibu gunakan, atau ganti flashdisknya.

          2. Penyebab 2 ==> ada trouble pada kabel mini usb yang menghubungkan mesin dengan flashdisk. Apakah itu memang karena kabelnya rusak, atau hanya ibu tidak pas saat memasang kabel kecil tersebut ke mesin. Solusinya : Diulangi download record lagi, pastikan kabel sudah terpasang dengan benar. Kalau belum bisa mungkin kabelnya bermasalah.

          Jadi pastikan dulu, proses download record ibu berhasil.

          1. Jadi sewaktu saya menghapus user ( karyawan) tidak ada hubungannya dengan download record yg tidak masuk fingerspot karyawan lainnya kan pak?

          2. Itu flashdisk biasanya ko pak. Jadi pak sewaktu saya menghapus user ( karyawan) tidak ada hubungannya dengan download record yg tidak masuk fingerspot karyawan lainnya kan pak?

          3. Tidak ada hubungannya Bu. Di mesin itu data karyawan dan data absensinya terpisah dalam 2 file.
            1. File untuk data karyawan ==> user.dat
            2. File untuk data absensi (record) ==> 1_atttlog.dat

            Jadi kalau ibu menghapus karyawan di mesin, di mesin ya, itu tidak akan menghapus data absensinya.

      2. ass, mau nanya gmna cara merestore data transaksi sidik jari yang sudah terhapus dari mesin finger print (Fingerprint Solution X100C) Mohon dibantu, Sebelumnya Terima Kasih.

        1. Waalaykum salam Bu Fanny,

          Mohon maaf, setahu saya data yan sudah dihapus tidak bisa dikembalikan. Kecuali kalau mesin Ibu pakai platform baru misalnya ZMM100, ada fitur backup.

  7. perkenalkan saya pak jaey
    saya ada kendala pada laporan Fingerspot Time Management v1.3.0.5, awalnya laptop kami eror dan harus instal ulang laptop sehingga instalan Fingerspot Time Management v1.3.0.5 jadi hilang, akan tetapi setiap bulan data laporan kami backup, masalah kami adaah pada laporan rincian harian karyawan jadi tidak hadir semua mohon solusinya, terimakasih

    1. Dear Pak Jaey,

      Mohon maaf baru bisa balas karena liburan.

      Untuk laporan rincian harian yang jadi tidak hadir semua pada Fingerspot Time Management disebabkan oleh karyawan yang belum dijadwalkan. Untuk itu :
      1. Pastikan bapak sudah membuat sehift dan dasar jadwalnya di menu Jadwal. Jika belum dibuat, silahkan dbuat dulu.
      2. Jika Shift dan Dasar Jadwal sudah dibuat, pastikan Bapak sudah menjadwalkan ke semua karyawan. Bapak bisa melakukannya di menu Karyawan > Dasar Jadwal.

      – Untuk lebih detail cara pembuatan shift, dasar jadwal dan penjadwalannya, Bapak bisa membaca petunjuknya di CD yang disertakan dalam penjualan.
      – Jika CD bapak hilang, maka bisa download gratis di http://www.fingerspot.com setelah mendaftarkan produk Bapak
      – Jika Bapak menemui kesulitan, Bapak bisa email ke info@fingerspot.com atau bisa chatting dengan Customer Service Fingerspot di http://www.fingerspot.com. Bapak akan dipandu oleh mereka sampai mendapatkan solusinya.
      – Alternatif lain adalah Bapak menghubungi service centre Fingerspot yang terdekat dengan kota Bapak. Alamat service centre serta nomor telepon bisa ditemukan di bagian bawah halaman ini http://fingerspot.com/pages/about-us

      semoga membantu….

  8. Min pemula ni bru blajar..mau nanya nih..sy sd dftar karyawan yg bru pindah ke kntor kmi tpi dftarnya hnya di mesin finger jd waktu mw bikin absen namanya ga ada gmn solusinya min mohon bantuannya

    1. Dear mas Zul,

      Memberi nama bisa dilakukan dengan 2 cara :
      1. Langsung ditulis di mesin, syaratnya mesin mas-nya harus support T9 atau Alphanumeric Keypad
      2. Kalau mesinnya tidak mendukung, maka bisa diberi nama menggunakan software. Tulis dulu namanya di software, ID-nya kudu sama dengan yg di mesin, kemudian upload ke mesin. tentunya mesin sudah harus terkoneksi dengan software.

      Untuk cara detailnya tergantung jenis mesin dan software bapak

  9. saya mau bertanya, kmrn saya mengisi keterangan dipengecualian. tetapi salah memasukannya. itu bisa dihapus atau tidak? dan bagaimana caranya. terimakasih

        1. Pagi Bu Fani,

          Kalau tidak salah nama softwarenya Fingerspot Personnel. Software ini adalah software yang didistribusi secara gratis oleh fingerspot. Setahu saya ada juga yang berbayar.
          Untuk Fingerspot Personnel memang konsepnya Personalia, sehingga semua history akan tetap tercatat termasuk kesalahan input izin. Jadi memang tidak bisa dihapus.

          Terus bagaimana agar entry tersebut tidak diproses oleh software? Ibu bisa membatalkannnya dengan masuk ke menu Izin, terlambat, cuti – Personal. Cari tuh tadi yang salah entry, kemudian hilangkan centang pada kolom disetujui. Nanti ibu diminta input catatan mengapa dibatalkan. Selanjutnya ibu bisa mengisi kembali izin yang benar.

          Jika ibu masih mengalami kesulitan, ibu fani bisa
          1. reply komen di sini
          2. Kirim email ke info@fingerspot.com
          3. Chat dengan customer service di http://fingerspot.com/ ibu akan dipandu sampai selesai
          4. Hubungi showroom dan service center fingerspot. Lokasi dan nomor telepon bisa ditemukan di halaman http://fingerspot.com/pages/about-us bagian bawah, yang ada gambar petanya, diklik saja tanda lokasi warna merah.

          Semoga membantu

      1. Dear Bu Ningsih,

        Coba jalankan sebagai administrator. Caranya klik kanan icon tcms pilih run as administrator.

        Jika masih error, tutup software TCMSv2 dan hapus semua file yang .cdx dari folder TCMSv2.

        Kemudian buka software TCMSv2 dan lihat apakah masih mendapatkan pesan error atau tidak.

        Jika pesan itu masih muncul, silakan menginstal ulang TCMSv2 dengan file setup terbaru.

  10. selamat siang,
    Mas Admin..

    Mau tanya dan cari solusinya, merk absen fingerprint saya Secure 4.3.1.11, mulai bulan Desember 2016 dan Januari 2017 ini beberapa absen karyawan untuk cek in dan cek out nya tidak terdeteksi di laporan harian karyawan akan tetapi cek in dan cek out nya bisa terdeteksi dan terlihat dengan jelas di laporan log karyawan, gimana yaa mas tolong ini saya dibantu..

    Terimakasih,
    Putri

  11. selamat siang,
    Mas Admin..

    Mau tanya dan cari solusinya, merk absen fingerprint saya Secure 4.3.1.11, mulai bulan Desember 2016 dan Januari 2017 ini beberapa absen karyawan untuk cek in dan cek out nya tidak terdeteksi di laporan harian karyawan akan tetapi cek in dan cek out nya bisa terdeteksi dan terlihat dengan jelas di laporan log karyawan, gimana yaa mas tolong ini saya dibantu..

    Terimakasih,
    Putri

    1. Mbak Putri,

      problem yang mbak alami ini biasanya disebabkan oleh jadwal. Biasanya jadwal karyawan ini memang ada batas waktu akhirnya. Jadi silahkan mbak cek di jadwal masing-masing karyawan apakah waktu berlakunya sudah selesai.

  12. Maaf., Izin bertanya Admin.

    Perkantoran kami menggunakan Solution X-601. Kendala yg saya hadapi Solution dg tipe yang sama namun dg produksi baru itu beda fitur2 di dalamnya. Ketika kita registerasi ada jawaban periode waktu tidak berlaku dan Kombinasi akses tidak berlaku. Kalau yg lama bisa langsung ngabsen…

    Mohon kiranya admin memberikan solusi dan nomor yang bisa dihubungi untuk konsultasi. Makasih admin 🙂

    1. Dear Bu Virgo,

      Mohon maaf tidak bisa memberikan nomor, saya bukan karyawan Solution dan tidak ada kaitannya dengan Solution hehehe
      Untuk problem Bu Virgo ini disebabkan karena fitur akses kontrol yang ada di mesin tersebut.
      Solusinya :
      1. Kalau ibu tidak butuh fitur itu, minta ke Solution untuk nonatifkan atau mengubahnya jadi simple access control…. ini cara yang paling mudah
      2. Kalau ibu mau repot, maka ibu harus set satu-satu karyawan ibu agar bisa absen dengan mulus

      caranya kira-kira begini (semoga saya tidak salah info hehe) :
      1. Ubah dulu mesin ibu ke bahasa inggris (karena saya hanya tahu yang bahasa inggris)
      2. Masuk ke menu mesin dan ibu pilih Access lalu pilih Timezone Set
      3. Pada Code ibu isi angka 1. dan pastikan jam di bawahnya adalah 00:00 – 23:59 setiap harinya. Jika tidak ibu hrus ubah ke jam tersebut dan simpan.
      4. Masih pada menu Access, ibu pilih Group Setting. Kalau udah kebuka, Code isi dengan angka 1 dan pada Timezone 1 wajib isinya 1. Simpan
      5. Masih di menu Access pilih Unlock Combination setting, jika sudah kebuka Code isi dengan 1. Pada group (1-5) isi dengan 1-0-0-0-0. Simpan
      6. Langkah selanjutnya adalah masuk ke menu User Mgt. di sini bisa kita lihat daftar karyawan Ibu
      7. Pilih karyawan ibu yang masalah tadi, trus cari menu User Access. pada menu Timezone pastikan isinya Group Set. lalu simpan.
      8. Silahkan dicoba karyawan tadi scan

      hehehe ribet bu ya….. silahkan dicoba dulu.

  13. Dear Admin,
    saya menggunakan fingerprint tipe JM 250 u baru beberapa hari ini pada saat dilakukan download data ada pesan error “Invalid Argument to date encode” setelah itu proses download langsung terhenti. Ketika saya coba masuk menu di mesin tidak beraksi sama sekali. Kira2 mesin ini kenapa ya? dan bagaimana penanganannya?

    Terimakasih sebelumnya.
    Chris

    1. Dear Pak Chris,

      Untuk error software itu coba ubah format tanggal di komputer bapak ke english.
      Kalau masih error, backup dulu database bapak dan lakukan instalasi ulang softwarenya.

      Untuk yang mesin silahkan direstart saja, jika masih tidak respon atau hang, Bapak harus membawanya ke service centre.
      Hang bisa terjadi karena data penuh, mesin terlalu panas atau ada kerusakan pada hardware mesin

  14. Selamat sore, mohon bantuannya saya menggunakan mesin absensi fingertec AC900, mau reset ulang bagaimana caranya (default pabrikan)? karena sidik jari pengguna/karyawan sebelumnya yg memegang akses ke mesin sudah tidak ada/tidak bekerja lagi. mohon informasinya.

    Terima kasih

        1. Maaf pak baru bales….sedikit sibuk

          Memang ada cara manual untuk “membobol”nya.
          Tapi mohon maaf pak, sebaiknya tidak saya sampaikan dan sebaiknya bapak hubungi saja vendor penjual mesin bapak

  15. saya menggunakan mesin Magic Plus 4600 (MP 4600), kapasitas Log 40.000 dan sekarang sudah full 40.000. Bagaimana untuk menghapusnya Lognya ? Karena sdh sy cari di menu yg ada pada mesin tapi tidak ada fasilitas hapus log, hanya info saja log att = 40.000. Mohon pencerahannya. Thanks.

    Mohon di email pencerahannya ke : adirahmad79@gmail.com

    1. Dear Pak Adi,

      Bapak masuk ke menu System Opt > Adv Option
      nah di menu itu ada menu Del Attlogs

      Tapi sebelum melakukannya, silahkan backup datanya dulu pak, sekali dihapus tidak akan bisa kembali

  16. Selamat Pagi admin, saya mau tanya, saya pakai finger print solution x103c, tidak mau terkoneksi ke laptop, saya sudah pakai kabel lan, usb tetapi tetap gagal koneksi, gimana caranya terimakasih pencerahannya

    1. Pak Nas,

      Maaf baru online….
      Banyak faktor yang menyebabkan mesin tidak terkoneksi dengan software :
      1. Faktor mesin, misalnya chip koneksinya rusak
      2. Faktor software, misalnya SDKnya belum diregister
      3. Faktor setting, misalnya setting di software tidak sama dengan di mesin
      4. Faktor peralatan, misalnya kabelnya tidak terpasang dengan benar

      banyak sekali faktor yg harus dicek.

      Kalau saya anggap ini masalah setting dan bapak mau pakai lan,
      Maka yang harus dipastikan adalah :
      1. Kabel sudah terpasang dengan benar, termasuk kabelnya bagus yang bisa dipakai
      2. Mesin sudah jaringan dengan komputer. Bisa dicek dengan ping IP Address mesin tersebut
      3. Pastikan IP Address di software dan mesin sama.
      4. Pastikan password koneknya sama antara software dan mesin

      untuk bisa membantu, mungkin bapak bisa infokan setting IP address di mesin, di software dan ip komputer bapak

  17. Selamat siang Mas admin. Mas mau tanya kalau saya upload data sidik jari ke mesin fingerprint x100c melalui aplikasi x100c via vpn dan di mesin fingerprint x100c tsb sebelumnya sudah saya daftarkan beberapa data finger user baru secara manual.
    Yg jadi pertanyaan, data finger user baru yg sblmnya tlh terdaftar manual apakah masih ada atau hilang ya karena terdapat log/history absensi user2 tsb?

    Terima kasih admin

    1. Siang pak Reza,

      Biasanya jika data sidik jarinya beda maka akan ditambahkan, jika sama maka yang di mesin akan tetap. Saat upload akan ada peringatan data kembar tsb.

  18. selamat pagi, mas admin

    mas saya mau tanya, jujur aja saya sering terlambat, gimana cara merubah jam / waktu dalam aplikasi fingerspot atau mesinnya ?

  19. selamat pagi, mas admin

    mas saya mau tanya, jujur aja saya sering terlambat, gimana cara merubah jam / waktu dalam aplikasi fingerspot atau mesinnya ? atau saya minta pasword didalam mesin fingerspot ?

    1. Dear Pak Dwi,

      Password di fingerspot baik di mesin dan di aplikasi bisa disetting sendiri oleh yang pegang absensinya. Jadi saya tidak tahu mereka pakai password apa. Bahkan untuk mesin biasanya diproteksi pakai sidik jari atau wajah, jadi bukan pakai password lagi.

  20. dear mas admin, saya pake mesin finger solution x 100c, biasa nya saya mengambil dat pakai plasdisk, tapi untuk bulan ini saya coba lagi, donwload gagal,, bagaimana solusi dan pencerahan nya mas ??
    trus jadwal kerja jadi berubah sendiri …
    sekali lagi makasi mas,
    semoga semakin murah rezeki nya mas…

    1. Dear Pak Mas Rizal

      Amin untuk doanya

      ada 2 problem yang saya tangkap
      1. Gagal download dari mesin menggunakan FD
      2. Jadwal berubah sendiri

      Untuk problem 1 : coba bapaknya ganti FD, atau FDnya diformat dulu pakai FAT32. Kadang penyebab mesin tidak bisa baca FD karena FDnya terlalu baru, sehingga mesin tidak bisa baca. Lho kok begitu? Mesin itu khan pakai linux dengan versi kernel tertentu yang punya batasan kompatibilitas terhadap flashdisk.

      Untuk problem 2 : Jadwal di aplikasi akan mengikuti urutan yang sudah dibuat sebelumnya. Jadi kalau berubah sendiri itu karena sebelumnya sudah diset seperti itu. Untuk problem ini saya butuh gambaran lebih real dari jadwal apa trus berubah jadi bagaimana. Kalau ada capture, bapak bisa upload di link ini

      http://prnt.sc/

      lalu bapak info link hasil upload di sini

      terima kasih

  21. bagaimana caranya reset atau mengetahu ip yang berada di mesin absensi tanpa login admin. saya kehilangan jejak admin sudah resign . mohon petunjuk mesin solution x303.
    terima kasih

    1. pak Kris,

      Bapak bisa pakai tool Ip Scanner, banyak yang gratis di internet.

      Bapak coba itu dulu.

      Langkah lain adalah :
      1. pakai tombol di belakang mesin itu
      2. Pakai tool backdoor

    1. Pak Rachmat,

      Untuk cara upgrade ada 2 cara :
      1. Upggrade menggunakan kabel baik itu kabel lan maupun kabel serial
      Upgrade ini menggunakan tool upgrade. Mesin dikoneksikan dengan tool lalu pilih file upgrade dan proses upgrade bisa dilakukan
      2. Upgrade menggunakan flashdisk
      File upgrade dimasukkan flashdisk, pasang ke mesin absensi dan upgrade melalui menu system > update

      Mohon maaf saya tidak menjelaskan detail cara upgradenya, karena percuma saja, upgrade ini butuh file upgrade yang hanya dipunyai vendor bersangkutan.
      Silahkan hubungi Solution untuk upgrade mesin Anda. .

      1. Pak admin, apakah mesin solution x100-c bisa ,cek absensi lwt web. Soalnya sya cek di mesinnya tdk ada aplikasi cloudnya ?

        1. Pak Rachmat,

          Biasanya kalau ada menu webserver di menu network, maka itu support cloud. Tapi pengujian lebih lanjut harus menggunakan program namanya ADMS

          1. Pak Rachmat,

            ADMS itu software. ADMS (Automatic Data Master Server). Jadi itu server cloud. Underweb.
            Setahu saya didevelop dengan python. Di pasaran sudah banyak yang modifikasi dari program ini dengan ditambahkan fitur yang lebih banyak dan menggunakan bahasa lain misalnya PHP.

            Jadi ADMS ini harus diinstall di komputer, trus yang dimesin di menu websetup ip servernya kita isi ip komputer tadi, port biasanya pakai 80.
            Kalau bener settingnya, saat kita scan, maka otomatis data terkirim ke ADMS tsb.

          2. Iya pak admin,
            Tp maslahnya ini saya disruh beli mesin fingerprint yg bsa cek laporan lwt web, jdi saya beli solution x100-c ,tpi pas sya sdh beli altnya tdk ada program admsnya dimesin tersebut. Apakah bisa mesinya melakukan cek lapiran lwt web jika dimesinnya tdk ad program web admsnya pak admin ? Trimakasih.

          3. Pak Rachmat,

            hehehe sebenarnya ada dua istilah di mesin absensi yang bisa diakses by web. 1. Cloud/push. 2. Webserver

            Kalau ADMS itu yang cloud itu
            Kalau webserver itu beda lagi.
            Cara cek webserver,
            – tinggal koneksikan mesin ke komputer, pastikan konek, ping dulu kalau perlu.
            – buka internet explorer
            – ketikkan ip mesin di situ.
            – Kalau keluar program webserver (misalnya web 3.0), maka mesin tsb support webserver

          4. Bapak login pakai admin mesin.

            Jadi misalnya bapak daftar administrator mesin ID : 10, dengan password : 123456. Maka username : 10, pwd : 123456

          5. iya pak tanpa buku, hehe
            makasi pak ats bantuannya.
            oia pak klo mau pke web server apa harus instal xampp ?

          6. Kalau pakai webserver tidak. kecuali Anda mengembangkannya dengan SOAP. Nah khan butuh develop website dengan SOAp itu. baru butuh xampp sebegai webserver programnya.

            Tapi kalau Cloud/ADMS/Push pasti butuh Xampp itu

    1. Mohon maaf Pak Isman,

      Bisa dijelaskan lebih lanjut sistem di tempat Bapak?

      Bapak pakai mesin merk apa?

      terkoneksi ke software apa?

      trus problemnya sesungguhnya apa?

      Keterangan lengkap bapak akan memudahkan saya untuk analisa

      terima kasih

  22. Permisi Minta bantuanya saya mengalami gagal koneksi dgn kabel LAN padahal setting IP benar dan login dengan web bisa tapi di software att selalu gagal koneksi dgn error message class is not registered
    Mohon bantuanya terimakasih

    1. Pak Ricky,

      Bapak coba masuk ke Start-Run

      Nanti dikotak Open itu bapak ketik :
      regsvr32 c:\windows\system32\zkemkeeper.dll

      lalu enter. pastikan ada konfirmasi sukses.
      Lalu coba koneksi lagi

      1. The module ” c:\windows\system32\zkemkeeper.dll” failed to load pak.
        Apakah berpengaruh karena software Att saya tidak perlu di instal karena berupa att.exe yang langsung running tanpa instalasi.

    1. Maaf Bapak, vendor yang baik selalu menyertakan buku manual maupun pentunjuk penggunaan yang lain, misalnya video. Jadi bapak silahkan hubungi SOlution untuk hal tsb. Sangat tidak memungkinkan menjelaskan cara pakai mesin di sini. terlalu banyak yg harus dijelaskan

  23. Siang mas. Bisa minta tolong gmana carany merubah panjang No. Id fingerprint solution 401 yg defultny 9 menjadi 18digit. Trimakasih

    1. Pak Rian,

      Untuk menambah panjang digit ID, maka mesin perlu diupdate. Silahkan bapak hubungi vendor mesin bapak yaitu Solution.
      Saya memang bisa update, tapi saya tidak berhak untuk itu…..

  24. Siang Pak,
    Saya Rika, saya ada masalah ketika input data cuti / dinas luar di aplikasi finger , data tersebut tidak muncul. Tolong dibantu kira-kira penyebabnya apa dan bagaimana solusinya:

  25. Pak,saya mau tanya,saya menggunakan fingerprint solution x 105,mesin nya sudah terproteksi admin,bagaimana cara merubah waktunya tanpa menghilangkan izin adminnya?

    1. Bu melly.

      Untuk mengubah jam tanpa menghilangkan izin admin, ibu hanya perlu masuk ke dalam menu mesin pakai sidik jari ibu. Bukannya ibu admin mesin tsb?
      atau ibu juga pakai komputer, dari software bisa disinkron jam mesin tsb

  26. maff pak saya mau tanya, ada kendala di mesin fingerprint magic s fiface, kemungkinan saya salah dalam memasukan guru baru,
    1. saya upload data dan sidik jari karyawan dan yang saya upload cuma 1 orang yaitu guru baru,

    2. saya download data presensi,

    3. saya pergi ke menu laporan dan saya kalkulasi untuk data guru yang lain sama sekali tidak terlihat.

    kira2 solusinya gimana ya pak?

  27. selamat pagi pak,
    saya mau tanya, mesin finjer saya ketika di download datanya muncul keterangan gagal.
    itu kenapa ya pak ? saya downloadnya menggunakan flasdisk.
    terimakasih

    1. Bu Arra,

      Berikut biasanya penyebab gagal download by flashdisk :
      1. Mesin tidak kompatible atau tidak cocok dengan tipe flashdisk. Solusinya ganti flashdisk yang lain, saran saya yang versi agak lama
      2. Format flashdisk tidak cocok dengan mesin. Solusinya format ulang flashdisk. Dicoba saja mau pakai FAT atau FAT32
      3. Flashdisknya rusak. solusi ganti
      4. Power dari mesin tidak cukup untuk menghidupkan flashdisk. Solusinya ibu bawa ke showroom karena ada komponen hadware yang harus diganti.
      5. Flashdisk kurang nancap. Silahkan pasang dengan benar dan tunggu sebentar agar flashdisknya terbaca
      6. Mesin tidak ada datanya alias tidak ada data yang didownload

      semoga membantu

        1. Bu Arra,

          Flashdisk baru memang tidak menjamin bisa bu, karena bisa jadi faktor yang lain.
          Apakah sebelumnya mesin ini bisa baca flashdisk yang tadi ibu pakai?

          1. Kalau begitu ada faktor lain yang menyebabkan mesin tidak bisa membaca flashdisk ibu. Coba periksakan ke showroomnya. Emang ibu pakai mesin apa?

  28. kalau mengambil data absensi pakai smartphone,tidak memakai flashdisk bisa tidak ya ?? soalnya flashdisk saya lg dibawa manager nih,terimakasih….

  29. saya mau bertanya, saya baru belajar mengenai finger print ini saya pakai yang x105, menggunakan 2 mesin finger print, datanya saya samakan semuanya, namun untuk fingernya scannya saya scan di mesin masing masing karna berada di 2 tmpt yang berbeda, contoh orang A scannya di mesin 1 orang B scanya di mesin 2 ,tapi saat saya mau absen pagi tiba tiba data sidik jarinya jadi random, sidik jari saya jadi nama org lain. itu kenapa bisa begitu ya? solusinya bagaimana agar sidik jari sesuai dengan data orang yang sebenarnya? terimakasih banyak.

    1. Bu Dianita,

      Jika sudah random, maka lebih baik diregistrasi ulang atau dicek ulang. Pastikan dulu di salah satu mesin saja, semua sudah terdaftar dengan benar.
      Kemudian data dari satu mesin tadi didownload, terserah mbaknya mau pakai flashdisk atau pakai kabel. Baru data download tadi upload ke mesin satunya. Maka dijamin akan sama.

      Jadi intinya semua karyawan harus daftar di 1 mesin dulu dan menggunakan ID yang beda semua. JANGAN daftar di kedua mesin karena ada kemungkinan datanya tertukar-2

  30. Salam kenal, saya dengan Andri..
    Ijin bertanya…saya menggunakan mesin asben FingerTec TA100C…
    Pada saat saya tekan tombol menu…disitu muncul gambar pesan “Ijin Admin 7” dalam kondisi tekunci, seingat saya semua semua yang saya daftarkan adalah sebagai user jadi tidak ada admin, bagaimana supaya saya bisa masuk kemenu, apa yang harus saya lakukan..karena tidak terkoneksi secara online, maka saya menggunakan flashdisk untuk download dan upload.
    Bagaimana caranya supaya bisa terkoneksi langsung dengan pc tanpa harus menggunakan LAN, setingan apakah yang harus saya lakukan.
    Terima kasih, mohon informasinya…

    1. Dear mas Andri,

      Pertanyaan 1 : Bagaimana supaya bisa masuk ke menu.
      Jawab : Ini sudah termasuk ngehack hehehe….. Saran saya mas Andri hubungi support dari Fingertec, Silahkan ditanyakan ke mereka. Tapi jika ingin membuka sendiri bisa cari di google cara membobolnya

      Pertanyaan 2 : Bagaimana caranya supaya bisa terkoneksi langsung dengan pc tanpa harus menggunakan LAN?
      Jawab : Setahu saya mesin support TCP/IP, RS232/485 dan USB Disk. Kalau mau konek langsung pilihannya cuma 2 pak, yaitu TCP/IP (LAN) dan RS232/485 (serial). Sama-sama pakai kabelnya. Saya mesin ini tidak mendukung USB Cable.

  31. permisi gan mau tanya.
    saya kan udah download ni data presensi nya tapi ga keluar saat ngeliat laporan harian maupun laporan yg lainnya gan.
    tapi kecuali data transaksi nya gan
    cuma data transaksi yg muncul di laporan gan.
    gimana solusi nya ya gan?
    buat laporan harian

    1. Pak Rudy, itu berarti jam kerja, dan jadwal belum dibuat. Atau sudah dibuat tapi belum dilekatkan ke karyawannya.
      Lha caranya bagaimana? tergantung software yang bapak pakai.

  32. Pak, saya menggunakan mesin absen Solution X100-C
    Saya mau bertanya, ketika saya mau download log attendance dari software attendance management selalu reading data dan itu tidak selesai selesai. Bagaimana solusinya yaa?
    Terima kasih pak

      1. Saya tidak menggunakan flashdisk tetapi pakai kabel Lan pak..
        Tambahan info, sebelumnya saya pakai windows 7 lancar saja dan sekarang pakai windows 10. Apakah mungkin karna tidak support di windows 10 ya?

  33. pagi gan, mesin saya pakai ac87, yang ingin saya tanyakan : bisakah kita mereset database yang ada di mesin dengan menekan tombol reset yang ada di mesin? kalau bisa bagaimana caranya? untuk port LAN nya tidak bisa connect ke laptop.

    1. Pak Isya,

      reset hanya berfungsi merestart mesin.

      Untuk melakukan reset settingnya, coba seperti ini :

      – Pasang bracket mesin
      – Nyalakan mesin
      – saat mesin nyala, lepas bracketnya
      – tunggu 30 detik, kemudian tekan tombol di belakang mesin 3 kali. pastikan bunyi beep setiap ditekan

  34. Selamat Pagi Pak Admin

    Ini saya baru mau explore untuk narik data dari mesin absensi ke database buatan saya sendiri, trus baca komentar-komentar diatas, saya quote komentar ini “hehehe sebenarnya ada dua istilah di mesin absensi yang bisa diakses by web. 1. Cloud/push. 2. Webserver”

    Yang jadi pertanyaan, saya nyoba akses IP Mesin Absensi (X100-C) saya lewat browser, tapi tidak muncul halaman webnya, apakah itu berarti mesinnya tidak support Webserver atau bagaimana?

    Ada alternatif lain kah Pak? Mohon pencerahannya.

    1. pagi mas Rendra,

      Kemungkinanya ada 2 :
      1. Mesin memang tidak support
      Solusinya upgrade. silahkan hubungi vendornya.

      2. Fungsi push sedang aktif.
      Coba cek di menu network apakah ada menu websetup. Jika ada maka saat ini mesin sedang dalam mode push.
      Kadang untuk mesin menengah, kedua fungsi (webserver dan push) tidak bisa jalan barengan. salah satu harus mengalah.

  35. Mas,saya menggunankan primatech hybrid..
    Yang mau saya tanyakan,kalau absen pakai finger ( sidik jari ) kadang terdeteksi kadang tidak..
    Kalau dirubah ke model password bisa atau tidak??
    Caranya gmn??
    Jadi kalau pakai finger g terdeteksi bisa pake password..
    Terima kasih

    1. Dear Dian,

      Di buku petunjuknya pasti ada cara untuk daftar password. kalau di dus nya tidak ada bukunya, maka vendornya kurang baik.

      untuk daftar password :
      – tekan tombol pwd/card
      – Kalau ditanya new enroll, tekan ESC
      – masukkan no.ID yang mau ditambahkan password
      – Tekan OK dan masukkan password dua kali

      cara absen :
      – masukkan no.ID karyawan
      – tekan OK
      – masukkan password dan tekan OK lagi

  36. saya menggunakan timetronik FP2250E, setelah saya reset (klik tombol pituh dibelakang alat) kemudian saya tidak bisa masuk ke sistem, karena masuk ek menu login butuh manager confirm, tapi sidik jari saya sudah tidak teridentifikasi…press again, mohon bantuannya

    1. Kalau mesin terkunci itu biasanya karena sudah ada administratornya di mesin. Bapak bisa menghapusnya menggunakan software

  37. Pagi, mohon maaf saya mau tanya. saya memakai aplikasi Attendance Management Program, kalau tidak bisa terkonek ke device itu masalahnya dimana ya? IPnya yg salah atau karena koneksi internetnya? karna sudah seminggu ini masalahnya masih sama dan tidak bisa mendownload datanya sampai sekarang. terimakasih..

    1. Ibu Aliya, mohon maaf baru bales, saya di luar kota
      langkah pertama adalah ping dulu mesin ibu lewat command prompt. jika reply maka tidak ada masalah dengan mesin dan kabel jaringan ibu. Artinya mesin dan komputer sudah konek. Cara ping bagaimana? saya anggap ibu sudah paham, kalau tidak paham bisa reply lagi.

      jika langkah di atas berhasil, maka masalah ada di aplikasi absensi ibu. Cek dulu IP Address yang disetting di software sama dengan yg di mesin. pastikan password koneksinya nol. kemudian coba lagi

      kalau masih gagal, ada file yang bermasalah

  38. Min mau tanya, saya pake mesin absen tipe eH880. Tp sudah bbrpa minggu ini data tidak masuk d pc server, padahal di ping sudah koneksi. Mohon panduan’y bagaimana cara mengambil data dari mesin absen ke flash disk, saya masih awam. Terima kasih.

  39. Assalamualaikum,

    Saya angga, saya beli fingerprint versi Revo FF-162BNC.

    Saya sudah berhasil menginstall aplikasi Fingerspot Personel. sudah terkoneksi dengan database mysql juga.

    Tapi masalahnya, saya tidak dapat terkoneksi dengan mesin. errornya

    Menghubungkan ke mesin: “Mesin 1” …
    Tidak bisa terhubung dengan mesin! Silakan cek koneksi jaringan Anda…

    Saya coba ping ke ip mesin tidak masalah. settingan port sudah saya sesuaikan antara aplikasi dan mesin.

    mohon bantuannya.

    terima kasih.

    1. Waalaykum salam,

      maaf mas, baru bales, habis luar kota. g ada akses internet.

      Setahu saya untuk koneksi ini, maka yang harus diperhatikan adalah :
      1. IP Mesin harus sama dengan yg di-entry di software
      2. Port harus sama antara yg dientry di mesin dan di software. Default kalau tidak salah 5005. hati-2 keliru dengan 5500, soalnya mirip
      3. No. Mesin juga harus sama antara yg di mesin dan yg di software
      4. Password jangan diisi

      atau mas angga bisa kirim saya foto setting mesin dan di sofwtare. upload saja ke sini https://prnt.sc/

      atau bisa hubungi/chat dengan online support fingerspot di fingerspot.com

      atau email ke info@fingerspot.com

    1. Dicek langsung saja gan.
      1. Koneksikan mesin dengan PC paai kabel lan
      2. Ping dulu untuk pastikan terkoneksi
      3. Buka browser IE atau lainnya
      4. Ketik ip mesin di browser bar. dan lihat hasilnya. Jika muncul tulisan web 3.0 maka suppport

      1. makasih gan,,,
        gk muncul,,berarti kagak support yak..
        tpi di webnya, mesin x401 ad fitur benefit yang support webserver,,
        ehehe,,

  40. Pak, mau tanya donk, biasanya ADMS itu adalah software yang hanya diberikan oleh Solution bila kita memintanya yah? Kami menggunakan X302-S untuk saat ini, dan sudah ada 185 titik. Sehingga kami cukup kewalahan bila harus menggunakan aplikasi desktop. Nah, bapak sempat bilang seperti ini “Di pasaran sudah banyak yang modifikasi dari program ini dengan ditambahkan fitur yang lebih banyak dan menggunakan bahasa lain misalnya PHP.” Boleh di referensikan kah mengenai dimana lokasinya, kontak, atau informasi berguna lainnya untuk kami? 🙂 Terima Kasih banyak pak 🙂

    1. Maaf Pak Adi, saya tidak ada kaitannya dengan Solution sehingga tidak tahu betul kebijakannya mengenai ADMS. Coba saja bapak kontak barangkali dikasih free.

      Beberapa perusahaan yang sudah memodifikasinya adalah fingerspot, fingertec, fingercheck, Zkteco dll.

      Fingerspot bisa di kontak di link ini http://fingerspot.com/product/cloud-service-fingerspot
      chat saja sama online supportnya.

      kalau fingertec itu di luar negeri Malaysia sana. kunjungi saja websitenya

      fingerheck di amerika sono sedangkan zkteco di cina hehehe

  41. Maaf mau nanya,,

    Kalau mesin fingerprint ke kunci sama administratornya, sedangkan id & passwordnya gk tau itu bagaimana solusinya ya untuk masuk ke menunya?? Saya menggunakan fingerprint merk kozure type fp-130.

    Mohon solusinya…
    Terimakasih atas bantuannya..

  42. hallo
    saya menggunakan solution x100c. saya telah menghapus karyawan yg berhenti dari software att. lalu, saya sudah menghapus jg nama user dari mesin.

    ketika saya menarik data absensi dari mesin ke software via usb, di bagian karyawan tetap muncul nomor ID karyawan yg saya hapus, tetapi hanya nomor saja tanpa nama.

    bagian mana yang harus saya hapus lagi supaya ID karyawan yg berhenti tidak muncul di software lagi?

    terima kasih

    1. Bu Enny,

      Hal tersebut disebabkan karena di dalam data absensi dari mesin masih ada data absensi karyawan bersangkutan.
      Solusinya data absensi di mesin kudu dihapus juga. jangan lupa pastikan sudah didownload semuanya

    1. Bapak buka Task Manager. Biasanya pakai tekan Ctrl+ALT+Del pilih Task Manager. Kemudian di tab Startup silahkan didisable softwarenya

  43. salam kenal pak,

    Mohon penjelesannya ya pak kantor kami absen pake fingerprint saat data di print kok
    hasilnya beda ya waktunya mundur banyak dari saat saya absen..rata2 saya absen jam 07.58 tapi kemudian pada data printnya jadi 08.05 ke atas…apakah ini emang bisa ya pak?karena bbrp teman kantor benar aja waktunya tapi saya dan juga temannya sama pak hasilnya aneh bgtu.

    Terima kasih.

    1. Salam kenal ibu,

      kalau boleh tahu, ibu pakai software apa atau mesinnya apa ibu?

      lebih baik lagi kalau ibu punya capture report yang dimaksud

  44. mesin fingger saya ga bisa simpan untuk menambah karyawan , alasan nya data type mismatch itu kenapa ya ? Perusahaan Pake Mesin Solution X 100 C

    1. Pak Lukman,

      ada yang berubah di struktur database softwarenya.
      langkah paling mudah
      1. Backup dulu databasenya dari menu Data > Backup database. Simpan databasenya di tempat yang aman
      2. Ekspor data nya dari menu Data > Ezport AC Data
      3. Install database baru
      4. Impor data yang adi ekspot, lewat menu Data > Import AC data

  45. Selamat siang,
    saya pakai figerprint krisbow ta320s, mesin menyala seperti biasanya hanya saja jam nya terhenti, biarpun di set ulang juga tetap ga jalan jam nya, masalahnya apa ya?

    thanks

      1. Siang Pak, karena kalau dibawa ke servis centrenya harus tunggu lama, paling tidak 2minggu, untuk baterai cmosnya bisa beli dimana ya untuk daerah jakarta?
        terimakasih atas balasannya

        1. Kalau ibu tidak taku garansinya hilang, dibuka saja bu.
          Baterai cmosnya mirip baterai jam. Banyak di toko elektronik atau toko komputer

          1. ya pak, ini sudah saya buka mesinnya, cuma saya cari2 di dalam nya ga ada batre yg bulet , Bapak tahu letak batre cmos mesin krisbow TA320S dimana?

            thanks

          2. foto saja bu mainboardnya, saya juga g hafal semua mesin. fotonya bisa diupload dan infokan di sini

  46. Misi om mau tanya saya kan Makai mesin itu bulan pertama di komputer A nah setelah itu karena download data nya di komputer A lemot akhirnya pindah ke komputer B nah sekarang ceritanya saya mau pakai komputer A lagi kira2 kalo mindahin datanya yg di komputer B ke A tanpa mereplace data yg di komputer A bisa gak ya?? Jadi kaya nambahin data gitu yg dari komputer B

  47. Selamat Siang, nama saya Jimmy, apa solusi jika mesin dan komputer tidak mau Konek. Tipe Mesin Solution P100. Hanya bisa koneksi Via USB Port. sudah test ganti kabel juga tidak bisa, test ganti komputer juga tidak bisa. sedang kan kabelnya bisa dibuat untuk cas mesin.

    1. Selamat siang pak Jimmy,

      Problem ini agak berat, karena yang rusak adalah chip koneksinya. Susahnya itu karena mesin ini 1 koneksi. jika salah satu koneksi rusak, maka ada kemungkinan data dalam mesin tidak bisa diambil.

      Cara paling bagus adalah membawanya ke service center, karena ada part yang harus diganti. Semoga tukang servicenya bisa selamatkan datanya

  48. Salam…
    Saya pakai mesin solution x100c mesin fingger saya ga bisa simpan untuk menambah karyawan , alasan nya data type mismatch itu kenapa ya ?
    Terus no id dalam software tidak nambah secara otomatis ?? Kosong pak
    Mohon bantuannya
    Terimakasih

    1. Pak Mahmud,

      Tipe data di database bapak rusak. sehingga ada data yang tidak sesaui tipenya masuk ke tabel.
      Bapak harus memperbaikinya. atau coba cara ini :

      1. Backup dulu databasenya dari menu Data > Backup database. Simpan databasenya di tempat yang aman
      2. Ekspor data nya dari menu Data > Export AC Data
      3. Install database baru
      4. Impor data yang adi ekspot, lewat menu Data > Import AC data

        1. Cari di menu bagian atas paling kiri pak. Kalau bapak pakai software yang bahasa Indonesia, bapak dari yang ada tulisan ekspor dan impor data

          1. Mulai nya begini pak saya itu nyuruh teman saya untuk mengupdate data karyawan baru ,terus pas saya lihat data karyawan baru itu id mulainya dari 25000 sedangkan data karyawan yang lama itu baru nyampe 1700
            Nah sekarang pas saya mau masukin karyawan baru tidak bisa

          2. benar pak, yang trouble memang di tabel userinfo (tabel karyawan). ada tipe data yang berubah di tabel tsb. kalau bapak bisa betulin sendiri silahkan, sebenarnya tinggal samakan dengan database baru. kalau kesulitan bisa hubungi teknisinya solution, toh mereka online di websitenya

          3. MDB yg lama itu yg problem pak, bapak harus memperbaikinya atau pakai mdb baru tapi datanya diambilkan dari mdb lama

  49. Pak, saya menonaktifkan salah satu nomor id karyawan saya. sekarang saya mau mengaktifkan lagi. bagaimana caranya ya? terimakasih.

          1. masuk ke Departemen bu, trus di halaman departemen ibu klik menu karryawan.
            Nah, nanti ada 2 jendela, kiri dan kanan.
            Jika ada karyawan di sebelah jendela sebelah kiri., maka pindahkan ke sebelah kanan. Maka karyawan tsb akan aktif lagi

  50. mohon pencerahan.. cara untuk transaksi kalkulasi bgaimana ya.. yng muncul kok hnya normalisasi saja saat klik hasil..?

  51. assalamu ‘alaikum pak,mw bertny,sy pakai fingrprint morgen type MGO-1800D. 1. pada periode mingguan,kadang ada bbrp tgl yg terlihat data absennya,dan kadang bbrp tgl tdk terlihat. trus 2. ada yg terlihat data jam masuk krjnya sm pulangnya,tp ada juga yg hny terlihat data jam pulangnya. TRUS 3. sesuai dgn buku petunjuknya,utk mengambil data via USB FLASH,melalui menu lapoaran/report. tp selalu gagal dan muncul tulisan file kosong.sementara klo dilihat pada menu atur user-lihat user-lihat glog, datanya terlihat.syukron atas pencerahannya.

    1. waalaykum salam. sebenarnya saya tidk begitu tahu tipe mesin ini. tapi sekilas seperti mesin SSR yang bisa keluarkan report langsung dari mesin tanpa dilengkapi software. Untuk tipe seperti ini hal yang penting adalah bapak hafalkan karakter cara hitung mesinnya. tidak terlihatnya bebera[a data, karena data scan berada di luar aturan shift yang ditentukan. Cukup sulit menganalisanya jika tidak ada data realnya pak.

      Kemudian soal download kosong. coba bapak pakai flashdisk jenis lain. biasanya faktor kompatibilitas yang menyebabkan mesin tidak bisa baca flashdisknya

  52. Selamat sore,
    Perkenalkan saya isti. Saat ini perusahaan saya menggunakan mesin finger print Solution x-100. Saya ingin menanyakan bagaimana cara mengupdate data karyawan pada attendance management pada PC lainnya. Karena berhubung software tidak hanya pada satu PC saja tapi pada beberapa PC di seluruh bagian. Mohon bantuannya. Terimakasih.

    Regards,
    Isti

    1. Sore Bu Isti,

      databasenya bisa dishare, taruh file att2008.mdb di drive selain drive C, lalu setting folder sharing. kemudian akses database tsb dari PC yang lain yang terinstall software yang sama. bisa diakses lewat menu Maintenance/Options > Database options

          1. Maaf hp saya trouble jdi pertanyaan belum terselesaikan. Mohon maaf sebelumnya. Saya ingin bertanya. Salah satu mesin finger saya sangat lambat dalam memberikan respon ketika sudah melakukan finger mesin tidak segera merespon dengan kata “terimakasih” atau pun “silakan coba lagi”. Kabel LAN sudah saya cabut dan dipasang kembali. Namun tetap seperti itu. Apa yg harus saya lakukan.??? Terimakasih sebelumnya

          2. Bu Isti,

            Kalau sebelumnya tdk lambat dan sekarang jadi lambat.
            maka itu pertanda data di mesin sudah cukup banyak dan waktunya dihapus.
            Tapi sebelum dihapus pastikan sudah didownload ke software alias sudah dibackup dulu

          3. Apakah admin bisa memberikan step by stepnya untuk menghapus dan melakukan back upterhadap data absensi saya. Mohon bantuannya, terimakasih sebelumnya.

          4. Bu Isti,

            Biasanya sudah ada di manual booknya. Tidak tahu lagi kalau Solution tidak menyertakannya.

            Backup :
            – Download data scan melalui software (saya pikir ibu sudah paham yang ini karena biasa dilakukan tiap bulan). Cek di laporan bu, apakah scan terakhir sudah masuk ke laporan. Jika ragu ibu bisa download scan menggunakan flashdisk. Caranya:
            a. Pasang flashdisk di mesin
            b. Masuk menu Pendrive > Download attlog
            a. Pastikan di flashdisk sudah ada file attlog.dat. Simpan baik-baik

            Hapus data absensi
            – di mesin, masuk menu Data Mgt
            – Pilih Delete Attlog

            mohon maaf kalau agak beda menunya. Saya menggunakan referensi dari Fingerspot

  53. selamat siang mas zul,

    saya ada sedikit pertanyaan nih,mesin fingerprint saya tidak bisa menarik data,haru manual menggunakan flashdisk,sebelum nya langsung bisa dengan format excell
    mohon bantuan nya

    1. Selamat Siang Pak Rudi,

      1- Sebelumnya mohon diinformasikan tipe mesin yang Bapak Gunakan, karena tiap tipe mesin mempunyai cara pakai dan karakteristik yang berbeda.
      2- Mohon informasi lebih detail yang dimaksud tidak bisa menarik data itu.
      – Apakah menggunakan kabel atau Flashdisk?
      – Jika menggunakan kabel apa pesan errornya?
      – Jika menggunakan flashdisk, apakah ada pesan mesin tidak bisa mendeteksi flashdisk atau proses download berhasil tapi tidak ada data di dalam flashdisk?

      Secara umum problem terkait penarikan data adalah :
      1. Jika menggunakan kabel
      – Ada problem pada instalasi kabelnya
      – Kabelnya putus
      – setting pada software tidak sama dengan di mesin
      – Setting IP Address tidak se-class atau se-network id antara pc dan mesin
      – Kabel USB tidak dikenali PC, jika Anda pakai kabel USB
      – Ada problem pada chip network pada mesin
      – Data di mesin terlalu besar
      – Ada data korup di mesin sehingga proses transfer terganggu
      – dll tergantung shymptomnya

      2-Jika menggunakan FD
      – FD rusak
      – Konektor FD karatan
      – Mesin tidak bisa membaca format FD
      – Power ke FD kurang
      – ada komponen yang terkait USB rusak
      – dll

      Tapi sebaiknya bapak informasikan dulu tipe mesin bapak, dan informasi detail problemnya. baru kita bisa analisa kembali.

      terima kasih

  54. Maaf Mas, bisa nggak fingerprint Solution X100-c dibuat online? Saya sudah buat web servernya di jaringan local (LAN) dan sudah berjalan dengan baik. Jadi, saya ingin absen tersebut bisa diakses melalui website sendiri, misalnya: http://www.domain.com/absensi secara realtime. Terima kasih. 🙂

    1. Mas Indra, Anda bisa menggunakan SOAP atau PUSH yang ada di mesin itu. kalau mesin tsb support webserver berarti juga support SOAP. silahkan tanya detailnya ke solution.

      Salah satu contoh yang menggunakan PUSH teknologi adalah yang dikembangkan Fingerspot : fingerspotcloud

  55. Mas kalo mesin merek Ztech dengan software Zsoft kok kalo download data absensi itu lama banget ya bisa sampe seharian loadingnya muter2

    1. yang membuat berat itu data di mesin pak. Jadi yg dihapus di mesin.
      Tapi….

      – backup dulu datanya
      – hapus hanya data scan saja. jangan dihapus sama data karyawannya

  56. salam Bapak/Ibu Admin
    perkenalkan saya Romlie, mohon bantuan dan penjelasannya, saya ada masalah dengan mesin absen finger print type X 100-C dengan masalah sebagai berikut:
    1. saya menggunakan 4 mesin dengan sofware di gabung menjadi satu dalam 1 komputer sejauh ini sofware gabungan berjalan baik, apakah hal ini tidak merusak sistem atau mengganggu hasil scan?
    2. apakah mesin yg terpasang di kantor cabang (sebagaimana no. 1) bisa dibilang hanya berfungsi sebagai scan saja
    3. apakah perbedaan seting waktu dapat mengakibatkan permasalahan pada laporan yang akan di print
    4. hasil laporan data karyawan utk pulang cepat terrecord, tapi utk keterlambatan tidak terecord hanya bukan akumulasi keterlambatan tapi hanya angka (nol) saja yg tercatat
    5. ada perubahan nama jam kerja, kalau di pengaturan jam kerja saya buat sesuai dengan yang saya inginkan (sesuai dengan bagian karyawan/divisi), tapai setelah saya lihat dilaporan (kolom shift) nama jam kerjanya berubah dan tidak sesuai lagi, mohon berikan cara mengaturnya kembali
    6. bagaimana cara mensetting utk permasalahan khusus nomor 4 dan 5

    mohon bantuan dan jawabannya terima kasih banyak, sukses selalu

    1. Salam Pak Romie,

      1. Memang seharusnya 1 software untuk banyak mesin
      2. Semua mesin absensi memang fungsinya hanya untuk scan saja, semua perhitungan dilakukan di software. Anda bisa membuat aturan yang berbeda setiap cabangnya. Sehingga nanti laporannya bisa menyesuaikan kondisi cabang tsb. Jadi semua mesin aslinya memang untuk scan saja kecuali mesin yang dilengkapi SSR. pd jenis mesin SSR, maka laporan bisa dihasilkan langsung dari mesin.
      3. Perbedaan waktu tidak akan mempengaruhi laporan asalkan pengaturannya disesuaikan. Misalnya di Daerah Indonesia Bagian Tengah berbeda jam dengan WIB. itu tidak masalah, karena karyawan di area tsb tetap scan pada jam kerjanya. Bapak tidak perlu khawatir dengan jam komputer bapak, karena software tidak menghitung berdasarkan jam komputer tetapi jam kerja yang diinput di software.
      4-6. Perlu tampilan detail untuk cek pak. Saya tidak hafal betul softwarenya solution, kecuali jika ada tampilannya. seharusnya ada di buku manualnya.

  57. pagi mas
    saya itom .
    disini saya mau bertanya .
    saya make mesin Finger FIDES 402 yang support face id dan card.
    yang mau saya tanyakan mas,kenapa alarm hidup terus saat setelah melakukan finger .bagaimana cara untuk mematikan alarm ya.makasih mas

    1. Pak, ini murni kesalahan saat registrasi. Jadi di mesin ini memang ada sidik jari yang dipakai untuk membunyikan alarm.
      Untuk mematikannya masuk ke menu fingerprint alarm, dan hapus sidik jari yang dipakai untuk aktifkan alarmnya

  58. Caranya hapus log dari mesin langsung gimana ya om ?? Biar gak berat saat download saya pakai mesin finger plus zt 1100

        1. Jangan-jangan mesin bapak firmware lama. Karena firmware lama tidak mendukung fungsi itu. Coba cek pakai sofwtare pak untuk versi mesin bapak

  59. Siang pak
    Pak saya mau nanya, ketika saya coba koneksikan mesin absensi ke software APS PAyroll System 3.5.10 yg ada ‘tidak bisa terhubung ke serial port’ (pdhal selama ini kita pake software itu krna laporannya lebih bagus dilihat dan tidak ada utak atik ip, kabel LAN bagus). Sedangkan ketika saya coba koneksi dengan software Attendance management bisa konek (pdhl IP dan kode port sama). itu kenapa ya Pak? Apakah kendalanya di software APS 3.5.10 nya??

    1. Maaf Bu Vera,

      saya tidak begitu tahu software ini.
      Mungkin ibu bisa diemail ke mereka : support@mpssoft.co.id

      atau ibu tunggu dulu, karena problem bisa saja karena kondisi jaringan ibu sedang tidak bagus.
      Software attendance management mempunyai timeout delay yang lebih panjang, sehingga pada saat kondisi tidak bagus, dia akan berusaha konek terus sampai batas waktu tertentu.

  60. SELAMAT MALAM MAS,
    Saya baru beli 1 hari ini KOZURE FP-130, begitu saya coba dengan 10 nama dan melihat report nya saya melihat di laporan kehadiran nya. tertulis ”hadir” 1 dan ”tidak hadir” 20. saya meminta report 01-07-2017 s/d 31-07-2017, dan saya membuat 10 nama hadir pada tanggal 31-07-2017. Pertanyaan saya, apakah alat ini hanya merekam 5 hari kerja? karena saya melihat di laporan selama tanggal 01 sampe 31 yang tertulis tidak hadir hanya di hari senin sampe jumat sedangkan sabtu dan minggu nya walau ada slot nya tapi tidak ada tulisan “tidak hadir”. kemudian pertanyaan kedua saya, bagaimana cara membukan UNPROTECT SHEET agar data excell nya bisa kita edit?? terimakasih atas perhatian nya.

    1. Pak Frans,

      Kalau bapak baru beli mesin, harusnya masih punya kontak penjual atau tim supportnya. Karena mesin absensi itu tidak sama dengan TV atau Hp yang tanpa diajari kita bisa pakainya. Jadi langkah pertama yang paling ideal adalah menghubungi tim supportnya kozure. Biasanya produk absensi menyertakan kontak di buku manualnya.

      Kemudian untuk kozure Fp-130, mesin itu memang punya fitur SSR, yang artinya bisa setting shift dan ambil laporannya langsung dari dalam mesin. Cuma memang pada level tertentu, pengaturan shiftnya terbatas.

      Untuk yang 5 hari kerja, itu karena secara default, shiftnya diatur hanya dari senin-jumat. sabtu dan minggu dianggap libur. Kalau mau diisi, bapak download saja file shiftnya, trus bapak isi pada hari sabtu dan minggu tsb.

      tentang proteksi sheet. saya juga tidak tahu, itu rahasia vendornya

  61. Selamat sore admin.. Saya Ian, ada sedikit masalah yg mengganggu proses perhitungan jam kerja dan lembur. Saya pengguna Fingerspot Premier Series, kenapa pada menu laporan: Bagian data scan dan data harian bisa berbeda? Mohon pencerahan nya.. Terimakasih

  62. Mohon info adakah ADMS yang sekarang masih support. Saya menggunakan Solution X100C, ADMS kadang berhasil merekam secara realtime dan menuliskannya ke database MySQL, sering juga tidak berfungsi, pada fungsi rekam checkin dan checkout. karena bahasanya yang dari phyton kesulitan untuk memahami alur kerja ADMSnya. apakah ada ADMS yang opensource menggunakan php ? terima kasih

    1. Pak Bagus,

      Setahu saya ADMS memang hanya didevelop menggunakan phyton, dengan server apache dan django. tetapi kalau bapak dapat sdk-nya, bapak bisa develop menggunakan php. Silahkan dikonfirmasi ke solution apakah mereka menyediakannya.

      Salah satu contoh yang didevelop menggunakan php adalah fingerspotcloud.net

  63. Selamat pagi,
    Mohon informasinya saya Rina menggunakan mesin solution x103 setelah sekian lama baru menemukan kendala saat saya downlod ac log data tidak ada yang masuk kolom clock in clock outnya kosong semua.. mohon pencerahan yang keluar hanya jam jadwal saja dan tanggal.
    Terimakasih

    1. Pagi bu Rina,

      Silahlan cek penjadwalan di software ibu. Data tidak muncul karena jadwal karyawan ibu sudah berakhir dan butuh dijadwalkan lagi

      1. sudah saya coba masukan pak tapi yang keluar hanya tanggal saja dan jam kerjanya saja tanpa clock in clock outnya kenapa ya pak? apa kepenhan datanya soalnya dari januari masi ada?

        1. Tapi ibu yakin ada scannya di mesin?

          Jadi urutannya bisa seperti ini :
          1> cek data di mesin, biasanye di menu Record. tentukan tanggalnya lalu cek apakah ada scannya
          2. Kalau di mesin ada, slahkan didownload ke software. cek di menu presensi. Untuk di laporan bisa dicek di tab yg ada di sebelah kiri shift
          3. Kalau di presensi ada, maka memang benar itu masalah jadwalnya. Kalau Bu RIna sudah merasa pasang jadwalnya tetap tetap tidak muncul, maka butuh pengeccekan lebih lanjut

  64. Selamat siang admin..
    Sy pake kozure fp-130..itu kn ambil data pake usb..cuma ada colokan usb doang..kalo konekin ke lan bisa ngga pake konverter usb ke lan..makasih.

    1. Dear Pak Ferry,

      Tidak bisa pak, karena itu terkait dengan firmware yang ada di dalamnya. Jadi kalau butuh untuk LAN harus menambahkan konektor lan dan update firmwarenya.

  65. Mau nanya. Alat fingerprint sy u.are.u 4000b
    sudah diinstal software sesuai buku panduan.
    tapi setiap connect ga bisa, baik itu usb, ethernet dll.
    tolong bantuannya thx

  66. selamat siang , saya punya kendala di face print, keterangan pas buka menu ijin admin 1 , saya tidak mengerti gimana caranya ya biar tidak muncul begitu?

    1. Pak, itu tandanya mesin bapak sudah ada administratornya. untuk bisa masuk menu, harus menggunakan hak akses orang yang jadi administrator tersebut.
      Kalau administratornya adalah bapak sendiri, maka tekan menu dan bapak scan di mesin tersebut untuk bisa masuk menu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *