Absensi Sidik Jari, Benefit dan Keunggulan

Kembali kami kupas dalam informasi teknologi  dibidang absensi maupun sistem keamanan semakin meningkat dewasa ini. Hal ini dikarenakan efisiensi, efektifitas, dan skalabilitas teknologi jauh lebih tinggi dibanding sistem manual. Teknologi yang handal dan populer adalah sistem absensi berbasis (fingerprint).

Sistem sidik jari lebih baik dibanding sistem kartu, baik kartu yang lebih kuno (punch card) ataupun kartu modern (proximity card). Sistem kartu lebih mudah dimanipulasi karena kartu yang dipakai tidak benar-benar mewakili identitas pemiliknya.  Kartu bisa dibawa oleh siapa saja yang bukan pemiliknya. Benar-benar dapat mewakili pemiliknya karena melekat pada si pemilik dan sulit dimanipulasi.  Seperti kita ketahui, sidik jari telah menjadi tanda pengenal yang paling populer dan handal dalam dunia keamanan selama puluhan tahun. Bahkan dibanding sistem pengenal lain yang lebih kompleks, seperti retina mata, telapan tangan, atau sistem pengenal suara (voice recognizing).

Berikut kami urakani manfaat atau benefit dan keunggulan dari penggunaan sistem absensi sidik jari ini diantaranya:

Elegan, merupakan sistem absensi yang elegan dan praktis dibanding sistem manual, yang meminimalkan peran manusia, sehingga menghindarkan human error.

Akurat, sistem pengenal sidik jari memiliki akurasi yang tinggi dibanding pengenal lainnya, misalnya telapak tangan (palm system), atau pengenal suara (voice recognizing).

Securitas Tinggi, dibanding sistem kartu, baik yang kuno (punch card) dan yang modern (proximity card), sistem sidik jari memiliki resiko paling kecil untuk dimanipulasi. Sedangkan sistem kartu mudah dimanipulasi karena sifat kartu yang bisa dibawa oleh orang yang tidak berhak.

Ekonomis, dibanding sistem pengenal lainnya seperti pengenal retina, telapak tangan, ataupun sistem pengenal suara. Dibandingkan harga absensi amano maupun card, barcode, harga absensi sidik jari lebih murah berkisar dibawah 1.5 juta pun ada.

Skalabilitas Tinggi, satu perangkat absensi ini memiliki penyimpan data internal (built in) yang dapat menampung ribuan record (log transaksi) dan penggguna(sidkk jari). Dalam artian tanpa bantuan komputer, sistem itu sendiri mampu menyimpan data yang lumayan besar.Selain itu, mesin absensi ini dapat bersifat multi sistem, dimana beberapa mesin absensi dapat dipasang secara bersamaan untuk menangani ruangan yang berbeda. Dengan demikian, kapasitasnya akan semakin besar.

Terintegrasi dengan Sistem Perangkat Lunak, pada umunya sistem absensi ini secara default memiliki perangkat lunak bawaan (built in) yang berfungsi untuk mengatur koneksi jaringan antara basis data dengan media penyimpan internal mesin, mengupload data pengguna ke mesin, mendownload data dari mesin ke komputer, mengolah data, dan mencetak laporan.

Efektivitas Waktu, perubahan pertama ketika suatu perusahaan menggunakan sistem ini, karyawan akan hadir lebih tepat waktu beda dengan hari sebelumnya. Dalam penggunaan absensi lebih cepat dari pada amano, barcode apalagi tanda tangan manual. Identifikasi jari pada umumnya mempunyai kecepatan pambacaan <= 0.5 detikdan mempunyai tingkat akurasi yang tinggi. Dan sistem pendataan dapat terpusat dalam satu database walau diluar kota tanpa menunggu terlalu lama karena dalam pembuatan laporan kita tidak perlu repot merekap manual satu persatu. Semuanya bisa di bilang “Just Click!”. Dengan faktor ini kita bisa meningkatkan produktifitas berdasarkan kedisiplinan.

Dengan absen sidik jari kita dapatkan berbagai benefit yang memuaskan sistem ini jauh lebih sesuai untuk berbagai perusahaan, instansi, sekolah atau kampus dsb. Tapi perlu berhati-hati pula dalam memilih produk. Untuk lebih lanjut mengenai produk ini anda bisa berkonsultasi dengan customer support Fingerspot yang siapa menjawab masalah dan memberikan solusi kebutuhan Anda.

1 thought on “Absensi Sidik Jari, Benefit dan Keunggulan”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *