Aplikasi Penggajian Dapat Mengerjakan 5 Hal Ini

Untuk bagian Human Resource Development (HRD), aplikasi penggajian akan sangat dibutuhkan untuk mempermudah penghitungan gaji. Saat ini, banyak aplikasi penggajian yang bisa membantu mengelola kebutuhan absensi. Berdasar penelusuran Sidik-Jari.com, ada beberapa pengembang (developer) yang membuat aplikasi penggajian & absensi seperti: Fingerspot Personnel, HR Sleekr, LinovHR, Payroll & HR Talenta, dan masih banyak lagi. Namun kali ini, Sidik-Jari.com akan memberitahu kalian, sebenarnya apa saja yang bisa kita peroleh dari aplikasi penggajian?

Pada umumnya, aplikasi penggajian bisa mengerjakan 5 hal ini:

1. Hitung nominal uang dari insentif cuti normatif
Banyak macam cuti di perusahaan yang bisa jadi membingungkan bagian HRD, seperti: cuti tahunan, cuti menikah, cuti hamil, dan sebagainya. Bisa jadi setiap karyawan memiliki nominal yang berbeda dari setiap cuti yang di uangkan.

Salah satu pengaturan nominal uang pada cuti normatif di Aplikasi Fingerspot Personnel

Karena itu, aplikasi penggajian dapat membantu Anda menghitung nominal uang dari setiap cuti. Sehingga Anda tidak perlu lagi menghitung secara manual, berapa banyak nominal yang harus dibayarkan.
Prinsip kerjanya, pengguna hanya perlu mengatur berapa nominal uang untuk setiap jenis cuti, dan berapa nominal yang harus dibayarkan per harinya. Selanjutnya, aplikasi penggajian akan tersistem secara otomatis mengelolanya.

2. Membuat komponen Gaji
Anda dapat membuat komponen gaji sesuai kebutuhan seperti: gaji pokok, tunjangan jabatan, tunjangan pendidikan, tunjangan keluarga, lembur, potongan terlambat, potongan pulang cepat, dan lain-lain. Komponen ini perlu diklasifikasikan, sebab setiap karyawan pastinya memiliki komponen gaji yang berbeda.
Jika Anda harus mengatur satu per satu setiap karyawan, bayangkan saja berapa lama Anda bisa menyelesaikan. Tidak hanya itu, bisa jadi perhitungan Anda juga belum tentu akurat.

3. Mengelompokkan gaji berdasar jabatan
Setelah membuat komponen gaji, Anda bisa mengelompokkannya sesuai dengan jabatan karyawan.
Misal:


1. Jabatan Supervisor = Gaji pokok, tunjangan jabatan, tunjangan pendidikan, dan tunjangan keluarga
2. Jabatan Staf Produksi = Gaji pokok, tunjangan jabatan
3. Dan seterusnya


Karena dengan adanya aplikasi penggajian, HRD bisa langsung mengelompokkan golongan karyawan dengan komponen gaji yang sesuai.

Contoh pengelompokan gaji di aplikasi Fingerspot Personnel

4. Penghitungan gaji atau payroll
Ini adalah fungsi dari aplikasi penggajian yang banyak diketahui masyarakat, yakni menghitung dan mengirimkan rincian gaji  kepada karyawan secara otomatis, termasuk laporan PPh ke kantor pajak.

Contoh hasil hitung payroll di aplikasi Sleekr

5. Laporan penggajian
Setiap proses penggajian, pasti ditutup dengan laporan penggajian. Karena itu, aplikasi penggajian bisa membantu Anda untuk mengerjakannya.
Ini beberapa contoh laporan penggajian yang Sidik-Jari.com ambil dari Fingerspot Personnel:

Laporan penggajian

Slip Gaji

Bagaimana? Sudah tertarik menggunakan aplikasi penggajian?
Anda bisa memanfaatkan aplikasi-aplikasi tersebut, tentunya dengan menyesuaikan kebutuhan dari perusahaan yang Anda jalankan.

24 thoughts on “Aplikasi Penggajian Dapat Mengerjakan 5 Hal Ini”

    1. Kalau aplikasi Fingerspot Personnel menyediakan juga beberapa fitur pelengkap di modul penggajian kak. Aplikasinya bisa di dapatkan gratis dengan membeli mesin tipe Revo di Fingerspot.com

    1. Tergantung mesinnya dari vendor mana kak. Memang beberapa software mesin biasanya memiliki fitur penggajian , ada juga beberapa tipe mesin yang pengolahannya tidak menggunakan software namun langsung di mesin.

  1. Trnyata banyak juga kegunaannya … Kdang kendalanya kurang ada pnjelasan dr sales ato di user guide kurang rinci ai

    Jd cuma pake buat ngitung, jadwal sma slip gaji

    1. Benar kak terkadang pengenalan fitur di aplikasi masih kurang, kalo boleh tau kak Airin pakai aplikasi apa untuk mesin absensinya ?

    1. Kalau yang saya gunakan saat ini Fingerspot Personnel kak nama aplikasinya. Setelah mesin terhubung dengan aplikasi dan setting di aplikasi sudah sesuai, nantinya tinggal download data di mesin lalu proses menjadi laporan kehadiran, selanjutnya perhitungan gaji menyesuaikan laporan di aplikasi.

    1. Wah kalau tiap penggunaan software sehari hari di remote saya rasa tidak ada kak Randi, kecuali jika software terdapat kendala atau hal lain. Software biasanya disertai buku panduan untuk mempermudah customer menggunakannya..

  2. Kalau pilih yg gratis, kayak Personnel itu apa ada syarat khusus ya min?
    biasanya kan ada syarat & ktntuan berlaku gtu ya

    1. Personnel sebenarnya aplikasi bawaan mesin Fingerspot kak jadi kalau mau pake harus beli mesinnya dulu, selanjutnya gratis
      Kalau ada kesulitan pakai Personnel saya biasanya tanya CS di web Fingerspot.

    2. Personnel sebenarnya aplikasi bawaan mesin Fingerspot kak jadi kalau mau pake harus beli mesinnya dulu, selanjutnya gratis.
      Untuk update aplikasi juga bisa langsung download di web.
      Biasanya saya kalau ada kesulitan pakai Personnel saya biasanya tanya CS di web Fingerspot.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *