Whatsapp Baru Pakai Fingerprint, Ini 5 Alasan Sidik Jari Masih Layak Digunakan

Whatsapp baru ini resmi meluncurkan fitur terbarunya, yaitu fitur kunci fingerprint (sidik jari). Meski teknologi biometrik satu ini terbilang bukan yang terbaru, namun faktanya aplikasi perpesanan modern yang memiliki jutaan pengguna ini baru memanfaatkannya.

Ya, seperti yang dikutip dari beberapa berita tentang peluncuran fitur terbarunya itu, Whatsapp memang memilih menyediakan fitur kunci sidik jari untuk tujuan keamanan yang mudah.

Meski bukanlah teknologi biometrik terbaru, teknologi pengenalan sidik jari (fingerprint recognition) ini memang masih layak untuk digunakan.
Ini 5 alasan, mengapa sidik jari masih layak digunakan hingga saat ini:

  1. Mudah dioperasikan
    Sidik jari merupakan pendukung dari teknologi biometrik yang mudah digunakan.
    Mengapa?
    Karena pengguna smartphone bisa menggunakannya dengan mudah. Hanya dengan menempelkan jari di atas permukaan sensor, maka smartphone tersebut sudah bisa diakses. Jadi, dibandingkan dengan pendukung teknologi biometrik lain, sidik jari lah yang paling mudah digunakan untuk akses smartphone.
  2. Tampilan yang bagus
    Sidik jari memiliki tampilan yang bagus jika diterapkan pada akses untuk smartphone.
    Bagi pengelola aplikasi atau user interface, menggunakan sidik jari tentu tidak akan mengurangi estetika desain atau tatanan aplikasi. Selain itu, sensor yang diletakkan pada smartphone tidak akan mengganggu penampilan fisiknya.
    Sehingga, aplikasi dan penampilan smartphone tetap bagus dan menarik.
  3. Aman dan privasi terjaga
    Teknologi biometrik ini terbilang aman dan mampu menjaga privasi. Karena terdapat banyak rahasia pada sidik jari, yang membuatnya menjadi pengenal (identifikasi) yang hebat.
    Tidak ada yang menyangkal tentang kepastian teknologi satu ini. Terlepas dari banyaknya cara-cara menggandakan sidik jari yang tersebar, penggunaan sidik jari masih menjadi biometrik yang aman dan mudah digunakan.
  4. Akrab dengan masyarakat
    Keunggulan penggunaan teknologi biometrik dengan sidik jari ini, pastinya sudah akrab di telinga masyarakat. Tidak hanya identitasnya yang terkenal, namun banyak dari masyarakat yang menggunakannya.
    Jadi, wajar saja banyak pengembang (developer) salah satunya Whatsapp, memilih menggunakan sidik jari untuk fitur keamanannya.
  5. Tidak perlu mengingat
    Apakah mungkin, seseorang meninggalkan jarinya? Tentu saja tidak mungkin. Menggunakan sidik jari tentunya mempermudah orang untuk mengakses datanya, tanpa harus mengingat atau lupa akan sandinya.

Jadi, bukan sekedar teknologi apa yang baru. Namun tentang apa yang mudah digunakan dan seberapa besar manfaatnya.

Sumber:
Keunggulan teknologi sidik jari
Fitur Baru Whatsapp
Peluncuran fitur kuunci sidik jari Whatsapp

20 thoughts on “Whatsapp Baru Pakai Fingerprint, Ini 5 Alasan Sidik Jari Masih Layak Digunakan”

    1. Benar kak dengan adanya fitur kunci Fingerprint menambah keamanan akun. Selain untuk keamanan teknologi fingerprint mempermudah masyarakat dalam menunjang kebutuhan. Salah satu brand ternama di Indonesia yang terdapat mesin absensi bahkan akses kontrol yang menggunakan sidik jari adalah Fingerspot.

    1. Benar kak Diana selain itu juga memberi kemudahan dan keamanan akses. Kakak bisa mengunjungi Fingerspot.com untuk mengetahui produk yang menggunakan teknologi sidik jari.

  1. Iya juga sih,,,, emang gak baru, tp pling gampang dan pling terkenal dibanding biometrik yg lain ..

    Thanks mbantu tugasku bgt 😁😁😁

    1. Senang bisa membantu tugas kakak Lestiana 🙂

      Brand terkenal dari Indonesia yang fokus pada biometrik juga ada loh kak bisa kunjungi Fingerspot.com untuk mengetahui produknya..

    1. Produk produk yang menggunakan teknologi sensor sidik jari diantaranya seperti mesin absensi dan akses kontrol pintu bisa dilihat juga di Fingerspot.com

    1. Selamat siang kak Ali..
      Di Fingerspot menyediakan aplikasi Easylink SDK jika kakak ingin pengembangan menggunakan mesin Fingerspot, jika kebutuhan kak Ali adalah sensor saja bisa menggunakan Fastcode SDK atau Flexcode SDK, tersedia beberapa sample code bahasa pemrograman sesuai kebutuhan kakak..

        1. Pada mesin absensi sidik jari sudah disertai aplikasi biasanya kak, mungkin bisa diinformasikan data organisasi kampus detail kebutuhannya seperti apa dulu..

        1. Ada kak, terdapat beberapa mesin yang menyediakan aplikasi untuk mesinnya dan ada juga mesin dengan pengolahan data yang langsung pada mesin, seperti mesin Revo 161B.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *